Serahkan Anugerah KIP 2022, Wagub NTB Ingatkan Badan Publik agar Aktif Dorong Keterbukaan Informasi

Wagub Nusa Tenggara Barat, Sitti Rohmi Djalilah Foto Bersama Badan Publik Usai Penyerahan Anugerah KIP 2022 di Mataram, Senin (19/12/2022).

Mataram, Berita11.com — Wakil Gubernur NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah mengajak seluruh badan publik di seluruh NTB agar aktif dalam mendorong keterbukaan informasi publik (KIP).

Menurut Rohmi, KIP merupakan salah satu poin penting dalam membangun sebuah daerah. Hal itu disampaikan Rohmi saat Anugrah KIP Provinsi Nusa Tenggara Barat Tahun 2022 di Hotel Lombok Raya Kota Mataram, Senin (19/12/2022).

Bacaan Lainnya

“Saya bersama gubernur menjunjung tinggi KIP. Hal ini merupakan kebutuhan dan saat ini, sesuatu yang ditutupi sudah tidak laku lagi. Mari kita saling terbuka akan informasi karena percayalah, semakin kita terbuka semakin mudah kita bekerja,” ujarnya.

Rohmi menjelaskan, Pemerintah Provinsi NTB memiliki komitmen tinggi terhadap keterbukaan ifnormasi publik yang dibuktikan melalui layanan informasi NTB Care. NTB Care merupakan program unggulan Pemprov NTB sebagai media aspirasi dan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat.

BACA JUGA: Pemprov NTB Tata 75 Hektar Eks Lahan PT GTI di Gili Terawangan

“Bentuk komitmen kami dalam hal keterbukaan, kami memiliki NTB Care yang merupakan layanan komunikasi dua arah antara pemimpin dengan masyarakat,” kata Rohmi saat menyampaikan sambutan.

Keterlibatan masyarakat lanjutnya, sangat penting, sehingga masyarakat juga berbaur bersama-sama dengan pemerintah membangun NTB.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Komisi Informasi Provinsin NTB, Suaeb Quri mengatakan, pada tahun 2022 kualifikasi kategori badan publik informative meningkat. Salah satunya untuk kategori badan publik di tingkat organisasi perangkat daerah (OPD) lingkup Pemprov NTB.

“Terdapat penambahan sebanyak empat badan publik di lingkup perangkat daerah provinsi NTB dan terdapat pula badan publik yang tetap konsisten dalam mempertahankan prestasinya. Ini hal yang positif dalam keterbukaan informasi di NTB,” ucapnya.

Ia berharap agar badan publik yang belum masuk dalam kategori informatif agar meningkatkan kualitas layanan keterbukaan informasi publik, sehingga tahun mendatang mendapat prestasi yang lebih baik.

BACA JUGA: Pustu Dibangun di Halaman Sekolah, Wali Murid Terusik hingga Minta Bupati Bima ‘Turun Tangan’

Dikatakan dia, pada tahun 2022 ini Komisi Informasi NTB memberikan penghargaan lima kategori, di antaranya kategori badan publik vertikal, kategori badan publik penyelenggara Pemilu, kategori badan publik pemerintah desa, kategori badan publik pemerintah kabupaten/kota dan kategori badan publik OPD lingkup Pemprov NTB.

Kategori nilai tertinggi kategori badan publik vertikal diraih KPU Provinsi NTB dengan nilai 99,25. Nilai tertinggi kategori badan publik penyelenggara Pemilu diraih KPU Kapubaten Dompu dengan nilai 97,85. Kategori badan publik pemerintah desa dimenangkan oleh Desa Senggigi dengan nilai 94,21. Kategori badan publik pemerintah kabupaten dan kota dengan nilai tertinggi diraih Kabupten Lombok Barat dengan nilai 99,50 dan untuk badan publik OPD lingkup Pemprov NTB dengan nilai tertinggi diraih RSUD Provinsi NTB dengan nilai 99,40. [B-22]

Pos terkait