Enam Tools Penting untuk Marketer Meningkatkan Traffic Website dan Engagement Medsos

Ilustrasi Digital Marketing.

Berita11.com— Meningkatkan traffic website dan engagement media sosial (Medsos) bisa dilakukan dengan menyediakan konten yang tepat, salah satunya mengikuti konten yang sedang tren. Untuk mengetahui konten yang sedang tren, Anda bisa memanfaat berbagai tools yang bisa dimanfaatkan untuk mengetahui berbagai macam trending topic.

Seiring perkembangan zaman, banyak orang berlomba-lomba menciptakan konten dengan mengikuti trend yang sedang terjadi. Itu karena dengan tren, Anda bisa meningkatkan traffic website serta engagement di media sosial.

Apa saja enam trending topics tools yang berguna itu? Berikut yang dirangkum Berita11.com untuk Anda.

  1. Google Trends

Google Trends adalah salah satu tools yang dikembangkan Google dan sudah familiar bagi sebagian pihak terutama marketer atau konten creator. Keuntungan menggunakan tools ini, di antaranya dapat mencari apa saja yang sedang trending di suatu wilayah negara, bahkan hingga level provinsi dan suatu kota.

Google Trends. SC by Tim Berita11.com.

Cara penggunaannya pun sangat mudah. Anda tinggal pilih negara, kategori, atau provinsi dan mencari apa saja yang sedang trending belakangan ini di negara tersebut.

Melalui Google Trends, Anda juga dapat mencari keyword yang sering dipakai serta membandingkan performa antar-keyword. Anda tak perlu khawatir soal harga, karena Google Trends dapat digunakan secara gratis tanpa mengeluarkan biaya.

BACA JUGA:  Perbedaan Alat Sadap BAIS TNI dengan Milik KPK

2. BuzzFeed

BuzzFeed

Mungkin Anda salah satu yang pernah menggunakan tools ini.  Sebagaimana dilansir Element Three, BuzzFeed menyediakan banyak berita dan hiburan sosial yang sedang trending. Tampilannya bisa dibilang sangat unik dan sederhana sehingga mudah untuk digunakan. Selain itu, tools ini cenderung menyajikan apa yang sedang trending dalam budaya populer. Berbeda dengan Google Trends, BuzzFeed tidak menyediakan pilihan negara.

 3. BuzzSumo

Menggunakan BuzzSumo Anda dapat menemukan apa saja yang sedang trending di berbagai platform Medsos seperti Twitter, Facebook, Pinterest, dan Reddit. Untuk cara penggunaan tools ini hampir mirip dengan Google Trends. Anda tinggal memasukkan keyword apa yang sedang dicari.

BuzzSumo

Salah satu keunggulan dari tools ini, Anda bisa melihat jumlah engagement dari satu konten setiap platform. Hal itu tentu memudahkan dalam mendistribusikan konten.  Namun perlu diingat bahwa trending topics tools merupakan tools berbayar.

4. Quora

Quora

Tools Quora merupakan situs di mana Anda akan menemukan jawaban atas pertanyaan Anda. Setiap pertanyaan yang Anda berikan akan dijawab langsung oleh ahlinya di bidang masing-masing. Dengan menggunakan trending topics tools ini, Anda juga bisa mengetahui topik pembicaraan yang sedang diminati oleh banyak orang, sehingga bisa menjadi salahsatu alternative untuk mengemas tren sebuah konten.

BACA JUGA:  Iklan Video Naik 65%, Didorong Konsumsi Seluler yang Meningkat Selama Pandemi

5. Sprout Social

Sprout Social

Menggunakan tools Sprout Social, Anda dapat menemukan topik yang sedang trending di berbagai platform media sosial seperti Facebook dan Twitter.Selain itu, trending topics tools ini juga dapat membantu Anda dalam mengelola kampanye media sosial. Tampilan tools ini pun sangat sederhana sehingga mudah digunakan oleh pemula.

6. Exploding Topics

Exploding Topics adalah salahsatu yang memungkinkan Anda mencari tahu topik apa yang sedang dibicarakan. Sama seperti tools lainnya, Exploding Topics juga memiliki tampilan yang sangat sederhana, karena dengan menggunakan tools ini Anda juga bisa mengetahui traffic pencarian satu konten per bulannya.

Tools Exploding Topics

Nah, tentu sebagai marketer ataupun pebisnis, penting untuk mengikuti tren yang sedang terjadi sebagai bahan konten atau promosi Anda, sehingga enam tools di atas bisa menjadi alternatif Anda dalam mengetahui trending topic, sehingga bisa menciptakan konten yang tepat dan mengoptimalisasi kegiatan marketing, salahsatunya traffic website dan engagement media sosial. (*)