Provinsi Pertama Deklarasi Tiga Pilar STBM, NTB Raih Penghargaan MURI

Wagub NTB, Sitti Rohmi Djalilah Menerima Penghargaan dari MURI.

Mataram, Berita11.com— Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) merupakan provinsi pertama di Indonesia yang berhasil mendeklarasikan tiga pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Atas keberhasilan itu, Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) mengganjar Provinsi NTB dengan penghargaan.

Penghargaan diberikan MURI dan diterima Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah saat pembukaan pembukaan expo kinerja pembangunan di halaman kantor Bappeda Provinsi NTB di Mataram, Sabtu (17/12/2022).

Bacaan Lainnya

Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalillah, mengatakann, penghargaan dari MURI yang diraih Provinsi NTB berkat kolobarasi serta sinergi seluruh kabupaten dan kota Se-NTB serta seluruh mitra pendamping yang berhasil melaksanakan tiga pilar STBM.

BACA JUGA: Bantuan dari Paguyuban Pasundan Bima Diterima Korban Gempa Cianjur

“Ini merupakan kado istimewa untuk NTB, kemarin kita berhasil meraih penghargaan oleh STBM Award kategori percepatan 100% stop buang air besar sembarangan (SBS), namun hari ini MURI memberikan penghargaan karena berhasil menjadi provinsi pertama yang mendeklarasikan tiga pilar, luar biasa,” kata Rohmi.

Mantan Humas PT Newmon Nusa Tenggara (NNT) ini berharap, pada tahun 2023 mendatang, seluruh kabupaten dan kota di NTB mampu mendeklarasikan lima pilar STBM sekaligus.

“Mari kita buktikan kepada Indonesia, bahwa NTB bisa menjadi yang pertama, hal ini tercipta berkat buah kolaborasi dan sinergi bersama-sama,” ujarnya.

Perwakilan MURI, Andre Purwandono, mengatakan penghargaan menjadikan Provinsi NTB sebagai pelopor bagi provinsi lain terkait deklarasi tiga pilar STBM di Indonesia.

BACA JUGA: Dinner Bareng, Wabup Bima Bisikin ini ke Presiden Jokowi

“Kami berharap penghargaan ini dapat bisa menjadikan masyarakat NTB yang sehat serta menjadi generasi emas 2045,” jelasnya.

Kepala Bappeda Provinsi NTB, Iswandi mengatakan, berhasilnya NTB meraih pengharagaan dari MURI merupakan salah satu prestasi gemilang yang dapat diraih pada tahun 2022.

“Ini menjadi salah satu prestasi yang gemilang, menjadi provinsi pertama di Indonesia meraih tiga pilar STBM, prestasi ini kami tekankan berkat sinergi provinsi dengan kabupaten dan kota se-NTB bersama dengan mitra-mitra pendukung,” ujarnya. [B-22]

Pos terkait