Kepala OPD dan Kabag Lingkup Kabupaten Bima Dirombak, Sebagian tak dapat Jabatan Strategis

Puluhan Posisi Pejabat Eselon II dan III Lingkup Kabupaten Bima Dirombang melalui Mutasi dan Rotasi, Jumat (27/8/2021).

Bima, Berita11.com— Sebagian besar kepala organisasi perangkat daerah (OPD) level eselon II, kepala bagian dan camat lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bima dirombak melalui mutasi dan rotasi yang digelar di Sekretariat Daerah Kabupaten Bima, Jumat (27/8/2021) siang.

Bacaan Lainnya

Sejumlah pejabat yang dimutasi dan dirotasi ditetapkan dalam Surat Keputusan (SK) Bupati Bima, nomor : 821.2/125/07.2/2021.

Sejumlah pejabat yang dilantik yaitu Drs H Masykur MM yang semula Kabag Tatapem Setda Kabupaten Bima dilantik sebagai Kadis Perhubungan Kabupaten Bima, Suwandi ST MT dilantik sebagai Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Litbang, Jaidun S.Hut dilantik sebagai kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Selain itu, Drs Dahlan yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Pariwisat dilantik sebagai Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, sedangkan Iwan Setiawan SE yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Koperasi dan UMKM dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bima, Drs H Arifuddin dilantik sebagai Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Edi Tarunawan SH yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Bakesbangpol dilantik sebagai Sekretaris DPRD Kabupaten Bima, mantan Sekwan sebelumnya, Drs Ishaka dilantik sebagai Staf Ahli Bupati Bima.

Fahrurrahman SE M. Si yang sebelumnya menjabat Kepala Diskominfostik dilantik sebagai Kepala Dinas Kesehatan, Aris Munandar yang sebelumnya Kepala BPBD dilantik sebagai Kadis Pariwisata. Sementara itu, Ir Hj Nurma yang dilantik yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan dilantik sebagai Kadis Pertanian menggantikan posisi Ir Indra Jaya yang dilantik sebagai Asisten Administrasi Perekonomian dan Pembangunan Setda Kabupaten Bima. Jabatan yang ditinggalkan Hj Nurma kini dijabat oleh Ir Rendra Farid. Sementara Ir Syaifuddin yang sebelumnya menjabat Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) dilantik sebagai Kadis Peternakan, H Nasrullah S.Sos yang sebelumnya menjabat Kepala Disnakertrans dilantik sebagai Kepala Satuan Pol PP, Ishaka SH dilantik sebagai Kabag Sumber Daya Alam (SDA).

BACA JUGA: Imbalance Demand and Supply Bahan Pangan, BI NTB Ingatkan Faktor Penyumbang Inflasi

Suryadin M.Si yang sebelumnya menjabat Kabid Komunikasi Publik dan Desiminasi Informasi dilantik sebagai Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda Kabupaten Bima, pejabat sebelumnya, M Chandra Kusuma AP dilantik sebagai Sekretaris BPBD, Irfan Dj SH yang sebelumnya menjabat sebagai Camat Woha dilantik sebagai Kabag Administrasi Ekonomi Setda Kabupaten Bima, sedangkan sebelumnya, Hariman SE M.Si didegradasi menjadi Inspektur Pembantu Khusus Investigasi Inspektorat, Mardiana SH yang sebelumnya menjabat Camat Bolo dilantik sebagai Kabag Tata Pemerintah Setda Kabupaten Bima, Syaifullah S. Sos ME yang sebelumnya menjabat Kabid Ekonomi Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman dilantik sebagai Kabag Pengadaan Barang dan Jasa, Muhammad Amin S. Sos dilantik sebagai Kabag Kerja Sama Setda Kabupaten Bima.

Sejumlah pejabat lain yang dilantik Jubair S. Ag dilantik sebagai Kabag Kesra Setda Bima, M Akbar SP dilantik sebagai Camat Sape, Kamarudin S.Sos dilantik sebagai Sekretaris Dinas Kominfostik, Abdul Muis,S.Sos dilantik sebagai Camat Ambalawi, Rijal Muhlis SE dilantik sebagai Camat Belo, Syamsudin S. Sos dilantik sebagai Camat Langgudu, Hamzah, S Sos dilantik sebagai Camat Parado, Irfan S. Sos yang sebelumnya menjabat Kabid di Disnakertrans dilantik sebagai Camat Woha, Dra Hj Arabiah dilantik sebagai Camat Bolo, Drs M Sidik dilantik sebagai pelaksana tugas Sekcam Lambu, Hafid S. Sos dilantik sebagai pelaksana tugas Sekcam Lambitu.

BACA JUGA: IKRA Agendakan Halal Bihalal dan Munas 24-25 April

Dalam sambutan saat pelantikan, Bupati Bima Hj Indah Damayanti Putri mengatakan, Pemerintahan IDP-Dahlan dalam periode kedua mengawali kegiatan rotasi dan mutasi dengan terlebih dahulu melantik pada pimpinan OPD dan pejabat eselon III.

Ketua Partai Golkar Kabupaten Bima ini menyatakan, mutasi dan rotasi pejabat dalam rangka kebutuhan dan penyegaran di berbagai dinas serta instansi.

“Bapak-Ibu yang saya hormati dalam pemikiran sebagian pihak bahwa rotasi dan mutasi yang diperbolehkan oleh undang-undang bagi bupati wakil bupati terpilih. Jangan selalu dianggap sebagai ajang balas dendam, tapi dari sekian tahun Bapak-Ibu mengabdi tentunya harus ada evaluasi,” tandasnya.

Indah Dhamayanti juga mengingatkan pejabat yang dilantik segera bekerja dan membaur dengan segala jajaran serta bawahan. “Kepada para camat, saya mengingatkan agar Bapak- Ibu bersedia untuk tinggal di wilayah yang dipimpin oleh Bapak-Ibu sekalian,” katanya mengingatkan.

Mantan Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bima ini mengisyaratkan, dalam waktu tak lama lagi akan kembali menggelar mutasi dan rotasi, khususnya untuk mengisi jabatan yang lowong, hingga struktural di tingkat kecamatan.

“Bapak-Ibu sekalian harus jadi pejabat yang siap ditempatkan di manapun. Pejabat yang tangguh, yang mampu menyelesaikan segala persoalan terlebih dahulu, sebelum meminta bantuan atasan. Kemudian dalam setiap tahun kinerja Bapak Ibu akan ditinjau,” ujarnya.

Selain Bupati Bima, prosesi pelantikan juga dihadiri Wakil Bupati Bima H Dahlan M Nor,

Kasdim Bima, Mayor Inf Yudha Bakti, Kapolres Bima Kota AKBP Henry Novika Candra, Kapolres Bima AKBP Heru Sasongko, Sekda Kabupaten Bima H Taufik dan Ketua Pengadilan Negeri Bima, Haris Tewa. [B-12]

Pos terkait