Huntap Kabupaten Bima Siap Diresmikan Presiden RI

Bima, Berita11.com— Hunian tetap (Huntap) korban banjir bandang Kabupaten Bima yang terletak di Desa Tambe, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima siap diresmikan oleh Presiden Joko Widodo pada Kamis (28/12/2022).

Selain memastikan unit Huntap siap diresmikan, pihak panitia kunjungan kerja Presiden Joko Widodo atau Satuan Tugas Pengaman orang sangat penting (VVIP) melaksanakan sterilisasi lokasi peresmian di rumah hunian tetap dan gladi resik pengamanan pada Rabu (28/12/2022) siang.

Bacaan Lainnya

Pada hari yang sama, seluruh organisasi perangkat daerah dan pimpinan kecamatan dibantu pemerintah desa di Kecamatan Bolo juga ikut menyiapkan penyambutan kunjungan Presiden Jokowi, dengan melaksanakan pembersihan area pasar rakyat Sila Kecamatan Bolo Kabupaten Bima.

Ketua RT 21 Perumahan Huntap Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Fatmah menyampaikan apresiasi atas rencana peresmian Huntap setempat oleh Presiden Joko Widodo.

BACA JUGA: Bule asal Perancis Tewas Tenggelam di Gili Terawangan

“Terima kasih atas rencana peremian oleh Bapak Presiden Jokowi. Kami masyarakat di sini sangat senang,” ujar Fatmah.

Dikatakannya, umumnya warga setempat sangat bahagia telah menerima unit Huntap, meskipun sebelumnya dirudung duka karena terdampak banjir bandang pada tahun 2021 lalu.

Gladi Resik Satgas Pam VVIP Kunker Presiden RI di Huntap Kabupaten Bima, Rabu (28/12/202).

Hal yang sama diungkapkan oleh Uswatun Hasanah, Ketua RT 20 Lingkungan Huntap Desa Tambe Kecamatan Bolo Kabupaten Bima. Menurutnya, pembangunan Huntap bagi korban banjir oleh pemerintah pusat melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sangat membantu masyarkaat.

Pantauan langsung Berita11.com, selain melaksanakan sterilisasi lokasi peresmian beberapa anggota Satgas Pam VVIP kunjugan Presiden Republik Indonesia di perumahan Huntap juga mengecek berbagai kesiapan lain, termasuk gladi resik dan latihan pengamanan situasi darurat.

Pada bagian lain Satgas Pam wilayah menggelar apel pasukan pengamanan VVIP di halaman kantor Pemerintah Kabupaten Bima di Jln Soekarno Hatta Dusun Godo Desa Dadibou Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Rabu (28/12/2022) pagi.

Komandan Satgas Pam VIIP, Brigjen TNI Sudarwo Aris Nurcahyo mengatakan, kunjungan kerja Presiden Republik Indonesia beserta rombongan ke Provinsi NTB di Kabupaten Bima Kota Bima dan Kabupaten Sumbawa dilaksanakan 28-29 Desember 2022. Kegiatan dalam rangka meresmikan Bendungan Beringin Sila dan hunian tetap serta meninjau beberapa pasar di Pulau Sumbawa.

BACA JUGA: Breakingnews: Warga Terseret Ombak di Kabupaten Bima belum Ditemukan

“Selama Presiden Republik Indonesia beserta rombongan berada di Provinsi NTB kita wajib memberikan pengamanan VVIP secara maksimal, karena tugas ini merupakan kehormatan dan kepercayaan yang kita harus junjung tinggi,” ujar Sudarwo saat memimpin apel gelar pasukan.

Danrem 162/ WB itu mengatakan, tugas Satgas tidak hanya menjaga keamanan dan keselamatan kepala Negara.

“Aman atau tidaknya pelaksanaan kunjungan tersebut akan berdampak luas, terutama terhadap organisasi dan citra NTB di tingkat nasional maupun di tingkat internasional,” ujarnya.

Dikatakannya, setiap pengamanan oleh Kodam IX/Udayana bersama-sama dengan Polda, pemerintah daerah dan unsur pendukung lainnya selalu bersinergi untuk mencapai tujuan dan sasaran pengamanan.

“Setiap pengamanan VVIP jangan dianggap sebagai kegiatan yang biasa dilaksanakan, namun jadikan sebagai hal yang baru sehingga memotivasi seluruh anggota melaksanakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab,” tandasnya. [B-11]

Pos terkait