Teka-Teki Capres PDI Perjuangan Terjawab, Megawati Umumkan Sosok Gubernur Jateng

Suasana pengumuman nama Capres 2024 dari PDI Perjuangan, Jumat (21/4/2023).
Suasana pengumuman nama Capres 2024 dari PDI Perjuangan, Jumat (21/4/2023).

Jakarta, Berita11.com—Teka-teki siapa calon presiden yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) dalam Pemilu 2024 akhirnya terjawab. Ketua Ummum PDI Perjuangan, Megawati Soekarno Putri menunjuk Ganjar Pranowo sebagai Capres yang diusung partai berlambang banteng.

Pengumuman dan penetapan nama Ganjar Pranowo sebagai Capres 2024 dari PDI Perjuangan disampaikan Megawati dalam rapat ke-140 DPP PDI Perjuangan.

Bacaan Lainnya

“Maka pada jam 13.45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan saudara Ganjar pranowo, sekarang adalah Gubernur Jawa Tengah, sebagai kader dan petugas partai untuk ditingkatkan penugasannya sebagai calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat (21/4/2023).

BACA JUGA: Muncul Kabar Miring tentang Pembahasan APBD, Anggota DPRD NTB Kecewa Kinerja Pj Gubernur

Megawati mengatakan penetapan Ganjar sebagai Capres yang diusung PDI Perjuangan setelah dialog dengan sejumlah petinggi partai, tokoh partai, termasuk Presiden Joko Widodo. “Demikian pengumuman ini disampaikan bertepatan dengan Hari Kartini yang telah ditetapkan oleh Bung Karno,” ujarnya.

Usai mengumumkan nama Capres, Megawati menyematkan kopiah hitam kepada Ganjar Pranowo. Menurutnya, mengenakan kopiah merupakan budaya orang Indonesia. Hal itu sebagaimana pendapat Presiden Soekarno yang menyebut kopiah adalah lambang nasionalisme yang merupakan perpaduan nilai nasional dan religius.

Setelah mendapatkan mandat, Ganjar menyampaikan pidato pertamanya sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan.

Gubernur Jawa Tengah itu mengajak seluruh kader PDI Perjuangna ikut melanjutkan program Joko Widodo (Jokowi) usai dia ditunjuk sebagai Capres PDI Perjuangan oleh Megawati Soekarnoputri.

Ganjar mengatakan dirinya merupakan perpanjangan tangan dari Jokowi yang menjadi kepala pemerintahan.

Menurutnya, selama ini dia senantiasa berusaha selaras dalam perjuangan kebijakan pemerintah pusat dan bergotong royong demi menjalankan tugas-tugas ideologi partai sekaligus melayani masyarakat.

BACA JUGA: Sikapi Omnibus Law RUU Kesehatan, Ikatan Dokter Indonesia Aksi Damai

“Tentu terobosan-terobosan yang telah diberikan oleh Pak Jokowi maupun yang sedang dibangun harus kita lanjutkan. Hanya kita yang terus berkomitmen melanjutkan itu di mana beliau mendobrak kemapanan-kemapanan, kenyamanan-kenyamanan, sehingga Indonesia harus bergerak untuk itu,” ujarnya.

Dia juga menyambut penugasan dirinya menjadi calon presiden dari PDI Perjuangan pada Pilpres 2024 mendatang. Meskipun penugasan itu amanat yang berat, dia siap melaksanakannya.

“Hari ini amanat jauh lebih berat. Mudah-mudahan saya mampu. Dengan mengucap Bismillah. insya Allah akan melaksanakan tugas sebaik baiknya,” ujar Ganjar.

Pada bagian lain, sejumlah media asing menyoroti penetapan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden dari PDI Perjuangan. Sejumlah media yang menyoroti pengumuman tersebut, di antaranya Channel News Asia, BNN Bloomberg dan Business Times. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait