Ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar, ini Profil Arsjad Rasjid

Arsjad Rasjid. Foto Kompas.
Arsjad Rasjid. Foto Kompas.

Jakarta, Berita11.com— Arsjad Rasjid ditunjuk Koalisi partai pengusung calon presiden (capres) Ganjar Pranowo, PDI Perjuangan, PPP, Perindo, dan Hanura, sebagai ketua Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo pada pilpres 2024.

Keputusan itu setelah setelah rapat gabungan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) empat partai pengusung Ganjar dielar di Jakarta, Rabu (4/9/2023). Rapat dihadiri oleh para ketua umum partai, sekretaris jenderal, dan sejumlah ketua DPP.

Bacaan Lainnya

Arsjad dipilih secara aklamasi oleh para peserta rapat. Ketua KADIN itu dinilai memiliki kriteria yang dibutuhkan untuk memimpin tim pemenangan Ganjar.

“Arsjad representasi dari kalangan dunia usaha. Kita memerlukan sosok dari kalangan dunia usaha untuk membuktikan bahwa kebijakan ekonomi Ganjar ke depan mempertimbangkan aspek business friendly,” dikutip dari dari keterangan resmi, Selasa (5/9/2023).

Selain itu, sosok Arsjad Rasjid dianggap cocok mendorong pertumbuhan ekonomi, dan meningkatkan kesejahteraan rakyat secara luas, guna menopang agenda Visi Indonesia Emas 2045.

Selain itu, pertimbangan lainnya, Arsjad mewakili kalangan dunia usaha, karena memiliki jiwa muda dan pengalaman yang mumpuni di bidang politik dan pemerintahan.

“Arsjad merepresentasikan jiwa muda, sekaligus pengalaman panjang baik secara akademik maupun jaringan. Pertimbangan ini kami anggap penting sebab lebih dari 50 persen pemilih pada pemilu 2024 adalah kalangan muda,” dalam keterangan tersebut.

Ketua Umum Perindo Hary Tanoesoedibjo mengatakan keputusan itu merupakan hasil rapat partai koalisi yang dipimpin Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Hary Tanoe menyebut Arsjad sebagai sosok yang bisa diterima semua kelompok. Dia yakin Arsjad memiliki kapasitas dan jaringan yang luar sebagai ketua KADIN selama ini.

“Pak Arsjad Rasyid kita tahu figur yang bisa diterima semua pihak, pintar, muda, network-nya luas dan ketua umum Kadin juga. Itu yg saya rasa yg paling utama,” kata Hary Tanoe dikutip, Selasa (5/9/2023).

Arsjad akan didampingi oleh beberapa wakil ketua tim pemenangan. Salah satunya adalah Mantan Panglima TNI Jenderal purn. Andika Perkasa.

BACA JUGA: Ikut Training, Masyarakat Pelaku Pariwisata Kota Bima Dukung Ganjar Mahfud

Dalam rapat gabungan parpol pengusung disepakati bahwa Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo membutuhkan kepemimpinan anak muda, sekaligus memahami karakter anak muda, sehingga komandan pemenangan memahami narasi yang tepat yang perlu disampaikan kepada pemilih, khususnya pemilih muda.

Pertimbangan lain, karena Arsjad juga telah membuktikan dirinya menjadi bagian penting yang ikut menyukseskan berbagai program ekonomi dari Presiden Jokowi. Salah satunya adalah ikut membantu program dalam membangun dan mengembangkan ekosistem kendaraan listrik.

“Sejalan dengan hal itu, agenda pembangunan Ganjar adalah meneruskan fondasi pembangunan yang telah di bangun oleh Presiden Jokowi. Dan kami pandang, Arsjad sangat memahami agenda agenda strategis pembangunan kita ke depan, sekaligus tantangan ekonomi yang harus kita hadapi,” papar keterangan resmi.

Arsjad selama ini juga telah berinteraksi sangat baik dengan Ganjar, sehingga bonding keduanya telah terbentuk. Hal ini menjadi modal personal yang baik.

“Ganjar percaya ke Arsjad, sebaliknya juga demikian. Arsjad juga siap mencurahkan tenaga dan pikirannya demi kemenangan Ganjar. Modal saling percaya inilah yang menjadi fondasi penting,” dikutip dari keterangan tersebut.

Arsjad akan dibantu oleh para wakil ketua yang terdiri dari beberapa unsur, yakni di antaranya unsur purnawirawan jenderal TNI dan Polri, partai politik, tokoh masyarakat dan relawan. Semuanya akan saling melengkapi kekuatan jaringan teritorial, dalam rangka penguasaan medan elektoral yang harus di menangkan oleh Ganjar.

Oleh karena itu, kepemimpinan dalam Tim Pemenangan Nasional Ganjar Pranowo dalam menghadapi pilpres 2024 bersifat kolektif kolegial, yang mencerminkan berbagai unsur kekuatan nasional, sekaligus jiwa gotong royong sebagai watak dasar berpolitik koalisi ini.

“Gerak cepat terus melaju untuk Indonesia Maju menjadi ikon Tim Pemenangan Ganjar Pranowo dan karenanya Capres Ganjar dan Ketua Umum TPN akan segera membentuk dewan pakar dari berbagai ahli dan disiplin ilmu seperti akademisi, teknokrat, termasuk merekrut pakar kebijakan publik, dan lain-lain,” dikutip dari keterangan tertulis.

Sementara itu, Arsjad mengaku, dirinya kaget mendapatkan kabar tersebut dari media online. Dia mengungkapkan penunjukan dirinya sebagai pemenangan Ganjar juga belum diinformasikan sebelumnya.

BACA JUGA: Australia Kerja sama Promosikan Kesehatan Pendengaran di Indonesia

“Yang pertama aja saya kaget. Karena saya tuh, pas saya lagi acara apa ya, dari ASEAN ini. Saya datang ke ASEAN Business Award. Pas saya sampai di sana, tiba-tiba salah satu temen dateng ke saya. Nanti lihat, ada satu berita. Kebetulan salah satu nih, dari online. Pas saya baca, ya ampun ya Allah, kaget saya,” katanya kepada wartawan di Hotel Mulia Jakarta, Selasa (5/9/2023).

Arsjad mengungkapkan, menjadi suatu kehormatan bagi dirinya mendapat amanah tersebut. Dirinya juga perlu untuk mendiskusikan dengan pihak-pihak lain karena dirinya juga menjabat sebagai Ketua Umum Kadin dan memimpin di beberapa perusahaan.

“Yang paling penting, saya mesti ngomong sama pemangku kepentingan. Tahu nggak siapa pemangku kepentingan? Istri, anak-anak, belum perusahaan, belum Kadin. Itu semua keluarga besar, kan. Jadi kan bukan hanya keputusan seorang diri. Ini kan penting,” katanya.

Profil Arsjad Rasjid

Diketahui Arsjad Rasjid memiliki latar belakang pendidikan teknik komputer di University Southern California. Selain itu, dia juga pernah mendalami administrasi bisnis hingga meraih gelar bachelor of science dari Peperdine University, California, Amerika Serikat pada 1993.

Kemudian pada tahun 2005, Arsjad dipercaya menjabat Direktur Utama PT Indika Energi. Dia berhasil membesarkan perusahaan tersebut selama bertahun-tahun.

Reputasinya dalam dunia bisnis membuat Arsjad terpilih secara aklamasi menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) periode 2021-2026.

Saat ini, dia juga dipercaya sebagai Ketua ASEAN-Business Advisory Council (ASEAN-BAC) dan ingin mengembangkan ekosistem kendaraan listrik atau electric vehicle (EV).

Selain itu, Asjad juga aru saja diberi kepercayaan memimpin Pengurus Besar Persatuan Panahan Indonesia periode 2023-2027.

Pria bernama lengkap Mohammad Arsjad Rasjid Prabu Mangkuningrat diketahui merupakan seorang pengusaha asal Indonesia. Ia merupakan Presiden Direktur PT Indika Energy Tbk yang lahir dari pasangan H.M.N. Rasjid (Purnawirawan TNI AD) dan Hj. Suniawati.

Selain di bidang energi, ia juga menduduki beragam posisi di beberapa perusahaan bidang media, keuangan dan teknologi. [B-19/*]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait