Iran Serang Israel, Netizen Ramai Singgung Perang Dunia III

Ilustrasi.

Bima, Berita11.com—  Serangan pesawat nirawak dan roket Iran ke Israel akhir pekan ini ramai dibahas netizen. Serangan tersebut disebut akan memicu Perang Dunia III.

Pembahasan Perang Dunia 3 tranding topic di media sosial X (twitter). Pantauan Berita11.com, pada pukul 20.30 Wita, topik Perang Dunia III menempati urutan pertama tranding topic media sosial X. tercatat 13,4 ribu posts membahas isu tersebut.

“Drone dan rudal Iran telah tiba di Israel, menembaki sasaran di Tel Aviv Jika AS langsung menyerang IRAN, Rusia dan China akan menyatakan dukungan terhadap Iran. Kapan hal ini terjadi, secara resmi bahwa Perang Dunia III telah dimulai.” tulis akun @EddieFisher_id.

Hingga pukul 20.50 Wita, lini masa media sosial X kini dipenuhi dengan video serangan udara yang digencarkan Iran ke Israel.

“Detik Detik Drone dan rudal Iran telah tiba di Israel, menembaki sasaran di Tel Aviv Jika AS langsung menyerang IRAN, Rusia dan China akan menyatakan dukungan terhadap Iran. Kapan hal ini terjadi, secara resmi bahwa Perang Dunia III telah dimulai 🤧 World War 3 Rusian Biden” tulis akun @suka_ceritaa.

Sebagaimana diketahui  Garda Revolusi Iran (IRGC) mulai melepaskan serangan pesawat nirawak (drone) hingga roket ke Israel akhir pekan ini.

“Korps Garda Revolusi Islam Iran telah mengumumkan penembakan puluhan drone dan rudal ke arah posisi rezim Zionis di wilayah pendudukan Palestina,” demikian diberitakan IRNA, Minggu (14/4) dini hari WIB.

Sistem pertahanan anti-misil Israel telah melakukan intersep sebagian besar serangan udara Iran tersebut, dan hingga saat ini pihak militer Israel mengklaim serangan hanya merusak salah satu pos militer mereka.

Serangan Iran ke Israel ini telah direspons banyak pihak. Negara-negara seperti Lebanon, Irak, Suriah, hingga Yordania telah menutup ruang udara mereka.

Sementara itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden yang pada pekan ini menyatakan akan membantu Israel mengahdapi Iran juga akan menggelar rapat darurat.

Pakar UI Sebut Serangan Iran ke Israel Picu PD III

Sementara itu, Guru Besar Hukum Internasional UI yang juga Rektor Universitas Jenderal A Yani, Hikmahanto Juwana mengatakan, eskalasi konflik ke level global akan terlihat dari bagaimana Amerika Serikat (AS) memberikan dukungan kepada Israel. Hal itu akan memicu negara-negara lain untuk mendukung Iran.

“Bila AS akan tetap membantu Israel dalam serangan balasan ke Iran bukannya tidak mungkin negara2 lain seperti Korea Utara dan Rusia akan membantu Iran,” kata Hikmanto dikutip dari CNBC Indonesia.

Menurutnya, perang di Timur Tengah akan bereskalasi yang menjurus pada terjadinya Perang dunia III yang tentunya akan merugikan seluruh umat manusia.

Diketahui, Iran pada Sabtu Malam menyerang Israel sebagai langkah balas dendam atas serangan di Konsulatnya di Damaskus, Suriah. Dalam serbuan itu, beberapa petinggi militer Teheran tewas.

Dengan situasi ini, ia menyebut Pemerintah Indonesia perlu untuk turun tangan untuk memastikan agar serangan bisa dihentikan, termasuk serangan ke Gaza oleh Israel.

Ada sejumlah upaya yang dapat dilakukan RI. Pertama yakni meminta Dewan Keamanan PBB untuk melakukan sidang darurat atas serangan Israel ke Kedubes Iran. Bila perlu berinisiatif membuat Resolusi Majelis Umum yang mengutuk tindakan Israel.

RI perlu melakukan shuttle diplomacy ke AS beberapa negara Eropa untuk tidak mendukung tindakan salah dari Israel. Mereka diharapkan memberi contoh agar negara-negara tunduk pada hukum internasional.

“Selain itu, mendorong rakyat dan pemerintahan dunia agar rakyat dan oposisi di Israel untuk menurunkan Perdana Menteri (PM) Netanyahu mengingat serangan ke Gaza maupun Iran hanya bisa dihentikan oleh siapapun yang menjabat sebagai PM namun bukan Benjamin Nethanyahu,” tambahnya. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News