Pasang 30 Meteran Gratis, Pemdes Nggembe juga Siapkan 4 Diesel 26 PK untuk Bantu Warga

Kepala Desa Nggembe, Yusuf Aziz (kanan) foto bersama di lokasi sumur pompa dalam di Desa Nggembe Kecamatan Bolo, Kabuapten Bima, Sabtu (14/10/2023).
Kepala Desa Nggembe, Yusuf Aziz (kanan) foto bersama di lokasi sumur pompa dalam di Desa Nggembe Kecamatan Bolo, Kabuapten Bima, Sabtu (14/10/2023).

Bima, Berita11.com— Pemerintah Desa (Pemdes) Nggembe, Kecamatan Bolo Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat terus berupaya mengoptimalisasi serapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) setempat untuk memberdayakan masyarakat setempat.

Pemdes Nggembe memberikan bantuan pemasangan meteran listrik secara gratis kepada warga tidak mampu secara merata di seluruh dusun di desa setempat.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Nggembe, Yusuf Aziz menyebut, bantuan meteran gratis untuk warga setempat bersumber dari APBDes murni dan masuk dalam kegiatan 20 persen.

“Masih ada pengembangan sebanyak lima unit, sehingga target tahun ini 35 warga yang hidup menengah ke bawah menikmati lampu listrik,” ujar Yusuf saat dihubungi melalui layanan media sosial whatshapp, Sabtu (14/10/2023).

BACA JUGA: Yayasan Seribu Cita Bangsa Perkuat 120 Kader Posyandu di NTB untuk Percepat Turunkan Stunting

Dikatakannya, dari 30 meteran listrik gratis yang akan dipasang di rumah warga tidak mampu tersebut, pada Sabtu (14/10/2023) baru 12 unit yang terpasang. Pemasangan puluhan meteran tersebut menggunakan pagu Rp20 jutayang bersumber dari APBDes Nggembe.

Yusuf juga bersyukur karena melalui dukungan anggaran yang bersumber dari APBDes setempat, warga tidak mampu dapat menikmatif aliran strum tanpa menumpang dari tetangga.

“Alhamdulillah, warga kurang mampu sudah dapat menikmati lampu listrik sendiri. Sekarang anak-anak bisa belajar pakai lampu yang terang,” ujarnya.

Yufus juga menginformasikan, beberapa hari mendatang pihaknya memasang empat mesin diesel 26 pacu kuda (horse power) untuk sumur pompa dalam yang akan mendukung kebutuhan air bagi masyarakat setempat. “Kira-kira nilainya Rp40 juta. Selain itu, ditambah satu unit dari BWS (Balai Wilayah Sungai),” ujarnya.

BACA JUGA: Komisi V DPR RI Ingin Pembangunan Bendungan Mujur Dimulai Tahun 2023

Upaya pemerintah desa melalui program Kepala Desa Nggembe, Yusuf Aziz tersebut mendapat respon positif dari masyarakat setempat. Mereka bersyukur memperoleh bantuan dipasangi meteran listrik secara gratis. Warga lainnya juga menyambut positif upaya kepala desa setempat menghadirkan mesin pompa dalam. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait