Politisi PDI Perjuangan Salurkan Bantuan Kursi Roda untuk Disabilitas di Kota Mataram

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat berbincang dengan penerima bantuan kursi roda manual dan kursi roda elektrik yang bersumber dari dana aspirasi saat menyalurkan bantuan di Kota Mataram, Selasa (23/1/2024).

Mataram, Berita11.com—  Anggota DPR RI Daerah Pemilihan Pulau Lombok dari PDI Perjuangan, H Rachmat Hidayat kembali lakukan aksi kemanusiasn dengan menyalurkan bantuan belasan kursi roda manual dan elektrik kepada penyandang disabilitas yang berasal dari umat Hindo di Kota Mataram, Selasa (23/1/2024).

Serah terima bantuan belasan kursi roda dari Rachmat Hidayat yang bekerja sama dengan Kemensos itu dipusatkan di rumah I Gde Wiska Lingkungan Karang Tulamben, Cakranegara Timur. Serah terima bantuan dihadiri oleh semua penerima manfaat.

Rachmat Hidayat mengatakan, dirinya hingga saat ini sudah membagikan ratusan aneka jenis kursi roda di Pulau Lombok, termasuk kursi roda adaptif untuk penderita lumpuh layu (celebral palsy) yang jumlahnya di Lombok setiap tahun trendnya naik secara signifikan.

“Trend penderita lumpuh layu di Bumi Gora (Lombok) cenderung naik  setiap tahun secara signifikan akibat gizi buruk  (stunting) ataupun sebab lain,” kata Rachmat.

Rachmat menyinggung bahaya manifes serangan penyakit degerenatif akibat pola hidup yang tidak sehat yang mengabaikan asupan gizi atau nutrisi yang seimbang harian.

“Penyakit degeneratif ini sangat berbahaya karena dampaknya dirasakan jangka panjang akibat pola konsumsi dan gaya hidup yang tidak sehat.  Tiba- tiba kena serangan stroke yang berakibat lumpuh,” ujar Rachmat.

Untuk menghindari sakit di kala usia senja seperti lumpuh, stroke, dan penyakit lain, kata Rachmat, perlu menerapkan kembali empat sehat lima sempurna agar asupan gizi dan nutrisi seimbang.

“Hindari konsumsi makanan yang tidak sehat demi kesehatan masa depan,” imbuhnya.

Lebih jauh Rachmat mengatakan bantuan kursi roda yang ia sumbangkan untuk umat Hindu semata-mata karena pertimbangan kemanusiaan agar para lansia yang lumpuh bisa menikmati kehidupannya tanpa merepotkan orang lain.

“Semoga bantuan puluhan kursi ini bisa dimanfaatkan dengan baik dan sebagai ajang perekat tali silaturahmi di antara kita,” harapnya.

Sementara itu narahubung penerima bantuan, I Gde Wiska mengatakan, bahwa dirinya sengaja memusatkan acara serah terima kursi roda di rumahnya, semata-mata pertimbangan efektifitas dan efisiensi waktu.

“Karena yang menerima kursi roda ini belasan orang, maka saya berinisiatif mengumpulkan dalam satu tempat untuk serah terima agar mereka bisa langsung manfaatkan kursi rodanya,” ujar I Gde Wiska.

I Gde Wiska mengatakan, belasan penerima bantuan kursi roda kebanyakkan para lansia yang menderita sakit lumpuh.

“Bantuan kursi roda dari Pak Haji Rachmat Hidayat sangat berguna untuk para lansia yang lumpuh,” imbuh Wiska.

Ucapan Terima Kasih

Terpisah Wayan Kartini (67 tahun) mengakui dirinya menderita lumpuh semenjak dirinya dua kali seminggu menjalani cuci darah.

“Bantuan kursi roda dari Bapak Haji Rachmat Hidayat setidaknya meringankan beban hidup saya beraktifitas harian d isela-sela cuci darah. Terima kasih Pak Rachmat,” ujar Wayan Kartini.

Selanjutnya Gusti Ayu Citraresmi (76 tahun) mengucapkan terima kasih kepada H Rachmat Hidayat dan I Gde Wiska yang berkontribusi terhadap sumbangan kursi roda buat dirinya.

“Terima kasih buat Pak Haji Rachmat Hidayat dan I Gde Wiska atas bantuan kursi roda gratisnya ini,” tukasnya.

Tampak hadir dalam penyerahan kursi roda ini sejumlah anggota DPRD Provinsi NTB dan DPRD Kota Mataram dari PDI Perjuangan, Made Slamet, I Wayan Sugiartha  Nyoman Wardana, Tenaga Ahli DPR RI Komisi VIII,  Wiwi Yuniarti serta pengusaha muda di Kota Mataram, Gandi. [B-24]

 Follow informasi Berita11.com di Google News