Kepala Bapanas Minta Tambahan Anggaran Rp841 Miliar

Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat diwawancarai wartawan.
Kepala Bapanas Arief Prasetyo Adi saat diwawancarai wartawan.

Jakarta, Berita11.com— Kepala Badan Bahan Pangan Nasional, Arief Prasetyo Adi mengusulkan tambahan anggaran Bahan Pangan Nasional tahun 2024 sebesar Rp841,1 miliar.

“Kami mohon dukungan anggaran dari Komisi IV agar usulan tersebut dapat disetujui. Tambahan anggaran yang dapat kami usulkan sebesar Rp841, 1 miliar,” ujarnya dalam RDP di Komisi IV DPR Senin (4/9/2023).

Bacaan Lainnya

Menurut Arif, tambahan anggaran ratusan miliar itu dibutuhkan untuk program ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas sebesar Rp801,1 miliar, yang terdiri dari kegiatan pemantapan ketersediaan dan stabilisasi pasokan dan harga sebesar Rp282,2 miliar, pengendalian kerawanan pangan dan pemantapan kewaspadaan pangan dan gizi Rp245,2 miliar.

BACA JUGA:  Pemanfaatan Layanan Naik Drastis, Kondisi Keuangan BPJS Kesehatan Masih Sehat

Selain itu untuk pemantapan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan Rp273,7 miliar, program dukungan manajemen dan kesekretariatan utama Rp40 miliar, yang rinciannya gaji operasional perkantoran Rp8 miliar, dan dukungan manajemen teknis lainnya Rp32 miliar.

“Usulan tersebut sudah disampaikan secara tertulis pada Menteri Keuangan dan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional, Kepala Bappenas,” kata Arif.

Adapun pagu anggaran yang sudah ditetapkan untuk anggaran pangan nasional sebelumnya Rp441,6 miliar menyusul rapat kerja pada tahun 2024.

Rincian anggaran tersebut di antaranya untuk program ketersediaan akses dan konsumsi pangan berkualitas sebesar Rp327,8 miliar, yang terdiri dari pemantapan dan ketersediaan stabilisasi patokan dan harga pangan (Deputi 1) Rp139,1 miliar, pengendalian kerawanan pangan dan pemantapan kewaspadaan pangan dan gizi (Deputi 2) Rp86,8 miliar. Pemantapan penganekaragaman konsumsi dan keamanan pangan (Deputi 3) Rp101,9 miliar.

BACA JUGA:  UMKM Logistik seluruh Indonesia Rayakan HUT ke-1 NLC, Ciptakan New Logistik Revolution

“Sesuai RAPBN tahun 2024 dan nota keuangan, pagu badan anggaran pangan nasional sebesar Rp441,6 miliar dan kami telah menyusun rancangan program dan kegiatan tahun 2024,” tambah Arif. [B-24]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait