Dukung Pembalap Moto3GP, Gubernur Jatim Puji Keindahan Sirkuit Mandalika

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansah Didampingi Sekda Provinsi NTB Menyaksikan Latihan Pembalap Muda Moto3GP Indonesia asal Magetan Jatim, Mario Suryo Aji di Sirkuit Mandalika, Rabu (19/1/2021)

Praya, Berita11.com— Gubernur Jawa Timur (Jatim), Hj Khofifah Indar Parawansa meninjau Sirkuit Mandalika Lombok Tengah, sekaligus memberikan dukungan kepada pembalap muda Moto3GP Indonesia asal Magetan Jatim, Mario Suryo Aji, Rabu (19/1/2021).

Mantan Menteri Sosial Republik Indonesia ini mengaku kagum atas keindahan Sirkuit Internasional Mandalika Lombok saat menyaksikan langsung sesi latihan pembalap Mario Suryo Aji.

Khofifah menjelaskan, kehadiran meninjau Sirkuit Mandalika dalam rangka membeirkan dukungan langsung kepada pembalap asal Jatim Mario Suryo Aji yang akan tampil pada perhelatan Moto3GP.

“Mario tidak sendiri, kami tetap bersama Mario. Bahkan seluruh masyarakat Indonesia mendukungnya,” ujar Khofifah.

Alumnus Universitas Airlangga Surabaya ini mengisyaratkan, Pemprov Jatim tertarik bekerja sama dengan Pemprov NTB, memanfaatkan perhelatan MotoGP. Bahkan pihaknya telah berdiskusi dengan Gubernur NTB, H Zulkieflimansyah dalam mengoptimalisasi market produk UKM sebagai oleh-oleh pada perhelatan MotoGP di Sirkuit Mandalika.

BACA JUGA:  Sikapi soal Lumba-Lumba di Bima, WWF Sarankan Pemda Terlibat dalam RAN Konservasi Mamalia Laut

“Bahkan saya sudah tiga kali bertemu Pak Gubernur Zul membicarakan potensi yang dimiliki kedua daerah, seperti merchandise (hadiah), produk UMKM dan lainnya,” ujar mantan anggota DPR RI ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi NTB, H Lalu Gita Ariadi yang mendampingi Khofifah menjelaskan kesiapan sirkuit Mandalika dan daerah penyangga dalam event internasional. Saat ini panitia dan pemerintah daerah terus menggenjot fasilitas dan sarana mendukung perhelatan MotoGP.

“Didukung oleh Kementerian PUPR dan kementerian lembaga lainnya,” kata Gita.

Panitia menyiapkan 100 ribu kursi untuk penonton dari luar negeri dan dalam negeri pada perhelatan MotoGP. “Dari situ, kita ingin mendapatkan angka kunjunganya dan nilai ekonomisnya untuk daerah kita,” jelas Gita Ariadi.

BACA JUGA:  Kini Warga NTB bisa Bayar Pajak Kendaraan Menggunakan QRIS

Mantan Karo Humas Sekretariat Provinsi NTB ini juga menjelaskan, kunjungan Gubernur Jatim dalam rangka mendukung 21 seri Moto3GP di 16 negara, termasuk di sirkuit Mandalika.

“Sehingga saat seri di Mandalika, Mario sebagai tuan rumah kebanggaan Indonesia, ingin mengetahui kondisi lapangan dan merajai seri Mandalika Lombok Tengah NTB,” ujarnya.

Sementara itu, pembalap moda Moto3GP Indonesia, Mario Suryo Aji juga memuji keindahan Sirkuit Mandalika dan pemandangan sekitar seperti bukit hijau dan pantai sekitar sirkuit yang memiliki pasir putih yang bersih.

“Jadi ketika orang menonton tidak akan bosan ke Mandalika,”jelas remaja yang masih duduk di SMA 1 Magetan ini.

Mario mengisyaratkan akan tampil maksimal pada seri Moto3GP, sehingga terus fokus berlatih agar dapat mengharumkan nama Indonesia pada kancah internasional. [B-19]