Dasyat! Akhiri Tahun 2021, DP Geopark Tambora Teken MoU dengan Lembaga Turki

General Manager DP Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve, Hadi Santoso Berjabat Tangan dengan Direktur Lembaga di Turki

Istambul, Berita11.com— Tepat di penghujung tahun 2021, Dewan Pelaksana Geopark TamboraSAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, NTB, menandatangani nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/ MoU) dengan dua lembaga sekaligus di Turki, Entur Egitim Turizm ve Dis Ticaret Limited Sirketi (Entur Global) dan Al-Fatih International Student Center (ISC). 

Penandatanganan dilakukan di Aksemsettin Mah. Kocasinan Cad. No. 41 D.5 Fatih Istanbul, Turki, Kamis (30/12/2021).

“Alhamdulillah. Hari ini, telah kami tanda tangani MoU dengan dua lembaga resmi yang ada di Turki. Tepat Pukul 20.00 waktu Istanbul, Turki atau pukul 01.00 Wita hari Jumat, 31 Desember 2021. Semoga menjadi berkah dan energi baik untuk kemajuan Geopark Tambora, masyarakat Pulau Sumbawa dan NTB ke depannya,” ujar General Manager DP Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve, Ir Hadi Santoso ST MM IPM melalui press release.     

BACA JUGA:  34 Dosen dan Mahasiswa STKIP Tamsis Lolos Angkatan 2 Program Kampus Mengajar

Menurut Hadi, dua lembaga tersebut sengaja dipilih setelah memertimbangkan berbagai aspek, naik dari posisi strategis Turki yang ada di dua benua sekaligus (Asia dan Eropa), komposisi tim di lembaga tersebut yang mengintegrasikan orang Turki dan Indonesia secara proporsional, networking  yang dimiliki, legalitas, serta company profile dari lembaga Entur Global dan ISC.

“Pengelolaan Geopark Tambora sesuai regulasi terdiri dari tiga pilar. Yakni konservasi, edukasi dan pembangunan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan. MoU dengan Endur Global yang fokus tour-travel dan ekspor-impor antar negara, merupakan ikhtiar untuk membuka pangsa wisatawan Turki dan negara Arab/Eropa lainnya ke wilayah Tambora/SAMOTA,” ujar Hadi.

“Termasuk, membuka pasar ekspor untuk geoproduk (produk berbasis alam) ke luar negeri, sedangkan, MoU dengan  ISC dilakukan untuk pengembangan pendidikan,” lanjut Hadi.

BACA JUGA:  Bagaimana Masa Depan Mandalika Setelah MotoGP?

Sementara itu, Chairman Entur Global, Ali Cetin, menjelaskan bahwa lembaga yang dipimpinnya telah memiliki seluruh legalitas operasional yang disyaratkan oleh Turki, termasuk telah menjadi anggota resmi MUSIAD yang merupakan lembaga resmi persatuan pedagang di Turki.

Direktur ISC, Heri Kurniawan, yang didampingi Sekretarisnya, Gilang Ramdani. Mengungkapkan optimisme pihaknya dalam berkolaborasi dan bersinergi dengan Dewan Pelaksana Geopark Tambora-SAMOTA Biosphere Reserve Pulau Sumbawa, NTB dalam memajukan dunia pendidikan Turki dan NTB.

“ISC insya Allah siap memjadi mitra yang saling memberikan kebaikan untuk kedua lembaga dalam pengembangan bidang pendidikan di dua wilayah. Seusai dengan konsen kami. Semoga Allah memudahkan segala ikhtiar kita demi kebaikan generasi,” tandas Heri. [B-19]