Kalahkan Australia 1-0, Timnas U-23 Indonesia Berpeluang Lolos ke Babak 8 Besar

Penampilan Tim U-23 Indonesia saat bertemu tim Australia pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). Foto PSSI.
Penampilan Tim U-23 Indonesia saat bertemu tim Australia pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024). Foto PSSI.

Jakarta, Berita11.com— Tim U-23 Indonesia memetik kemenangan atas Australia dengan skor tipis 1-0 pada pertandingan matchday kedua Grup A Piala Asia U-23 2024, di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (18/4/2024).

Gol tunggal Indonesia dicetak oleh Komang Teguh pada menit ke-45. Selain itu, pada laga ini kiper Ernando Ari menjadi pahlawan Indonesia karena berkali-kali menggagalkan sejumlah peluang emas Australia termasuk penalti dari mereka.

Bacaan Lainnya

Dalam laga kedua grup melawan Australia, Rizky Ridho Arhan dkk menang 1-0 lewat tandungkan Komang Teguh jelang babak pertama usai.

Saat pertandingan, Australia U23 melesatkan 21 tembakan ke gawang, 16 di antaranya dari dalam kotak penalti, di mana Ernando harus sigap melakukan empat penyelamatan.

BACA JUGA: Siap Hadapi Liga 3 NTB 2023, Lombok FC Gelar Pemusatan Latihan di Jawa Barat

Salah satu momen yang paling krusial terjadi saat kiper berusia 22 tahun tersebut menepis tendangan penalti Mohamed Toure di paruh pertama (25′).

“Kami meraih kemenangan penting hari ini melawan Australia. Kunci kemenangan adalah kerja keras semua pemain serta terimakasih atas doa dan dukungannya kepada kami,” ucap Ernando.

Kemenangan krusial seusai kekalahan kontroversial dari tuan rumah Qatar, Senin lalu, membangkitkan moral tim Merah Putih yang kini menempati peringkat dua grup dengan mengumpulkan tiga poin. Hasil tersebut membuka lagi peluang lolos ke babak 8 besar.

“Luar biasa. Para pemain benar-benar tunjukkan bagaimana Indonesia yang sesungguhnya. Saya apresiasi dan bangga atas permainan yang tak hanya mampu bangkit seusai kalah di laga pertama, namun mereka malah tampil penuh semangat. Itu yang kita semua mau. Yang Indonesia mau,” ujar Ketua Umum PSSI, Erick Thohir yang nobar bersama influencer dan para sponsor timnas di Jakarta, Kamis (18/4/2024) malam, sebagaimana dikutip di website resmi PSSI.

BACA JUGA: Putri Sopir Angkot Boyong 5 Medali Emas Cabor Menembak, RH Ganjar Hadiah dari Kocek Pribadi

Perjuangan para pemain Indonesia tidak mau kalah terlihat sepanjang pertandingan. Meski kalah tipis dalam penguasaan bola, ketenangan mental yang tinggi para pemain dan kesulitan dalam menahan serangan Australia membuat gawang Ernando Ari gagal ditembus.

Terutama saat Ernando menahan tendangan penalti striker Australia, Mohames Toure di menit ke-25.

“Saya berharap ini jadi modal besar untuk laga penentu melawan Jordania besok. Kerja keras akan menentukan hasil. Meski ada pertandingan lain yang ikut menentukan posisi akhir di grup. Tapi kita semua sepakat, termasuk pecinta timnas, sepanjang seluruh pemain fight hingga peluit akhir, maka kita selalu bangga dan dukung timnas,” kata Erick.

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait