Api Sambar Tiga Rumah Warga Bima, Satu Rata dengan Tanah

Bima, Berita11.com— Kebakaran kembali terjadi di wilayah Kabupaten Bima Provinsi Nusa Tenggara Barat. Api menyambar tiga rumah warga di RT 06 RW 04 Dusun Oi Ncinggi Desa Panda, Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima Bima, sekira pukul 10.30 Wita, Kamis (27/10/2022).

Tiga rumah warga yang disambar api merupakan milik Khairuduin (28 tahun). Kondisi rusak berat dan rata dengan tanah, sedangkan rumah permanen milik korban lain, Israil (32 tahun) mengalami kerusakan sedang. Api juga menyambar rumah permanen milik Idris (38 tahun) dan menyebabkan kerusakan ringan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA: Banjir Meluap di Pemukiman Warga dan Sawah di Bima, 653 Jiwa Terdampak

Peristiwa kebakaran diketahui warga sekira pukul 10.30 Wita yang melihat kobaran api dari rumah panggung milik Khairuddin. Ketika sejumlah warga mencoba memadamkan api menggunakan alat sederhana, kobaran api semakin membesar dan menyambar rumah permanen di belakangnya milik Israil dan juga menyambar atap rumah milik Idris.

Mobil tangki air milik Polres Bima tiba di lokasi dan berupaya memadamkan api. Sekira 20 menit kemudian, dua mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kabupaten Bima tiba di lokasi kebakaran dan langsung berupaya memadamkan api.

Api berhasil dipadamkan sekira pukul 11.40 Wita. Tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun nilai kerusakan rumah warga ditaksir mencapai ratusan juta rupiah.

BACA JUGA: Ummahat di Bima Passive Preventing Gerakan Ekstremisme Kekerasan

Kepala Seksi Hubungan Masyarakat Kepolisian Resor Bima, Iptu Adib Wiadayaka menjelaskan, Polres Bima mengerahkan personil gabungan untuk memadamkan api.

“Anggota Peleton 2 Dalmas, Regu 1 Unit Turjawali, Unit Rantis Satuan Samapta, Bagian Ops dan gabungan anggota Polres Bima lainnya yang yang dipimpin langsung oleh piket Pawas dikerahkan untuk ikut membantu padamkan api,” ujar Iptu Adib Wiadayaka.

Api berhasil dipadamkan oleh gabungan petugas. “Tidak ada korban jiwa. Hanya satu unit rumah batu dan satu unit rumah panggung yang terbakar,” ujarnya. Sejumlah warga Desa Panda Kecamatan Palibelo Kabupaten Bima menyampaikan apresiasi atas kesigapan Polres Bima merespon kebakaran yang terjadi di desa setempat, sehingga api dapat cepat dipadamkan dan tidak merembet lebih jauh membakar rumah warga lain. [B-12/B-22]

Pos terkait