Alumnus Orlando Florida dan Washington DC USA ini Isyaratkan akan tetap Mengabdi untuk Rakyat Lewat DPRD

Politisi Partai Nasdem, Andi Bachtiar.
Politisi Partai Nasdem, Andi Bachtiar.

Dompu, Berita11.com— Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Dompu, Andi Bachtiar tidak hanya dikenal sebagai legislator atau wakil rakyat dari daerah pemilihan Kecamatan Manggelewa, Kecamatan Kempo, dan Kecamatan Pekat. Lebih dari itu, kiprahnya pernah mendunia.

Politisi dari Partai Nasdem tersebut mengisyaratkan akan kembali berkiprah untuk rakyat melalui pemilihan umum (Pemilu) 2024, dengan mengikuti suksesi calon anggota DPRD Kabupaten Dompu.

Bacaan Lainnya

Ia mengisyaratkan belum tertarik mengikuti suksesi pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Dompu maupun mencalonkan diri sebagai legislator untuk Gedung Udayana Mataram atau sebagai anggota DPRD Provinsi Nusa Tenggara Barat.

“Untuk sementara saya belum berencana untujk maju atau masuk dalam bursa Pilkada (Kabupaten Dompu),” ujarnya kepada Berita11.com melalui layanan media sosial whatshapp, kemarin.

Sebelumnya, Andi Bachtiar dilantik sebagai Ketua DPRD Kabupaten Dompu pada Senin, 30 September 2019 silam, setelah terpilih sebagai anggota DPRD Dompu periode 2019 – 2024.

Wakil Ketua DPD Partai Nasdem Kabupaten Dompu Bidang Politik dan Pemerintahan yang juga Sekretaris Fraksi Partai Nasdesm DPRD Kabupaten Dompu tersebut meraih suara yang tinggi, 2.405 suara. Dia adalah satu dari empat calon anggota DPRD Kabupaten Dompu dari Partai Nasdem yang terpilih sebagai legislator periode 2019-2024.

BACA JUGA:  Hasilkan hingga Rp8 Juta per Malam dari Menjual Sosis dan Salome Goreng

“Untuk hari ini saya masih akan melanjutkan perjuangan untuk terpilih kembali sebagai wakil rakyat di Kabupaten Dompu,” ujar suami dari Ipannurrahman dan ayah 4 orang itu kepada Berita11.com.  

Sebelum terpilih sebagai anggota DPRD Kabupaten Dompu periode 2019-2024 dan diamanahi sebagai ketua DPRD setempat, Andi Bachtiar juga duduk di kursi DPRD Kabupaten Dompu periode 2014 – 2019 dari Partai Nasdem.

Dia maju melalui daerah pemilihan saat sama seperti ketika Pemilu 2019, yaitu Dapil 3 yang  Kecamatan Manggelewa, Kecamatan Kempo, dan Kecamatan Pekat Kabupaten Dompu. Pada periode itu, dia dipercaya oleh rekan-rekannya sesama legislator sebagai Ketua Komisi I DPRD Kabupaten Dompu yang membidangi hukum dan aparatur pemerintahan.

Selepas menyelesaikan kuliah, selama 2 Juli hingga 23 September 2003 silam, Andi Bachtiar lolos dan mengikuti program magang dan pertukaran Budaya Indonesia dan America di Orlando Florida Amerika Serikat.

Dari pengalaman itu, dia diterima sebagai staf (server) pada ARK Company di Union Station Washington DC – USA sejak September 2003 hingga Juli 2006. Dia juga pernah menjadi staf (server)  Mchormick & Smhick Company di Metro Station Washington DC Amerika Serikat pada tahun 2006 – 2008.

Selama di Amerika Serikat, Andi Bachtiar pernah menjadi bintang tamu stasiun televisi Voice of America (VOA) di Washington DC – USA, saat  event World Cup Talk Show tahun 2006 yang disiarkan secara langsung melalui televisi nasional Indonesia.

BACA JUGA:  Kisah Buruh Pelabuhan Bima yang Sukses Raih Predikat Cumlaude, Pernah jadi Pemain Liga III di Jawa

Andi Bachtiar juga pernah mendapat sertifikat penghargaan dari Duta Besar RI untuk Amerika Serikat atas partisipasinya sebagai peserta dalam kegiatan National Cherry Blosson Festivities tahun 2006 di Washington DC – USA.

Saat duduk di kursi sekolah sebagai pelajar, dia tercatat  pernah menjadi Ketua OSIS SMAN 1 Kempo Kabupaten Dompu pada tahun 1992. Kiprahnya dalam organisasi kemudian berlanjut saat bangku kuliah dengan menjadi Ketua Umum Senat Mahasiswa Akademi Pariwisata Mataram pada tahun 1999.

Selain itu, Andi Bactiar tercatat pernah menjadi Sekretaris Umum Himpunan Pelajar dan Mahasiswa Dompu (HPMD) Mataram pada tahun 1999. Tidak hanya di tingkat provinsi dan sekolah, dia juga pernah berkiprah dalam organisasi tingkat desa dengan menjadi Ketua BPD Desa Kempo tahun 2001 dan Ketua BPD Desa Ta’a Kabupaten Dompu pada tahun 2012.

Dalam perjalanan hidupnya, pria kelahiran Mataram, 18 Maret 1976 itu juga pernah mendirikan lembaga kursus dan pelatihan Bahasa Inggris Tamaras pada tahun 2011. Selain itu, mendirikan Yayasan Pendidikan Islam Ibnu Abbas Kempo pada tahun 2011, Yayasan Nisa Permata Dompu serta Lembaga Pengembangan Potensi Pariwisata Dompu pada tahun 2001 silam.

Legislator yang berdomisili di Dusun Permata Hijau Desa Taa Kecamatan Kempo Kabupaten Dompu itu merupakan pria asli Kempo Kabupaten Dompu,  putra Pasutri Andi Jufri dan Hj Maniara. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait