Mahasiswa IAI Muhammadiyah Bima Kembali Raih Prestasi Gemilang MTQ Internasional

Dua mahasiswa IAI Muhammadiyah Bima yang meraih prestasi gemilang pada ajang MTQ Internasional Tahun 2023
Dua mahasiswa IAI Muhammadiyah Bima yang meraih prestasi gemilang pada ajang MTQ Internasional Tahun 2023

Bima, Berita11.com— Mahasiswa Institut Agama Islam (IAI) Muhammadiyah Bima kembali meraih prestasi luar biasa dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional. Dua mahasiswa IAIM Bima, Muhammad dan Elansari berhasil meraih medali emas dan perak dalam ajang Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Internasional kategori mahasiswa yang digelar oleh Mahrojan Universitas Negeri Malang (UNM), belum lama ini.

Rektor IAIM Bima, Hendra M.Si mengatakan, kampus yang dipimpinnya akan terus mengembangkan prestasi sesuai bakat dan minat mahasiswa. Meskipun merupakan perguruan tinggi berbasis ilmu agama, IAIM Bima juga akan mengembangankan sejumlah prestasi dari bidang lain, termasuk olahraga dan seni.

Bacaan Lainnya

“IAI Muhammadiyah Bima terus mendukung kegiatan- kegiatan mahasiswa, karena bagaimana pun mahasiswa itu memiliki kecendrungan hobi yang berbeda-beda, termasuk bakat dan minat, sehingga kampus IAIM Bima itu memiliki perhatian serius terkait bakat dan minat, termasuk memenangkan tilawah, karena gudangnya qori dan qoriah itu ada di IAIM Bima,” ujarnya Selasa (13/6/2023).

BACA JUGA: Kasus Perselingkuhan dan Perzinahan Merebak, Nilai Maja Labo Dahu harus Diperkuat!

Diisyaratkannya, kampus IAI Muhammadiyah Bima akan menjadikan prestasi sebagai bagian dari budaya mahasiswa setempat. Mendorong mahasiswa meraih prestasi sesuai bakat dan minat atau potensinya.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama IAIM Bima, Dr Ihlas Hasan M.Pd mengatakan, pada kejuaraan selama tiga pekan yang diikuti lebih kurang 60 peserta dari berbagai negara tersebut, tim delegasi IAI Muhammadiyah Bima berhasil mengukir prestasi gemilang.

“Mereka (mahasiswa utusan IAIM Bima) berhasil menyisihkan peserta dari berbagai negara yang turut berpartisipasi, termasuk tuan rumah,” ujar Dr Ihlas melalui layanan media sosial whatshapp, Selasa (13/6/2023).

Salah satu mahasiswa IAIM Bima yang tampil mengesankan adalah Muhammad. Dia adalah mahasiswa semester 2 Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) IAIM Bima. Dia berhasil meraih medali emas dalam kategori MTQ mengalahkan peserta-peserta hebat dari berbagai belahan dunia serta dari kampus ternama di Indonesia.

Selain itu, Elansari, mahasiswi semester 2 Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) berhasil meraih medali perak MTQ.

Dr Ihlas mengatakan, sejumlah prestasi yang diraih tersebut menunjukkan komitmen dan dedikasi tinggi para mahasiswa dan kampus IAI Muhammadiyah Bima dalam pembinaan dan pengembangan kompetensi mahasiswa.

BACA JUGA: 105 Mahasiswa STKIP Tamsis Lolos Program Kampus Mengajar 6, Dua Diplot di Lombok dan Makassar

“Lewat Lembaga Pengembangan Bakat Minat Mahasiswa kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas mahasiswa dan prestasi mereka di event lainnya,” ujar Dr Ihlas.

Dikatakannya, IAI Muhammadiyah Bima memiliki sejumlah unit kegiatan mahasiswa (UKM) seperti bidang beladiri tangan kosong Tapak Suci, UKM Mahasiswa Pencita Alam (Mapala), Lembaga Pers Kampus dan UKM bidang lain.

“Sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, saya terus memantau dan memonitorng potensi-potensi mahasiswa yang sesuai potensi masing-masing, misalnya tilawah, olahraga dan bidang yang lain,” ujarnya.

Ditambahkannya, prestasi medali emas dan perak yang diraih dua mahasiswa IAI Muhammadiyah Bima pada ajang MTQ Internasional di Malang tidak terlepas dari peran Ketua Lembaga Dakwah Bakat dan Minat Mahasiswa IAIM Bima, Ustadz Irwan, M.Pd.I.

“Kami juga ada Tapak Suci Muhammadiyah, (UKM) Pencinta Alam dan Lembaga Pers Kampus. Jadi, secara umum sebagai Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan kami mendukung penuh kegiatan ini,” pungkasnya. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait