Sering Nyeri Lutut dan Sendi? Ini Tips Dokter Zaidul Akbar

dr Zaidul Akbar.

Berita11.com— Nyeri lutut dan sendi merupakan keluhan umum pada wanita dan pria, terutama usia di atas 30 tahun. Namun keluhan tersebut bisa diatasi dengan cara  yang tepat.

Praktisi pengobatan sunah Indonesia, sekaligus penggagas Juru Sehat Rasulullah (JSR), dokter Zaidul Akbar mengatakan, orang tua dan yang mengalami kelebihan bobot badan seringkali merasakan nyeri sendi dan lutut.

“Tahukah kita, setiap 0,5kg berat tubuh berkurang maka berkurang juga 2kg tekanan di dengkul tersebut dan berkurang juga 3kg tekanan di panggul,” tulisnya melalui Instagram Zaidulakbar, Jumat (8/10/2021).

Dikatakannya, saat gesekan tekanan pada lutut dan sendi berkurang, maka nyeri (peradangan) akan berkurang. Apalagi jika mendapatkan asupan nutrisi yang sesuai untuk tulang dan sendi seperti kolagen yang bisa didapat dari bahan rumput laut, sarang wallet, kalium dalam kurma, glukosamin dari gamat, lemak sehat dari zaitun, alpukat, minyak kelapa (virgin coconut oil/ VCO).

BACA JUGA:  Penumpang Kapal di Poto Tano Jalani Swab Antigen, Begini Hasilnya

Kondisi lebih baik juga semakin didapat oleh tulang dan sendi jika mendapatkan anti radang lain seperti kunyit yang dipadukan dengan jahe dan sereh.

“Akan jd paduan yang serasi untuk memperbaiki masalah sendi tsb, dan tambah lagi dng berjemur, ditambah terapi yang lain yang sesuai seperti pijat dan latihan gerak, langkah awal ya kurangi berat badan dulu yaa,” tulis dokter sekaligus pendakwah Islam ini.

Sejumlah upaya terapi tersebut tidak hanya bermanfaat untuk tulang, namun agar sendi lega (rileks). Selain itu oksidasi di tubuh juga berkurang. (US)