RI-1 akan Resmikan Bendungan Beringin Sila Sumbawa, TNI-Polri Apel Pam VVIP

Suasana Apel Pengamanan VVIP dalam Rangka Kunjunga Kerja Presiden RI di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Senin (19/12/2022).

Sumbawa, Berita11.com— Anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di Nusa Tenggara Barat melaksanakan apel pengamanan orang sangat penting (very-very important person/ VVIP) dalam rangka kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo meresmikan Bendungan Beringin Sila, Kabupaten Sumbawa.

Apel gelar pasukan di Lapangan kantor Pemerintah Kabupaten Sumbawa dipimpin Danrem 162/ Wira Bhakti , Brigjen TNI Sudarwo Aris Cahyo digelar. Apel diikuti ratusan pasukan gabungan dari TNI-POLRI serta instansi terkait.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA: Australia Kerja sama Promosikan Kesehatan Pendengaran di Indonesia

Danrem 162/WB mengatakan, pengamanan kunjungan kerja Presiden Jokowi dan rombongan ke Provinsi NTB merupakan suatu kehormatan dan kepercayaan yang harus dijunjung tinggi.

Dikatakannya, Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda NTB, pemerintah daerah dan unsur pendukung lain selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan VVIP.

“Segala sesuatu yang terkait dengan perencanaan, persiapan dan pelaksanaan pengamanan VVIP harus selalu kita mulai dari awal,” ujarnya.

“Setiap pengamanan VVIP jangan dianggap sebagai kegiatan rutin yang sudah biasa dilaksanakan, namun jadikan sebagai hal yang baru sehingga memotivasi seluruh anggota melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” katanya.

Dijelaskannya, apel gelar pasukan perlu untuk mengecek dan meyakinan sampai sejauh mana kesiapan Satgasgabpad maupun Subsatgasgabpad secara keseluruhan, baik pribadi maupun material, sarana pendukung serta pemahaman tentang tugas dan tanggung jawab masing-masing sesuai rangkaian kegiatan yang telah diagendakan.

BACA JUGA: Bareskrim Gelar Perkara Bareng KPK soal OTT Nganjuk

Danrem juga menyampaikan agar para personel yang tergabung dalam Satgasgabpad pengamanan WIP harus memahami dan menguasai tugas sesuai prosedur tetap mengamankan VVIP.

“Selalu memegang teguh disiplin, tidak lengah serta ragu dalam bertindak serta cermat dan melaporkan setiap perkembangan situasi yang terjadi di lapangan,” katanya.

Secara terpisah, Kapolres Sumbawa AKBP Henry Novika Chandra mengatakan, pihaknya siap mengamankan kunjungan Presiden RI di Bendungan Beringin Sila Kecamatan Utan, Kabupaten Sumbawa. “Personel dari Polres Sumbawa, Polsek jajaran serta Brimob telah kami siapkan dan diploting di titik-titik yang telah ditentukan. Totalnya ada sekitar 226 personel,” ujar Henry. [B-22]

Pos terkait