Wali Kota Bima Serahkan Bantuan Benih Padi kepada Petani

Wali Kota Bima Didampingi Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Menyerahkan Bantuan Benih kepada Petani di Kota Bima.

Kota Bima, Berita11.com— Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi  menyerahkan bantuan benih padi varietas unggul kepada petani setiap kelurahan di Kota Bima, Rabu (30/11/2022).

Bantuan diserahkan orang nomor satu di Kota Bima itu menyambut musim tanam, sehingga diharapkan bisa dimanfaatkan secara maksimal untuk kesejahteraan petani.

Lutfi berharap Dinas Pertanian dan Peternakan Kota Bima terus mengawasi distribusi pupuk bersubsidi untuk petani agar tepat sasaran dan sesuai ketentuan. Karena saat ini harga pupuk bersubsidi dikeluhkan sejumlah petani mulai melonjak.

Lutfi juga meminta petani berani melaporkan tindakan penjual atau distributor melalui aplikasi E-lapor atau pihak kepolisian.  “Perankan RT yang ada, penjual tersebut harus diberantas bersama,” tandas H Lutfi.

Dikatakannya, pengawasan yang maksimal dan partisipasi pelaporan oleh masyarakat akan berdampak positif, sehingga tidak ada lagi pengecer yang menjual pupuk dengan harga tinggi dan mengurangi persoalan kelangkaan serta tingginya harga pupuk bersubsidi.

BACA JUGA:  Wali Kota dan FKPD Salat Idul Fitri Bersama, Ustadz Islamudin Ingatkan Mencintai Saudara Seiman

Wali Kota juga berharap Dinas Pertanaian Kota Bima terus melakukan koordinasi dengan petugas penyuluh pertanian, karena petani tidak mungkin akan maju jika tidak mengikuti perkembangan teknologi saat ini.

“Apabila petani mampu memberikan hasil tani yang baik, maka pemerintah juga sukses mendorong petani untuk maju,” ujarnya.

Lutfi juga berpesan agar masyarakat senantiasa menjaga kelestarian alam sehingga mampu meningkatkan produktivitas.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Kota Bima Sulistiyanto mengatakan, sektor pertanian di Kota Bima masih menjadi komoditas terbesar. Meskipun pengembangan tanaman pangan memiliki kendala karena adanya alih fungsi lahan pemukiman dan jalan.

“Oleh karena itu, Dinas Pertanian Kota Bima akan menjaga produksi dan terus meningkat hasil pertanian hingga 7-8 ton,”  isyaratnya.

BACA JUGA:  Dorong Capaian, Badan Kesbangpol Kota Bima Gelar Vaksinasi Berhadiah Total Rp15 Juta

Dia menjelaskan, produksi padi di Kota Bima hampir mampu memenuhi kebutuhan dan bisa menekan laju inflasi yang terjadi saat ini.

Sejumlah bantuan yang diserahkan Pemkot Bima kepada sejumlah petani di Kota Bima, di antaranya benih padi varietas cakra buana, corn sheller dan power threser multiguna, tanaman pisang, hidroponik, tanaman jahe merah, perluasan area tembakau, serta bibit pohon kelapa. Bantuan dibagikan kepada kelompok tani sesuai kebutuhan setiap kelurahan.

Editor: Redaksi