Pertama di NTB, Command Center Kota Bima Diresmikan

Wali Kota Bima Bersama Kepala Dinas Kominfostik Kota Bima dan Staf Foto Bersama Usai Peluncuran Command Center Kota Bima, Senin (23/8/2021).

KotaBima, Berita11.com— Command Center sebagai pusat kendali layanan informasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bima yang bertujuan meningkatkan kinerja dan mutu pelayanan publik, akhirnya resmi diluncurkan oleh Wali Kota Bima H Muhammad Lutfi di Aula Kantor Wali Kota Bima, Senin (23/8/2021).

Command center dan platform smart city merupakan salah satu bentuk inovasi dari Pemkot Bima dalam merespon perkembangan teknologi dan kebutuhan daerah. Selain itu, portal ini dapat dimanfaatkan oleh semua pihak untuk mendapatkan informasi dan layanan pemerintah secara online.

Wali Kota Bima, mengaku bangga dengan hadirnya Command Center tersebut. Dia menyampaikan, dengan adanya aplikasi ini mampu membangun sinergi seluruh OPD yang dikendalikan melalui Command Center Kota Bima.

Dikatakannya, hal ini tentu menjadi hal baru bagi Pemkot Bima, satu langkah dalam pelayanan birokrasi dan pelayanan terhadap masyarakat.  “Apalagi tuntutan masyarakat hari ini, dengan adanya E-Lapor artinya mendorong seluruh birokrasi kita untuk bergerak melayani masyarakat,” ujarnya.

BACA JUGA:  Pemkot Bima Sosialisasi Perda Pencegahan dan Pemberatasan Narkotika

HM Lutfi juga berharap keberadaan smart city di Kota Bima memudahkan kendali pelayanan birokrasi dan menghadirkan pelayanan secara tepat. Karena kecepatan merupakan sebuah kepuasan dalam pelayanan, sehingga dapat menunjukan kinerja Pemkot Bima yang semakin baik.

“Kebijakan daerah tidak serta merta keinginan atau selera dari kepala daerah yang terpilih. Tetapi komitmen untuk menata masyarakat,” tutupnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kominfostik Pemprov NTB  Najamudin Amy menyampaikan, peluncuran Command Center Kota Bima merupakan wujud dari smart city yang berlandaskan kepada lahirnya open government (pemerintahan yang terbuka atau transparan) sekaligus pemerintahan yang mengedepankan kebijakan-kebijakan pelayanan dan informasi publik.

“Keselarasan informasi dan teknologi itu sangat penting bagi kita. Oleh karena itu untuk mewujudkan visi dan misi NTB, maka salah satu yang ingin kita laksanakan adalah adanya kolaborasi ekosistem smart city di NTB,” jelasnya.

BACA JUGA:  Ini Daftar Event yang Disiapkan Pemprov NTB Menghadapi MotoGP

Pada kesempatan itu, mantan Karo Humas Setda Provinsi NTB ini juga mengapresiasi Pemerintah Kota Bima yang telah memulai sebuah hal luar biasa dengan memberikan pelayanan sebaik-baiknya kepada masyarakat Kota Bima.

“Seluruh Kepala OPD dan ASN di Pemprov NTB dan di Kota Bima untuk terlebih dahulu memberikan keteladanan terhadap aplikasi dan implementasi smart city ini bisa dilaksanakan,” tutupnya.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kominfotik Kota Bima, H Sukri mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat sejak awal hingga akhir pembentukan Command Center Kota Bima. Dia juga melaporkan keberadaan command center pertama di NTB ini, sangat diapresiasi oleh pemerintah kabupaten dan kota lain yang ada di NTB.

“Bentuk apresiasinya yaitu dengan adanya studi banding dari daerah Kabupaten Dompu dan Kabupaten Lombok Timur,” jelasnya. [B-19]