12 Rumah Warga Kota Bima dan Kabupaten Bima Hangus Terbakar, ini “Manifestnya”

Kondisi Rumah Warga Desa Cenggu, Kecamatan Belo, Kabupaten Bima, Kamis (12/08/2021) Siang.

Kota Bima, Berita11.com— Kebakaran hebat melanda pemukiman warga di RT 03/02 Kelurahan Panggi Kecamatan Mpunda Kota Bima, sekira pukul 12.00 Wita, Kamis (12/8/2021). Belum diketahui penyebab pasti kebakaran tersebut, namun diduga api bersumber dari hubungan arus pendek listrik di rumah Abdul Aziz.

Pada hari yang sama sekira pukul 11.30 Wita, kebakaran juga terjadi di RT 06/03 Dusun 3 Desa Cenggu, Kecamatan Belo Kabupaten Bima. Diduga kebakaran dipicu hubungan arus pendek. Api dengan cepat melahap sejumlah rumah warga.

Informasi yang dihimpun Berita11.com di lapangan, sekira pukul 12.30 Wita, Abdul Aziz Ishaka diketahui sedang mengaji di ruang tamu rumahnya. Tiba-tiba api muncul di ruang tengah, sehingga korban berteriak minta tolong pada tetangga.

Sejumlah warga yang mendengar teriakan korban langsung mendatangi tempat kejadian perkara dan mencoba memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun upaya warga memadamkan api dengan peralatan sederhana sia-sia, api dengan cepat merembet dan membakar enam unit rumah di TKP.

Sekira pukul 13.45  Wita, bantuan pemandam kebakaran dari Pemkot Kota Bima empat mobil Damkar dan dibantu mobil BPBD serta mobil pemadam dari Brimob Pelopor C Kota Bima tiba di lokasi kebakaran dan langsung memadamkan api. Api berhasil berhasil dipadamkan sekira pukul 14.00 Wita.

BACA JUGA:  Pemkot Bima Siapkan Inovasi Internet Murah

Peristiwa kebakaran itu dibenarkan warga di sekitar lokasi. Api dengan cepat merembet dan membakar enam rumah warga. “Ada enam rumah warga yang terbakar. Kejadiannya begitu cepat,” ujar Husni, warga di TKP.

Sejumlah rumah warga yang terbakar yaitu, rumah jati 9 tiang milik Abdul Nafi Ismail  (40 tahun), rumah jati 6 tiang milik Kardin (37 tahun), rumah semi permanen milik Imo Adam (60 tahun), rumah panggung milik Abdul Aziz Ishaka (50 tahun), rumah semi permanen milik  Abdurrahman Ishaka (40 tahun), rumah permanen milik Jamaludin (60 tahun),  dapur rumah milik Hasiah (70 tahun), dapur rumah milik M Yusuf (60 tahun) dan dapur rumah milik Hasan (64 tahun).

Petugas Pemadaman Kebakaran Dibantu Babinsa Memadamkan Kobaran Api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Dua ekor kambing, dua sepeda motor dan mesin penggiling jagung milik korban ikut terbakar dalam kejadian ini.

Sementara itu, pada lokasi berbeda, kebakaran enam rumah di Desa Cenggu Kecamatan Belo, Kabupaten Bima terjadi sekira pukul 11.30 Wita. Seorang warga merasakan bau menyengat dan tak lama melihat asap di atas rumah Jairin, warga desa setempat. Sejumlah warga berupaya mendatangi TKP kebakaran dan berupaya memadamkan api dengan alat seadanya. Namun tak lama api semakin membesar dan menjalar ke sejumlah rumah warga lain.

BACA JUGA:  Predator Anak di Dompu Dibekuk Polisi

Sejumlah warga yang kesulitan memadamkan api berupaya menghubungi pemadam kebakaran. Mobil pemadam kebakaran Kecamatan Belo dan milik Pemkab Bima tiba di TKP sekira pukul 11.55 Wita. Juru pemadam kebakaran langsung berupaya memadamkan api. Api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 12.10 Wita oleh petugas Damkar.

Informasi yang diperoleh Berita11.com, tidak ada korban jiawa dalam kejadian ini. Namun enam rumah warga mengalami kerusakan karena terbakar, masing-masing milik  Ibrahim yang tata dengan tanah,  rumah Jairin  rata dengan tanah,  rumah H Husen mengalami rusak berat,  rumah H Yasin rusak berat,  rumah Rosmin rusak ringan,  rumah  Farid Ahmad.

Dalam kejadian ini, sepeda motor merek Yamaha Mio milik salah satu korban juga hangus terbakar. Nilai kerusakan akibat kebakaran ditaksi Rp500 juta. [B-12]