Kado Ultah ke-63 NTB, Investasi Terus Tumbuh di Bumi Gora

Mataram, Berita11.com— Berbagai investasi berskala besar dikhtiarkan terus hadir untuk kesejahteraan masyarakat di Bumi Gora. Hal itu menjadi salah satu kado Hari Ulang Tahun (HUT) ke-63 Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Di sembilan kabupaten/kota terdapat agenda-agenda pembangunan dan investasi berskala besar, juga tengah ikhtiarkan bersama,” kata Gubernur NTB H Zulkieflimansyah yang diwakili Danrem 162/WB Brigjen TNI Ahmad Rizal Ramdhani, saat menjadi inspektur upacara HUT ke-63 Provinsi NTB, di lapangan Bumi Gora, kantor Gubernur NTB, Jumat (17/12/2021) lalu.

Lebih lanjut kata Danrem, beberapa agenda pembangunan dan investasi besar di antaranya pembangunan smelter di kabupaten Sumbawa Barat (KSB), shrimp estate di kabupaten Sumbawa, investasi tambang emas dan tembaga PT Sumbawa Timur Mining (STM) di Kabupaten Dompu.

“Saat ini, kita terus memperjuangkan agar segera beroperasi,” kata perwira tinggi TNI-AD membacakan sambutan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah.

Selain itu sebutnya, ada juga investasi pengembangan pariwisata di kawasan Samota, dan menghidupkan kembali investasi pabrik pengolahan ikan di teluk Santong Sumbawa. Sementara di Lombok Timur, target investasi senilai lebih dari 13 triliun dalam wujud pembangunan PLTB Lombok Timur berkapasitas 115 megawat.

“Hal ini selaras dengan program NTB Hijau dan mendukung pengembangan sektor pariwisata, tengah kita upayakan bersama,”tambah lulusan Akmil 1993,  dari kecabangan Zeni tersebut.

Tidak hanya itu, di Kota Mataram, segera memulai pembangunan gedung instalasi gawat darurat (IGD) terintegrasi, yang megah dan terbaik. Konstruksi pembangunan gedung Sembilan lantai tersebut dimulai akhir Desember ini.

BACA JUGA:  Gelar Dialog Kebangsaan, PP3TKI Pulau Sumbawa akan Cetak Wirausaha dari Keluarga  PMI

Selain itu, sebagai provinsi yang terkenal dengan pariwisatanya, di Lombok Barat, akan diupayakan secara serius membangkitkan kembali kejayaan berbagai kawasan wisata di ujung barat NTB ini, Pemprov NTB tentunya akan memberikan dorongan bagi ikhtiar mulia ini.

Sementara di ujung timur NTB juga, seperti di Kota Bima dan Kabupaten Bima, upaya untuk membangun kawasan pertumbuhan baru di dua daerah ini masih terus diikhtiarkan bersama dengan potensinya yang luar biasa. Semua optimis, Kabupaten Bima dan Kota Bima bisa memiliki masa depan yang gemilang.

Begitupun di Lombok Utara, mimpi untuk menghadirkan pusat pertumbuhan baru yaitu Global Hub Khayangan, akan terus dirawat. Berbagai upaya tengah dilakukan untuk mendorong terealisasinya rencana besar yang akan mengubah wajah Kabupaten Lombok Utara.

“Apalagi di Mandalika Lombok Tengah yang telah dibangun Pertamina Mandalika International Street Circuit, berskala dunia  akan mengawali tahun 2022 dengan menggelar adu balap MotoGP,”ujar mantan Staf Ahli Pangdam XII/Tanjungpura bidang Hukum dan Humaniter.

Dari berbagai upaya itu, NTB akan menjadi sorotan dunia internasional dengan skala yang tentu saja lebih dahsyat dari sebelumnya, sehinga pembangunan dan pembenahan infrastruktur dan sarana pendukung juga akan terus dibangun untuk memudahkan event tersebut.

Usai upacara HUT NTB akan digelar penanandatanganan  MoU antara Pemprov NTB dengan PT Istana Cempaka Raya tentang pembangunan hotel dan pendukung fasilitas lainnya di aset Pemprov NTB di Gili Tangkong Lombok, termasuk MoU antara Gubernur NTB dengan bupati /wali kota se-NTB tentang Ruang Lingkup Informasi dan Komunikasi Publik, Bidang Pengelolaan Tehnologi dan informasi, Bidang Statistik, dan Bidang Persandian dan Keamanan Informasi.

BACA JUGA:  Kini Warga NTB bisa Bayar Pajak Kendaraan Menggunakan QRIS

“Kita percaya, seluruh kabupaten/kota di NTB memiliki hak untuk membangun hidup yang lebih membahagiakan untuk masyarakatnya. Untuk itulah, semangat kebersamaan dan kolektivitas akan terus kita tumbuhkan, demi mensejahterakan masyarakt NTB,” tutup Danrem 162 yang didaulat menjadi Irup mewakili Gubernur NTB sebagai tanda penghormatan dan perpisahan, karena pindah tugas ke Jakarta sebagai Asisten Deputi Pengelolaan Pemilu dan Penguatan Partai-Partai di Kementerian Politik Hukum dan Keamanan.

Usai upacara, Gubernur, Wagub dan Danrem memberikan berbagai hadiah dan trophy kepada sejumlah pemenang dalam lomba rangkian kegiatan HUT NTB. Capian prestasi individu dan kelompok kepada atlet, pemuda dan masyarakat. Pada akhir kegiatan juga disugukan tari Gema Gatra dari 500 siswa siswi SMA/SMK se-NTB. Hadir pada pucak acara HUT NTB,  Sekda, bupati/wali kota, kepala OPD lingkup Pemrov. NTB, jajaran Polda NTB, jajaran Korem 162/WB, pimpinan universitas/sekolah tinggi, lembaga dan instansi vestikal, BUMN dan BUMD dan masyarakat NTB. [B-19]