Pilot MRTT RAAF Australia Tandem Bersama Pilot F-16 TNI AU di Langit Bali

A Royal Australian Air Force (RAAF) KC-30A Multi-Role Tanker Transport (MRTT) from No. 33 Squadron conducts air-to-air refuelling with F-16 Fighting Falcon aircraft of the Indonesian Air Force. Credits Australian Defence Force.
A Royal Australian Air Force (RAAF) KC-30A Multi-Role Tanker Transport (MRTT) from No. 33 Squadron conducts air-to-air refuelling with F-16 Fighting Falcon aircraft of the Indonesian Air Force. Credits Australian Defence Force.

Berita11.com— Angkatan Udara Australia (RAAF) telah melakukan pelatihan pengisian bahan bakar di udara dengan TNI AU untuk pertama kalinya. Hal ini mencerminkan hubungan yang erat dan positif antara mitra regional.

Satu tim yang terdiri dari 21 penerbang Australia dari Skuadron No.33 RAAF berlatih bersama pilot-pilot F-16 TNI AU di Lanud Ngurah Rai Denpasar pada awal Agustus 2023.

Perwira Komandan Skuadron No.86, Kapten Grup Brent Taylor, mengatakan para pilot Australia menggunakan pesawat Multi-Role Tanker Transport (MRTT) KC-30A bersama dengan pesawat tempur F-16 Indonesia dalam sebuah kegiatan yang meningkatkan kemampuan mobilitas udara RAAF.

“Australia merupakan satu dari sejumlah kecil negara yang telah melakukan pelatihan pengisian bahan bakar dengan pesawat terbang Indonesia, meningkatkan interoperabilitas kami dengan mitra regional yang penting,” kata Kapten Grup Taylor melalui email yang diterima redaksi Berita11.com, Rabu (23/8/2023) lalu.

BACA JUGA: Putri Candrawati Divonis 20 Tahun Penjara

Dikatannya, para penerbang RAAF mengembangkan keahlian mereka dalam bekerja sama dengan negara mitra untuk memberi kemampuan pengisian bahan bakar di udara, yang sangat penting agar pesawat dapat melintasi jarak yang lebih jauh dan tetap berada di dalam area pertempuran lebih lama, tanpa perlu mendarat.

An F-16A Fighting Falcon aircraft from the Indonesian Air Force is refuelled by an Air Refuelling Operator from Royal Australian Air Force (RAAF) No.33 Squadron. Credits Australian Defence Force.

“Pelatihan ini telah memberikan para pilot F-16 TNI AU kemampuan pengisian bahan bakar di udara yang sangat berharga,” kata Taylor.

Sebanyak 60 sorti F-16 diterbangkan dengan RAAF KC-30A selama pelatihan, mencapai 200 kontak pengisian bahan bakar yang sukses.

Terbang di wilayah udara Indonesia, kegiatan ini melibatkan KC-30A yang mengerahkan Advanced Refuelling Boom System untuk menghubungkan wadah pengisian bahan bakar ke setiap F-16 Fighting Falcon Indonesia.

BACA JUGA: 25 Rumah Hancur dan Empat Orang Tewas Akibat Ledakan di Blitar, Ternyata ini Penyebabnya

“Latihan ini dilaksanakan pada siang dan malam hari yang menantang semua penerbang untuk mengasah kemampuan mereka melalui latihan praktis dalam situasi apa pun,” kata Kapten Grup Taylor.

Pengisian bahan bakar di udara sangat penting untuk memproyeksikan dan mempertahankan kekuatan udara bagi pasukan gabungan di wilayah sekitar Indonesia dan Australia.

“Kemitraan kerja kami dengan TNI AU dibangun di atas komitmen bersama menuju kawasan Indo-Pasifik yang stabil dan tangguh,” ujar Taylor.

Pelatihan ini juga bermanfaat bagi Australia dan Indonesia dengan latihan udara bilateral dan multilateral reguler antara kedua negara, termasuk Latihan Elang AUSINDO dan Pitch Black.

Kegiatan pengisian bahan bakar di udara (AAR) Currency Event 2023 diselenggarakan dari 6-12 Agustus 2023. [B-19/*]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait