Sudah Tuntaskan Pendidikan di Rindam IX/Udayana, 73 Komcad Melapor ke Kodim Lotim

Sebanyak 73 anggota Komcad saat diterima Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di halaman Kodim Lombok Timur, Jumat (25/8/2023). Foto Penerangan Kodim Lotim.
Sebanyak 73 anggota Komcad saat diterima Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di halaman Kodim Lombok Timur, Jumat (25/8/2023). Foto Penerangan Kodim Lotim.

Selong, Berita11.com— Tujuh puluh tiga Kompenen Cadangan (Komcad) asal Kabupaten Lombok Timur kembali ke daerah asal setelah selesai mengikuti di Rindam IX/Udayana Tabanan Bali.

Puluhan anggota Komcad tersebut melapor dan diterima Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi Untoro di Kodim Lombok Timur, Jumat (25/8/2023).

Bacaan Lainnya

Bayu menjelaskan, 73 orang yang tergabung dalam Komcad sudah kembali ke Lombok Timur pada Jumat lalu setelah menyelesaiakan rangkaian pendidikan di Rindam IX/Udayana dan pemantapan di Pusdiklat Kopassus Batu Jajar Bandung Jawa Barat selama tiga bulan.

“Alhamdulillah mereka kita terima di Makodim dan kita berikan arahan, setelah itu mereka kembali ke keluarga masing-masing dan kembali bekerja sesuai dengan profesinya,” ungkap Bayu Sigit sapaan akrab Dandim 1615/Lotim.

BACA JUGA: Persiapan MXGP Samota Terus Dikebut

Selama mengikuti pendidikan, anggota Komcad dilatih tentang PBB, disiplin, wawasan kebangsaan, bela negara, dan beberapa materi lain dalam rangka mendukung tugas TNI termasuk latihan menembak.

Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi. Foto Penerangan Kodim Lotim.

Hal itu agar anggota Komcad sebagai komponen cadangan memiliki jiwa nasionalisme dan patriotisme terhadap bangsa dan negara.

“Mereka sesuai program akan diberikan penyegaran satiap tahun untuk mengingat dan memperkuat jiwa nasionalisme sebagai patriot bangsa dan negara,” ujar pria murah senyum itu.

Dikatakan Bayu, Komcad bisa digerakkan berdasarkan persetujuan DPR RI dan Komando Pengedaliannya berada pada Panglima TNI untuk mendukung dan membantu TNI selaku komponen utama dalam pelaksanaan tugas sesuai kebutuhan terutama dalam bela negara dan mempertahankan tanah air dari berbagai ancaman dan gangguan baik dari dalam maupun luar.

BACA JUGA: BINDA NTB Kembali Gelar Vaksinasi Booster untuk Jemaah Tiga Masjid di Dompu

Berkaitan sejumlah anggota Komcad wilayah Kabupaten Lombok Timur yang belum memiliki pekerjaan, mantan Danyonif 742/SWY itu juga menyampaikan bahwa pihaknya sudah berkomunikasi dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk mencarikan solusi atau dimanfaatkan oleh pemerintah daerah.

“In syaa Allah ke depan akan kita berdayakan bersama sehingga mereka menjadi panutan di tempat tinggal maupun lingkungan tempat kerja,” isyarat Bayu.

Sebanyak 73 Komponen Cadangan asal Lombok Timur foto bersama Komandan Kodim 1615/Lotim Letnan Kolonel Inf Bayu Sigit Dwi. Foto Penerangan Kodim Lotim.

Pria kelahiran Bandung itu juga menegaskan pembinaan anggota Komcad akan dilakukan oleh Kodim selaku satuan Komando Kewilayahan sehingga kegiatan mereka akan terpantau oleh Kodim.

Komponen Cadangan tahun 2023 ini dilantik langsung oleh Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto di Pusdiklat Kopassus Batujajar Bandung Jawa Barat pada Jumat, 11 Agustus 2023 lalu. [B-17/*]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait