Pewarta Terbunuh Selama Dua Tahun Terakhir: 109 Jiwa, Tewas di Gaza Tembus 119 Orang

Ilustrasi Jurnalis yang Bertugas di Wilayah Perang.
Ilustrasi Jurnalis yang Bertugas di Wilayah Perang.

Mataram, Berita11.com— Organisasi pemantau pers dunia, Middle East Monitor, melaporkan jumlah jurnalis yang tewas di Gaza akibat agresi Israel sejak 7 Oktober 2023 mencapai 119. Angka ini melampui rekor pewarta yang terbunuh di dunia tahun 2021-2022 yang tercatat 109 jiwa.

“Jumlah korban tewas jurnalis Palestina akibat serangan Israel di Jalur Gaza telah melampaui jumlah jurnalis yang terbunuh di seluruh dunia pada 2021 dan 2022,” dikutip dari laporan Middle East Monitor, Sabtu (20/1/2024).

Bacaan Lainnya
BACA JUGA: NTB Ekspor 37 Ribu Tas Ketak ke Arab Saudi

Untuk diketahui, Israel melancarkan agresi ke Palestina sejak 7 Oktober. Israel mendeklarasikan perang dengan Hamas. Sejak saat itu, pasukan Zionis nyaris setiap hari menggempur sejumlah wilayah di Palestina. Akibat serangan itu lebih dari 23.000 jiwa meninggal.

Gempuran pasukan Zionis juga menyebabkan ribuan rumah penduduk juga hancur. Setelah itu, Israel dan Hamas sempat gencatan senjata sekitar sepekan pada November 2023. Setelah itu serangan Zionis kembali berlanjut.

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu menyatakan tak akan berhenti menyerang sebelum Hamas musnah. Dia mengklaim aksi pasukan Zionis di Gaza sebagai upaya melawan terorisme. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait