Buka Akses Beasiswa ke Tiga Negara, BRIDA dan LPP NTB Sosialisasi Beasiswa di STKIP Tamsis

Foto Bersama Koordinator Beasiswa NTB dari LPP NTB Bersama Awardee Beasiswa NTB Angkatan I Usai Sosialisasi di Auditorium Sudirman STKIP Tamsis Bima, Sabtu (12/3/2022). Foto Firdaus Humas STKIP TSB.

Bima, Berita11.com— Badan Riset dan Inovasi Daerah, Nusa Tenggara Barat (BRIDA NTB) bersama mitranya Lembaga Pengembangan Pendidikan (LPP NTB) mensosialisasikan Beasiswa NTB tahun 2022 kepada mahasiswa di Auditorium Sudirman Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Kependidikan Taman Siswa (STKIP Tamsis) Bima, Sabtu (12/3/2022).

Koordinator Beasiswa NTB, Asmawati SM menjelaskan, Beasiswa NTB dibuka dari 7 Maret hingga 22 April 2022. Oleh karena itu dia berharap mahasiswa dan masyarakat umum menggunakan kesempatan tersebut untuk meningkatkan grade pendidikan formal. “Silakan teman-teman mendaftar, karena pendaftaran telah dibuka hingga 22 April 2022,” ujarnya saat sosialisasi Beasiswa NTB.

Dia menyebut, pada tahun 2022 ini, Pemprov NTB melalui LPP NTB menyiapkan beasiswa luar negeri untuk tiga negara tujuan, yaitu Malaysia, Republik Ceko, dan Polandia. Masyarakat umum dan mahasiswa yang memenuhi syarat juga dapat mengakses Beasiswa NTB dalam negeri. Timelinenya, pembukaan pendaftaran (7 Maret – 22 April 2022), seleksi administrasi tahap 1 (18-27 April 2022), pengumuman seleksi 1 (2 Mei 2022), seleksi tahap 2 atau wawancara (7-9 Mei 2022), pengumuman awardee Beasiswa NTB (23 Mei  2022), persiapan aplikasi kampus (25 Mei – 25 Juni 2022), pendaftaran aplikasi visa EMGS Malaysia (1 Juli – 20 Agustus 2022), pendaftaran aplikasi visa Eropa (18 Agustus – 19 September 2022).

“Tujuan beasiswa ini meningkatkan kualitas dan kuantitas SDM dengan cara memberikan beasiswa kepada masyarakat dan mahasiswa di NTB. Selain beasiswa luar negeri, juga punya beasiswa (tujuan kampus) dalam negeri,” ujar Asmawati.    

Dijelaskannya, Beasiswa NTB juga dapat diakses oleh warga luar daerah yang telah berdomisili di wilayah Bumi Gora paling kurang dua tahun terakhir. Selain itu, juga dapat diakes oleh diaspora NTB yang dibuktikan surat domisili. Beberapa persyaratannya di antaranya ijazah dan transkrip nilai, sertifikat bahasa dengan skor (band minimal) untuk tujuan Malaysia; Muet prediksi (2.5), Toefl ITP (450), IETS (5.0), beasiswa guru SMK; Muet prediksi (2.0) Toefl ITP (400), sedangkan pelamar Beasiswa NTB tujuan kampus di Eropa; Toefl ITP (500), IELTS (6.0).

BACA JUGA:  ASKAB PSSI Bima Desain Liga 1 dan 2, ini Detail Planningnya

Selain itu, melampirkan riwayat hidup (curriculum vitae) dalam bahasa Inggris, menulis rencana belajar (study plan) dalam bahasa Inggris, dengan ketentuan maksimal 1.000 kata, surat motivasi (motivation letter) dalam bahasa Inggris, dengan ketentuan maksimal 1.000 kata, melampirkan surat keterangan sehat terbaru dari Puskesmas atau rumah sakit.

Suasana Sosialisasi Beasiswa NTB di Auditorium Sudirman STKIP Taman Siswa, Sabtu (12/3/2022).

“Kawan-kawan yang sudah mendapatkan gelar S2, tidak boleh mendaftar untuk jenjang pendidikan yang sama. Untuk beasiswa tujuan Malaysia, kampusnya di University Husen,” jelas Asmawati.

Asmawati juga menjelaskan tiga kategori Beasiswa NTB untuk tujuan luar negeri. Kategori A di antaranya; biaya pendidikan (tuition fee), tunjangan hidup (living allowance/ LA), tunjangan kebutuhan awal/ kedatangan (settlement allowance), kebutuhan permohonan visa (visa application fee), asuransi kesehatan (health insurance), serta biaya perjalanan pulang pergi (round trip).

Adapun kategori B, yaitu penerima beasiswa kategori ini hanya sebagian dari komponen yang dibiayai pada Kategori A. Sementara Kategori C, merupakan jenis beasiswa kursus singkat (short course), internship, dan program pengembangan diri, dengan pembiayaan sebagian (partial funded) dan pembiayaan penuh (fully funded).

Untuk mendukung calon pelamar, Pemprov NTB melalui Badan Bahasa juga memberikan bimbingan (kursus) gratis untuk mencapai syarat Toefl ITP maupun ILTS. “Rumah Bahasa yang akan memberikan dukungan untuk teman-teman mengikuti bimbingan secara gratis agar dapat memenuhi persyaratan melamar beasiswa,” ujar Asmawati.

Ketua panitia pelaksana sosialisasi Beasiswa NTB di kampus STKIP Tamsis Bima, Syarifuddin, M.App.Ling  menjelaskan, mahasiswa antusias mengikuti sosialisasi dari BRIDA NTB dan mitranya LPP NTB. Panitia menyediakan 100 kuota, namun yang mengisi google form yang disebarkan panitia, 160 mahasiswa.

“Sebenarnya ini adalah acara sosialisasi Beasiswa NTB yang kedua di kampus (STKIP) Tamsis. Sebelumnya dibarengi dengan Nobar (nonton bareng) Film 1000 Cendekia dan antusias peserta masih sama,” ujar alumnus Universiti Utara Malaysia ini.

BACA JUGA:  Gukanan Bekas Sampah, Mahasiswa STKIP Tamsis Sukses Poles Kampung ini jadi Indah

Kepala Kantor Urusan Internasional (KUI) STKIP Taman Siswa, Ramli M.Pd berkomitmen membantu mahasiswa –Kampus Merah— STKIP Tamsis mematangkan persiapan dalam melamar beasiswa. “KUI akan dengan senang hati memfasilitasi mahasiswa dalam menyiapkan dokumen-dokumen beasiswa seperti ITP TOEFL prediction, study plan, essai, dan lain-lain. KUI siap memberikan pelatihan-pelatihan jika dibutuhkan,” ujar Ramli.

Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Dr Ibnu Khaldun Sudirman M.Si  mengapresiasi rombongan LPPNTB dan BRIDA NTB yang telah memfasilitasi acara sosialisasi Beasiswa NTB di STKIP Tamsis Bima.

“Apresiasi dan ucapan terima kasih kepada tim LPPNTB dan BRIDA NTB yang telah datang berkunjung ke kampus kami. Mohon maaf belum bisa menyambut dan membersamai karena harus menghadiri acara di luar kota. Terima kasih juga kepada panitia yang telah bekerja dengan baik,” ungkapnya.

Dikatakannya, STKIP Tamsis memiliki banyak mahasiswa dan alumni berprestasi yang siap bersaing merebut tiket Beasiswa NTB tahun 2022.  “Semoga putra-putri terbaik daerah terus diberi kesempatan untuk melanjutkan studi hingga ke luar negeri. Harapan saya, adik-adik mahasiswa mampu memanfaatkan peluang ini sebaik-baiknya,” ujarnya.

Pra acara sosialisasi Beasiswa NTB di Auditorium Sudirman STKIP Tamsis  diisi dengan sesi berbagi (sharing session) oleh dosen STKIP Tamsis yang juga merupakan awardee Beasiswa NTB  angkatan pertama kampus Malaysia. Mereka yaitu Mila Septian M.Ed, Juryatina  M.Ed, dan Nurul Uyun M.Ed.

Sosialisasi Beasiswa NTB di Kabupaten Bima dilaksanakan oleh dua tim, yaitu Kabid SDM dan Iptek BRIDA NTB, Ahmad muslim S.pd  dan Kepala Devisi Bahasa dan PSDM LPP NTB, Mahuri M.T.Sol yang melaksanakan sosialisasi di Bappeda Litbang Kabupaten Bima di Jalan Gatot Soebroto Kota Bima. [B-11]