Jangan salah Pilih, ini Jurusan Kuliah yang Lulusannya Paling Banyak Dicari

Ilustrasi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia. Foto Tribun.
Ilustrasi Mahasiswa Perguruan Tinggi di Indonesia. Foto Tribun.

Berita11.com— Memilih jurusan yang tepat saat kuliah menjadi modal dalam menentukan masa depan yang cerah. Maka calon mahasiswa harus mengetahui jurusan yang paling banyak dicari perusahaan, terutama saat era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0.

Jangan sampai memilih jurusan kuliah hanya sebatas karena akses masuk yang mudah, biaya murah anpa mempertimbangkan kualitas pendidikan, malah selanjutnya justru sulit mendapatkan pekerjaan yang layak. Jurusan yang banyak dicari perusahaan umumnya memiliki daya saing tinggi dalam sebuah universitas.

Bacaan Lainnya

Sedikitnya terdapat tujuh jurusan yang dibutuhkan di pertambangan dan perusahaan besar, yang memiliki prospek bagus dan gaji besar. Namun demikian memilih jurusan kuliah juga harus sesuai minat agar jangan sampai merasa kuliah sebagai sebuah beban.

Dirangkum dari berbagai sumber, ciri dan indikator jurusan gampang untuk mencari kerja dapat dilihat dari beberapa indikator, seperti jarang ada orang yang ahli di bidang atau jurusan tersebut, gaji tinggi, dicari dan mudah masuk ke BUMN atau organisasi pemerintahan.

Indikator lainnya tidak dibutuhkan edukasi lanjutan saat bekerja. Hal tersebut perlu diingat calon mahasiswa sebelum memilih jurusan dan kampus untuk kuliah, agar tidak salah memilih jurusan.

Berikut jurusan-jurusan yang memiliki prospek cerah sebagaimana yang dilansir dari berbagai sumber:

1. Software Engineer (IT)

Jurusan Informasi Teknologi seperti Teknik Informatika adalah yang paling mudah untuk mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Karena layanan dan kegiatan pekerjaan serba digital. Bahkan dalam perkembangan pemanfaatan teknologi berkembang dengan pesat seperti kecerdasan buatan atau artificial intelligence.

Kehadiran dan layanan lulusan IT sangat diminati oleh banyak perusahaan. Setelah lulus, lulusan IT dapat bekerja di perusahaan yang menyediakan layanan pemrograman perangkat lunak (software) atau pabrik maupun perusahaan dagang yang menyediakan dan memelihara aplikasi dan perangkat lunak untuk penggunaan internal, sehingga diperlukan dalam semua jenis bisnis perusahaan.

Sejumlah kampus terbaik yang memiliki jurusan tersebut di antaranya Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung (ITB), Binus University, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

2. Data Science

Jurusan langka dan memiliki prospek kerja cerah selanjutnya adalah jurusan Data Science. Menurut hasil riset IBM yang dikutip dari situs Universitas Bina Nusantara (Binus), kebutuhan sumber daya manusia di bidang ini mencapai dua juta jiwa pada tahun 2020. Bahkan menempati peringkat pertama dalam kategori profesi yang paling dicari di masa depan.

Data science mempelajari segala hal yang berhubungan dengan data komputer. Lulusan data science diharapkan memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data, menganalisis data, mumpuni dalam ilmu statistika, data wrangling, transformasi data, dan beberapa bahasa pemrograman.

Saat ini, sudah banyak perusahaan yang mengerti pentingnya pengolahan data, sehingga kemampuan seorang data scientist semakin dibutuhkan. Peluang karier lulusan jurusan seperti data scientist, data analyst, business analyst, data engineer, hingga arsitek big data.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menawarkan jurusan ini di antaranya, Binus University, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Nusa Mandiri (UNM), Universitas Teknologi Yogyakarta, dan Universitas Katolik Parahyangan.

3. Jurusan Teknik Elektro

Jurusan selanjutnya yang memiliki prospek cerah saat sekarang dan masa mendatang yaitu Teknik Elektro. Salah satu jurusan di bawah Fakultas Teknik ini disiplin ilmunya sangat besar pengaruhnya bagi perkembangan peradaban manusia. Tuntutan ilmu dari sektor ini jelas dibutuhkan bahkan hingga saat ini. Mahasiswa belajar tidak hanya listrik (power), tetapi juga telekomunikasi. Tanpa lulusan di bidang ini, perkembangan internet dan teknologi komunikasi mungkin tidak akan sesukses seperti sekarang ini.

Sejumlah kampus terbaik yang memiliki jurusan ini di antaranya Universitas Gajah Mada (UGM), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), Universitas Brawijaya Malang, Univesitas Diponegoro dan sejumlah kampus swasta terbaik di Indonesia.

4. Jurusan Akuntansi dan Keuangan

Salah satu lulusan yang banyak dicari di dunia kerja adalah lulusan jurusan akuntansi dan keuangan. Karena setiap perusaahan akan membutuhkan seorang akuntan. Peluang karier lulusan jurusan ini pun terbuka lebar, mulai dari akuntan publik, auditor internal, analis keuangan, hingga manajer perpajakan. Lulusan jurusan ini juga dibutuhkan pada banyak instansi pemerintah vertical maupun di daerah, sehingga setiap pembukaan seleksi penerimaan pegawai negeri sipil (PNS), jurusan ini selalu diminta.

Mencatat dan melaporkan keuangan perusahaan bukanlah hal yang sederhana, karena banyak peraturan dan standar-standar yang harus dipenuhi agar laporannya valid serta bisa dipertanggungjawabkan. Sarjana akuntansi terutama yang dibekali dengan keahlian perpajakan akan selalu dicari oleh banyak perusahaan, baik itu di Indonesia maupun luar negeri.

BACA JUGA: Konsultan BPMP NTB Temukan masih Banyak Guru di Bima dan Dompu belum Memahami IKM dan PMM

Sejumlah kampus terbaik dan ternama di Indonesia yang memiliki jurusan ini di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Bina Nusantara (Binus) University, Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya (UB) serta sejumlah kampus swasta terbaik di Indonesia.

5.Jurusan Teknik Industri dan Manufaktur

Jurusan yang banyak dicari perusahaan selanjutnya adalah teknik industri. Lulusan industri memiliki keahlian dalam proses perancangan, perencanaan, modifikasi, pengendalian, serta peningkatan kinerja sistem dalam sebuah perusahaan.

Selain itu, ilmu tersebut juga bisa diintegrasikan dengan beragam ilmu disiplin lainya seperti matematika, fisika, analisis desain teknik, serta ilmu komputer. Lulusan Teknik Industri tidak hanya bekerja di sektor industri, tetapi bisa berkecimpung di sektor logistik, manufaktur, teknologi informasi, keuangan, konsultasi, pelayanan masyarakat, pertambangan dan lain sebagainya.

Bahkan, ada pula perusahaan yang memerlukan tenaga lulusan teknik industri untuk mengisi divisi Safety, Health, and Environment (SHE).

Sejumlah kampus terbaik yang menyelenggarakan jurusan teknik industri dan manufacture di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Andalas (Unand), Institut Teknologi Bandung (ITB), Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Brawijaya (UB), Universitas Syiah Kuala (USK), dan Universitas Diponegoro (Undip) serta sejumlah kampus swasta terbaik di Indonesia.

6. Jurusan Sistem Informasi

Jurusan Sistem informasi tidak hanya mempelajari aspek teknis terkait teknologi informasi, tetapi pengetahuan tentang manajemen dan bisnis. Untuk itu, bukan hanya perusahaan swasta yang membutuhkan lulusan sistem informasi, melainkan lembaga pemerintah pun membutuhkan. Maka tak heran lulusan jurusan ini juga dibutuhkan dan diterima saat seleksi calon pegawai negeri sipil (PNS) dibuka oleh instansi pusat dan di daerah.

Sejumlah kampus terbaik yang menyelenggarakan jurusan sistem informasi di Indonesia, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Brawijaya (UB), UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Institut Teknologi Sepuluh November (ITS), BINUS University, Telkom University dan UPN Veteran Jakarta serta sejumlah kampus swasta terbaik di Indonesia.

7. Jurusan Managemen Bisnis

Jurusan terbaik yang memiliki prospek cerah selanjutnya, yakni jurusan Managemen Bisnis. Jurusan ini dapat membantu mengelola bisnis dan manajemen dengan lebih baik sehingga mampu bersaing di tingkat global. Tak hanya itu, lulusan kuliah ini bisa memanfaatkan pengetahuan untuk bekerja sebagai manajer HRD, marketing, ataupun business researcher.

Sejumlah kampus terbaik yang menyelenggarakan jurusan Manajemen Bisnis di Indonesia, di antaranya IBII Jakarta, Institut Teknologi Bandung, IPMI International Business School, Prasetiya Mulya Business School, Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (Undip), Universitas Gadjah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia.

8. Jurusan Kedokteran, Keperawatan dan Farmasi

Selama masih ada manusia di bumi, akan selalu ada tenaga medis. Karena itu, fakultas kedokteran merupakan salah satu jurusan dari keluarga ilmu pengetahuan dan teknologi yang banyak diminati oleh mahasiswa ilmu pengetahuan alam. Prospek pekerjaan dari jurusan ini menjanjikan dan diminati di mana saja dan kapan saja, sehingga bagi calon mahasiswa yang jago materi sains seperti biologi, tidak perlu ragu untuk memilih jurusan ini.

Terlebih kondisi pasca pandemi, tenaga medis semakin banyak dibutuhkan oleh publik.Tidak dipungkiri lagi jika kesehatan menjadi bagian penting sehingga jurusan kedokteran menjadi salah satu jurusan yang patut pilih karena nantinya akan banyak dicari setelah lulus.

Jenjang karier lulusan kedokteran juga cukup menjanjikan, termasuk untuk diterima sebagai pegawai negeri sipil (PNS).

Selain bisa membuka praktik, lulusannya juga bisa membuka layanan konsultasi online. Setelah mendapati gelar dokter, juga dapat melanjutkannya kembali pendidikan profesi kedokteran dengan mengambil spesialisasi di bidang tertentu sesuai dengan minat. Misalnya spesialis penyakit dalam, spesialis syaraf, spesialis bedah dan lainnya.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan kedokteran, keperawatan dan farmasi, di antaranya Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Mercu Buana,Universitas Negeri Medan, Universitas Lambung Mangkurat dan Universitas Hasanuddin (Unhas).

9. Desain Komunikasi Visual (DKV)

Salah satu juruan kuliah yang banyak diminati karena diketahui banyak prospek kerjanya, terutama di era industri 4.0 adalah jurusan DKV atau Desain Komunikasi Visual. Jurusan ini mengajari berbagai macam hal mulai dari seni desain ilustrasi, desain web, hingga animasi.

Lulusan DKV harus bisa mengelola pesan dan konsep komunikasi secara efektif, informatif, dan komunikatif melalui media yang ada. Prospek kerja lulusan DKV antara lain web designer, graphic designer, illustrator, art director, visual designer, creative director, hingga animator.

BACA JUGA: Visualisasi Data Dengan Phyton dan Seaborn

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya Universitas Tarumanegara, Institut Kesenian Jakarta, Institut Seni Indonesia (ISI), Universitas Pelita Harapan, Universitas Sebelas Maret (UNS), Universitas Negeri Malang (UM) dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

10. Jurusan Arsitektur

Jurusan arsitektur memiliki prospek kerja yang bagus karena banyak dibutuhkan di industri kreatif. Lulusan arsitektur biasanya dicari sebagai desainer spasial dan interior, perencanaan wilayah, desainer set di industri hiburan, surveyor bangunan hingga peninjau bangunan bersejarah.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Binus University, Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Medan.

11. Jurusan Ilmu Komunikasi

Sarjana komunikasi memiliki bekal dan kemampuan dalam menulis serta berbicara di depan umum. Kemampuan mereka berbeda dengan orang yang tidak mendalami ilmu komunikasi. Peluang karir yang bisa diambil misalnya sebagai PR (public relations), brand ambassador, marketing, penulis, juru bicara, jurnalis, penyiar, presenter, dan lain-lain.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya Universitas Indonesia, Universitas Padjajaran (Unpad), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Diponegoro, UIN Jakarta, Universitas Negeri Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Andalas.

12. Jurusan Statistika

Jurusan Statistik mempersiapkan mahasiswa untuk berkarir di bidang statistik, keuangan, dan banyak bidang bisnis lainnya, baik bisnis maupun administrasi membutuhkan orang-orang dengan keterampilan statistic.

Selain itu, diperlukan untuk kegiatan penelitian, analisis, dan evaluasi proyek. Karena itu, jurusan statistika perguruan tinggi adalah pilihan yang mudah untuk mencari pekerjaan.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Airlangga (Unair), Universitas Gadjah Mada (UGM) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

13. Jurusan Teknik Robotika dan Kecerdasan Buatan (AI)

Jurusan Robotika dan Kecerdasan Buatan merupakan departemen yang cukup baru di Indonesia. Pembentukan jurusan ini menunjukkan perlunya orang-orang berbakat untuk mengembangkan integrasi robotika dan kecerdasan buatan. Jurusan ini bisa menjadi pilihan tepat bagi calon mahasiswa menjadi salah satu SDM yang kompeten. Apalagi dewasan ini pengembangan kecerdasan buatan semakin pesat seiring tingginya kebutuhan akan kecerdasan buatan yang dapat menggantikan fungsi manusia.

Kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan kecerdasan buatan (artificial intelligent) yaitu Universitas Airlangga, sedangkan kampus terbaik yang menyelenggarakan teknik robotika di Indonesia, di antaranya, Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Politeknik Negeri Batam, Bina Nusantara University (Binus).

14. Teknik Pertambangan dan Perminyakan (FTTM)

Kehidupan manusia sangat melekat dengan bahan tambang, mulai dari alat rumah tangga seperti panci, sendok, kendaraan, alat elektronik yang tidak bisa dilepaskan dari bahan tambang, sehingga membutuhkan tenaga engineer dari disiplin jurusan ini. Demikian juga dengan sektor energi seperti bahan bakar minyak tidak bisa dilepaskan dari kehidupan manusia dan mempengaruhi pembangunan. Maka tak heran sektor pertambangan dari pengelolaan sumber daya mineral dan minyak menjadi penyumbang pendapatan Negara tertinggi di Indonesia.

Lulusan Fakultas Teknik Pertambangan dan Perminyakan memiliki prospek kerja yang sangat besar untuk berkarir di instansi pemerintahan, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), perusahaan swasta seperti perusahaan pertambangan dengan gaji fantastis di atas Rp20 juta per bukan. Selain itu, memiliki kesempatan menjadi akademisi, peneliti, maupun berwiraswasta.

Sejumlah kampus terbaik yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Yogyakarta, Universitas Pertamina, Universitas Jember (Unej), Politeknik Tugu Jakarta, Universitas Trisakti, Universitas Islam Riau dan Institut Teknologi Bandung (ITB).

15. Psikologi

Selanjutnya jurusan yang banyak dicari di dunia kerja yaitu jurusan psikologi. Diketahui, kini jasa psikolog makin dibutuhkan karena makin banyak yang menyadari pentingnya menjaga kesehatan mental. Lulusan psikologi dibutuhkan untuk banyak hal, mulai dari menganalisis, memecahkan masalah, mengelola data, melakukan asesmen, dan mengelola empati.

Peluang kerja lulusan psikologi tidak hanya sekadar menjadi psikolog, tapi juga sebagai asesor, konsultan pendidikan, dan personalia.

Sejumlah kampus terbaik di Indonesia yang menyelenggarakan jurusan ini di antaranya, Universitas Indonesia, Universitas Airlangga, Binus University, Universitas Gadjah Mada, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Malang dan Universitas Brawijaya

Demikian 15 jurusan yang memiliki prospek kerja yang luas dan gaji yang menjanjikan masa depan cerah yang patut dipertimbangkan oleh calon mahasiswa. Khusus untuk kampus negeri, calon mahasiswa harus bersaing melalui Seleksi Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN) selain bisa melalui jalur khusus seperti bibit unggul daerah maupun seleksi jalur mandiri. [B-19]

Pos terkait