Diminati Masyarakat karena Tampung Pengaduan 24 Jam, Aplikasi ini Tampil pada PID

Pameran Inovasi Daerah di Halaman Kantor Bappeda Provinsi NTB.

Mataram, Berita11.com— Inovasi pengaduan NTB Care dan NTB Satu Data dari Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistik (Dsikominfostik) Provinsi NTB diikutkan pada Pameran Inovasi Daerah (PID) tahun 2021 di halaman kantor Bappeda Provinsi NTB di Mataram.

Kepala Diskominfostik Provinsi NTB  Najamuddin Amy mengatakan, NTB Care adalah salahsatu aplikasi yang diminati masyarakat. Sistem kerja admin dan operator NTB Care, dalam menangani pengaduan masyarakat, pertama kali diperagakan langsung kepada pengunjung pameran,  setelah dibuka Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah, beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Najamuddin, semua pengaduan masyarakat melalui media sosial, website dan aplikasi berbasis android kerap ditangani tanpa ruang dan waktu. “Sistem kerjanya memantau semua pengaduan masyarakat, baik persoalan sosial, infrastruktur, lingkungan, pertanian dan semua sektor,” ujar Najamuddin di Mataram, Minggu (19/9/2021).

BACA JUGA:  Berkunjung ke Pelosok Desa, Gubernur NTB Semangati Warga di Tengah Pandemi

Selain melalui aplikasi tersebut, berbagai pengaduan dan pertanyaan masyarakat melalui akun sosial media Gubernur NTB maupun OPD lingkup Pemprov NTB dan pemerintah kabupaten/ kota direspon dengan cepat.

“Kami praktikan sistem yang ada di dapur NTB Care. Begitu juga data-data sektoral dan parsial pada NTB Satu Data, dipamerkan cara mengaksesnya pada pameran tersebut. Ini semua sebagai bentuk memudahkan mayarakat memperoleh informasi,”ucapnya.

Menurut Najamuddin, inovasi lain yang ditampilkan pada pameran sangat menarik dan bagus. Hal itu menujukan bahwa Provinsi NTB termasuk daerah terbaik dalam menghasilkan inovasi.

“Hingga saat ini dalam lomba yang digelar oleh Kemendagri, yaitu Innovation Government Award (IGA) 2021, NTB masih kokoh berada di puncak teratas,” katanya.

BACA JUGA:  Gubernur NTB Minta OPD Manfaatkan Medsos untuk Jawab Aduan Masyarakat dengan Cepat

“Ini harus menjadi perhatian bersama kita, bahwa para inovator jangan berhenti untuk terus menghasilkan karya dan inovasi demi kemajuan NTB yang lebih gemilang,” tutupnya.[B-19]