Pengurus HMPS PGSD STKIP Tamsis Dilantik, Diharapkan jadi Role Model

Serah Terima Jabatan Pengurus HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima, Kamis (3/6/2022).

Bima, Berita11.com— Puluhan pengurus Himpunan Mahasiswa Program Studi, Pendidikan Guru Sekolah Dasar (HMPS PGSD) Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) Bima, masa khidmat 2022-2023 dilantik oleh Ketua Program Studi S-1 PGSD STKIP Tamsis Bima, Kamis (2/6/2022).

Prosesi pelantikan bertajuk regenerasi kepemimpinan HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima dalam Membentuk Karakter Sumber daya Manusia yang Beradab berlangsung di Auditorium Sudirman STKIP Tamsis Bima, Jl Lintas Bima-Sumbawa.

Ketua HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima, Siti Nurjanah menjelaskan, HMPS adalah wadah bagi mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi. Untuk itu, pengurus baru akan mengoptimalisasi peran dan fungsi HMPS PGSD.

“Dengan beridirinya saya sebagai ketua umum HMPS PGSD 2022-2023, semoga kita  dapat berkontribusi ke depannya untuk mengembangkan Prodi PGSD,” harapnya.

Nurjanah juga menyampaikan apresiasi kepada keluarga besar Prodi PGSD STKIP Tamsis Bima, karena telah memberi kesempatan kepadanya untuk menjadi ketua HMPS PGSD. “Kepada teman-teman pengurus,  jangan tanyakan apa yang diberikan HMPS, tapi apa yang kita berikan kepada HMPS,” katanya mengingatkan.

Suasana Pelantikan Pengurus HMPS PGSD STKIP Taman Siswa Bima.

Demisioner Ketua HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima, Nurul Qolbi menyampaikan apresiasi khusus kepada Ketua STKIP Tamsis Bima, pimpinan Prodi PGSD dan seluruh mahasiswa yang mendukungnya dalam melaksanakan tugas sebagai pengurus HMPS PGSD.

“Ucapan terima kasih kami kepada Kabag Kemahasiswaan, pembina HMPS dan ketua Prodi PGSD yang telah memberikan dukungan kepada kami selama kami menjadi pengurus HMPS,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Dewan Perwakilan Mahasiswa STKIP Tamsis Bima, Akhyar berharap, kiprah HMPS PGSD selalu mengharumkan nama STKIP Tamsis Bima. Menurut dia, setiap manusia memiliki potensi kepemimpinan. Tak terkecuali kaum hawa yang biasa memimpin HMPS PGSD beberapa tahun terakhir. 

“Kita bisa beradaptasi dengan seluruh lingkungan. Apapun program HMPS tetap kita dukung, asal sesuai dengan visi kampus,” ujarnya.

BACA JUGA:  NTB siap Menjadi Tuan Rumah PIRN 2022

Sementara itu, pengurus Badan Eksekutif Mahsiswa- Republik Mahasiswa STKIP Tamsis Bima, Buslin, berharap, pengurus HMPS PGSD yang dilantik menjalin kerja sama dan koordinasi dengan berbagai pihak sehingga program  HMPS dalam terlaksana dengan baik.

“Kepada teman-teman yang sudah berkecimpung dalam pengurus HMPS bisa mengeratkan hubungan.  Catatan jangan sampai formatur yang terpilih, ada hal hal yang dapat meregangkan hubungan. Jalankan program tidak boleh berakhir sampai wacana, tetapi dapat diukur dalam tindakan,” katanya.

Kutua Prodi PGSD STKIP Tamsis Bima,  Ady Irawan SH MH berharap, kembali terpilihnya kaum hawa sebagai ketua pengrus HMPS melanjutkan semangat pengurus sebelumnya yang telah demisioner. Secara umum, Prodi PGSD menjadi yang terfavorit di tingkat Nusa Tenggara Barat, termasuk STKIP Tamsis Bima. Maka tidak heran jumlah mahasiswa Prodi PGSD di –Kampus Merah— STKIP Tamsis Bima lebih dari 1.000 orang.

“Terkait terpilihnya  adik kita Nurjanah, memang sudah lima kali ketua HMPS PGSD STKIP Tamsis ini ketuanya perempuan. Mungkin banyak mengakomodir kebutuhan kebutuhan perempuan. Tanpa mengurangi yang laki-laki, karena fakta sejarahnya demikian,” ujar dosen Pancasila ini.

Ady berharap, HMPS PGSD menjadi role model bagi HMPS lain, termasuk terlibat dalam berbagai program pemerintah seperti  Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM). Sebelumnya, demisioner Ketua HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima, Nurul Qolbi memiliki kepemimpinan yang dinamis dan merupakan bagian dari angkatan III Program Kampus Mengajar.

“Perlu saya apresiasi dalam pengurus ini, sangat relatif hubungannya antara kampus kota dan kampus induk STKIP Tamsis Bima. Saya berharap, adik-adik di kampus induk sudah mengakomodir teman-temannya di kampus kota,” harap Ady.

Ady Irawan juga berharap, pengurus HMPS PGSD STKIP Tamsis Bima sukses melaksanakan tugas organisasi dan akademik secara proporsional.  “Mudah mudahan kepengurusan 2022-2023 ini tidak kalah dengan kepengurusan sebelumnya,” harapnya.

BACA JUGA:  PPL KKN Terpadu Tamsis Dorong Sadar Literasi, Numerasi dan Wisata jadi Paduan Pembangunan Desa

Dalam sambutannya, Kabag Kemahasiswaan STKIP Tamsis Bima, Taufik SH MH mengingatkan pengurus HMPS PGSD yang dilantik melaksanakan amanah dengan baik, karena setiap  ucapan dan perbuatan manusia kelak akan dipertanggungjawabkan kepada Allah SWT.

“Saya ucapkan selamat kepada adik-adik yang dilantik sebagai pengurus HMPS PGSD. Bahasa Alquran itu, hati-hati karena akan diperpantunggungjawankan, bahasa dan perbuatannmu. Bukan di hadapan ketua STKIP Tamsis Bima, tetapi di depan Allah,” ujar Kabag Kemahasiswan mewakili Ketua STKIP Tamsis Bima.

Menurutnya, berkaitan dinamika saat proses pemilihan HMPS PGSD sebelumnya adalah hal biasa. Karena sejatinya demokrasi adalah persaingan ide dan kreativitas. Hal itu juga menjadi pertimbangan masyarakat dalam memilih pemimpin pada level daerah.  “Saya hanya menunggu ide-ide brilian adik- adik yang baru dilantik. Karena satu-satunya Prodi terfavorit di STKIP Tamsis Bima, yakni PGSD. Saya menunggu apa ide gagasan yang bisa dilakukan oleh adik-adik HMPS,” ungkap Taufik.

Alumnus Program Magister Hukum Universitas Mataram ini juga mengingatkan pengurus HMPS PGSD agar menjadi teladan bagi mahasiswa lain dan masyarakat. “Saudara adalah contoh dan teladan. Karena guru itu adalah teladan. Apalagi calon guru SD yang mendidik anak-anak kecil, anak SD. Termasuk akan membentuk karakter siswa. Dengan membaca bismillah, saya buka acara pelantikan HMPS PGSD Tamsis Bima,” ucap Taufik. 

Selain Ketua STKIP Tamsis Bima yang diwakili Kabag Kemahasiswaan, pelantikan dan peningkatan kapasitas HMPS PGSD juga dihadiri Ketua Prodi PGSD STKIP  Tamsis Bima, Ady Irawan SH MH, pembina HMPS, Anwar M.Pd, Azriansyah M.Pd dan Fardaus M.Ed. [B-11]