Direktur INOVASI Mark Heward Bertemu Bupati Bima, ingin dengar Cerita tentang TarRL dan KM

Tim Monev INOVASI Foto Bersama Bupati Bima dan Sejumlah Pejabat Pemkab Bima, Senin (1/11/2022).

Bima, Berita11.com— Direktur Inovasi untuk Anak Sekolah Indonesia Kemitraan Australia-Indonesia (Innovation for Indonesia’s School Children/ INOVASI) Mark Herward bertemu dengan Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri di kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima, Selasa (1/11/2022).

Mark hadir bersama Sistem and Policy (SNP) Advisor INOVASI Jakarta, Afiluddin (SNP), Specialist INOVASI Jakarta, Amin, Specialis Technical Advisor (STA) INOVASI Jakarta, Provincial Manager INOVASI NTB Sri Rezki Widuri dan pejabat berkaitan lain. Tujuannya untuk mendapatkan cerita baik tentang pelaksanaan gerakan masyarakat (Gemar) Literasi, metode TeachingaAt the Right Level(TaRL)  dan implementasi kurikulum merdeka (KM) di wilayah Kabupaten Bima.

Direktur INOVASI Jakarta, Mark Herward menjelaskan, kehadiran tim monitoring dan evaluasi (Monev) di kabupaten Bima untuk mendapatkan cerita baik tentang pelaksanaan gemar literasi, metode TaRL dan implementasi kurikulum merdeka.

BACA JUGA:  Dorong Literasi Anak, Tim PKM STKIP Tamsis Dampingi Siswa Disleksia

Dikatakannya, sejumlah program tersebut telah diterapkan di 25  sekolah dasar dan madrasah ibtidaiyah percontohan dan  telah direplikasi 318 SD, 76 madrasah ibtidaiyah dan sekolah menengah pertama di Kabupaten Bima.

“Tim hadir untuk mengikuti kegiatan monitoring dan evaluasi yang dilakukan oleh tim teknis, juga untuk mendapatkan pembelajaran baik dari Kabupaten Bima tentang koordinasi, kolaborasi dan pengintegrasian pelaksanaan kurikulum merdeka belajar,” ujar Mark.

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri SE  mengemukakan, kondisi geografis wikayah Kabupaten Bima yang berbeda setiap kecamatan, sehingga mengharuskan pendekatan pendidikan lebih  berbeda bagi anak-anak dalam kegiatan pembelajaran.

“Kehadiran program INOVASI di Kabupaten Bima telah memberikan kontribusi nyata bagi peningkatan kualitas pendidikan dasar dan peningkatan kapasitas SDM tenaga kependidikan. Oleh karena itu, pemerintah daerah berharap, Kabupaten Bima kembali mendapatkan dukungan program INOVASI untuk lebih meningkatkan kualitas SDM,”  harap Bupati Bima.

BACA JUGA:  Perguruan Tinggi jangan jadi Menara Gading, Alumni IAIH NW Diharapan Geber dan Gercep

Kepada tim INOVASI Kabupaten Bima yang akan mendampingi kegiatan peninjauan lapangan oleh tim Monev INOVASI, Bupati Bima juga berharap tim yang mendampingi tamu memberikan informasi berkaitan progres dukungan bagi SD/MI sasaran dalam  implementasi kurikulum merdeka (KM).

Saat menerima tim Monev INOVASI yang akan bertugas selama dua hari, Bupati Bima didampingi Kepala Dinas Pendidikan, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Bima Zunaidin S.Sos MM dan Kabid Dikdas Dinas Dikbudpora Kabupaten Bima, Sekretaris Badan Perencana Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengabdian (BAPPEDA Litbang) Kabupaten Bima H  Fahrudin S.Sos, M.Ap, Kabid Perencanaan Sosial Budaya Bappeda dan Litbang, Raani Wahyuni ST, MT, M.Sc, dan pejabat terkait dari kantor Kementerian Agama Kabupaten Bima. [B-22]