Semarak National Youth Geowisata Educamp di Savana Dorombolo Tambora

Bima, Berita11.com— Puluhan orang mengikuti National Youth Geowisata Educamp (NYGE) yang digelar Dewan pelaksana Geopark Tambora Samota Biosphere Reserve Pulau Sumbawa dan Perkumpulan Pamandu Geowisata Indonesia ( PERPIGI) di Savana Dorombolo desa Oi Panihi  kecamatan Tambora Kabupaten Bima, Jumat hingga Minggu, 28-30 Oktober 2022 lalu.

General Manager Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa Hadi Santoso menjelaskan, NYGE adalah upaya memajukan potensi wisata di lingkar Tambora dan misi NTB Asri dan Lestari yang merupakan salah satu program  Pemerintah Provinsi NTB.

“Kegiatan Nasional Youth Geowisata Educamp, mendukung program Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur Dr Hj Sitti Rohmi Djalilah, dalam memajukan potensi desa wisata dan NTB Hijau,”kata Hadi.

Melalui program tersebut, masyarakat dan khususnya para pelajar diharapkan lebih mengenal potensi alam dan wisata yang dimiliki daerah, karena acara tersebut diisi dengan sejumlah kegiatan yang dikemas dalam bentuk upacara Hari Sumpah Pemuda, kemah eduwisata, pengenalan geowisata air terjun Oi Panihi, reboisasi hutan, mengenalkan Geopark Tambora dan mengenalkan Cagar Biosfer Samota.

BACA JUGA:  Pemprov NTB Targetkan Masalah Sampah 70 Persen Tuntas Ditangani

“Dari rangkian kegiatan, masyarakat setempat, para pelajar yang terdiri dari SMA-SMK se-Pulau Sumbawa merasa memiliki dan banga serta termotivasi untuk menjaga warisan dunia, yang telah ditetapkan sebagai taman bumi ini, “ ujar ketua Persatuan Insinyur Indonesia Kabupaten Bima itu.

Hadi Santoso juga mengapresiasi kekompakan dan bergeliatnya masyarakat Desa Oi Panihi Kecamatan Tambora  dalam menyiapkan dan menyediakan lokasi NYGE dari awal pembukaan acara hingga penutupan acara tersebut. “Bahwa kunci kebangkitan pariwisata itu gerakan local wisdom,” kata Hadi.

Menurutnya, tidak ada pariwisata yang bisa maju dan besar tanpa gerakan seirama dari masyarakat.  “Terima kasih banyak Bu Kades Nia Kurniati, Pokdarwis, Karang Taruna, Paltam dan seluruh masyarakat Desa Oi Panihi,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Pemkot Bima dan BKP Bahas Hibah Instalasi Karantina Hewan

Kepala BKPH Tofopajo Soromandi, Faruk S.Hut, M.M.Inov, mengaku bangga dan mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh General Manager Geopark Tambora Samota Bisosphe Reserve Pulau Sumbawa.

“Kami BKPH Dinas DLHK Provinsi NTB sangat mendukung kegiatan yang digagas Geopark Tambora,” ungkapnya.

Menurutnya, program NTB Hijau dengan melakukan menanam pohon di sekitar savana Dorombolo dan air terjun Oi Panihi sangat baik untuk mengembalikan fungsi hutan dan melindungi mata air.

Kapolsek Tambora Ipda Fardansyah  merasa bangga dengan kehadiran para pelajar dan komunitas di wilayahnya. “Kegiatan ini sangat positif bagi para pelajar dan generadi muda, sebagai pemimpin bangsa pada masa yang akan datang,” ujar Kapolsek Tambora. [B-22]