Pemkab Bima dan Bulog Salurkan Bantuan 1.722 Ton Cadangan Beras Pemerintah

Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat melepas beras cadangan pemerintah yang akan didistribusikan kepada keluarga penerima manfaat. Pelepasan digelar di Pendopo Bupati Bima, Sabtu (15/4/2023) lalu.
Bupati Bima, Hj Indah Dhamayanti Putri saat melepas beras cadangan pemerintah yang akan didistribusikan kepada keluarga penerima manfaat. Pelepasan digelar di Pendopo Bupati Bima, Sabtu (15/4/2023) lalu.

Bima, Berita11.com— Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dan Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) Sub-Divre Bima menyalurkan 1.722,6 ton bantuan pangan cadangan beras pemerintah tahun 2023 yang dialokasikan untuk 57.420 keluarga penerima manfaat.

Peluncuran bantuan dilaksanakan di Pendopo Bupati Bima, Sabtu (15/4/2023). Bantuan beras cadangan pemerintah dialokasikan 574,2 ton per bulan dan setiap KPM mendapatkan 30 kilogram sebagai kuota April, Mei dan Juni.

Bacaan Lainnya

Bupati Bima, Hj Indah Dhamanyanti Putri menyampaikan apresiasi kepada Presiden Republik Indonesia, Kepala Badan Pangan Nasional, dan Perum Bulog.

BACA JUGA: Pemkab Bima Terima Bantuan Tanggap Bencana dari BNPB

“Mengingat bantuan tersebut merupakan wujud perhatian pemerintah pusat akan kondisi alam dan beberapa bencana yang terjadi di sejumlah Indonesia,” ujarnya dikutip Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Suryadin.

Bupati berharap, semua pihak mengawal secara berjenjang penyaluran pangan tersebut agar tepat sasaran sehingga dapat diterima tanpa kurang berat.

Bupati juga menginstruksikan kepala organisasi perangkat daerah berkaitan bersama Perum Bulog mengoptimalisasi koordinasi, sehingga bantuan yang disalurkan tepat waktu. Selain itu, memastikan potensi kerawanan gagal panen di wilayah, sehingga bisa diantisipasi dengan sejumlah cadangan pangan yang dimiliki pemerintah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Bima H Muhammad Natsir mengatakan, penyaluran cadangan beras pemerintah merupakan bentuk dari kehadiran pemerintah pusat di Kabupaten Bima dalam menyelesaikan masa-masa sulit pangan.

BACA JUGA: Ringankan Beban Masyarakat NTB, Ketua DPR RI beri Bantuan Beras Premium

Lebih lanjut Natsir menjelaskan, total bantuan yang akan disalurkan di Kabupaten Bima sebanyak 1.700 ton beras untuk 57.420 keluarga penerima manfaat. Masing-masing kepala keluarga akan menerima 10 kg per bulan selama April, Mei dan Juni.

“Hari ini akan disalurkan 200 ton untuk beberapa kecamatan meliputi Kecamatan Wera, Ambalawi, Wawo, Sape dan Lambu dari total 540 ton untuk bulan ini,” sebut Natsir.

Pelaksana Tugas Perum Bulog Sub-Divre Bima, Driyanti Andi Suryaningsih menyebutkan, kuota beras cadangan pemerintah yang dialokasikan untuk Kota Bima, Kabupaten Bima dan Kabupaten Dompu yang masuk dalam wilayah dalam naungan Perum Bulog setempat 1.722. 600 kg.

“Kegiatan distribusi ini menindaklanjuti hasil rapat internal bersama Presiden RI, mengenai kebijakan bantuan sosial berupa beras,” jelsa Driyanti. [B-22]

Pos terkait