Inggris dan Nusa Tenggara Barat Cetus Kerja sama Bidang Lingkungan

Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Sitti Rohmi didampingi sejumlah pejabat foto bersama dengan Wakil Dubes Inggris untuk Indonesia, Matthew Charles Downing di Mataram, Rabu (8/2/2023).
Gubernur NTB, Zulkieflimansyah dan Wagub NTB, Sitti Rohmi didampingi sejumlah pejabat foto bersama dengan Wakil Dubes Inggris untuk Indonesia, Matthew Charles Downing di Mataram, Rabu (8/2/2023).

Mataram, Berita11.com— Pemerintah Inggris dan Nusa Tenggara Barat mencetus kerja sama bidang lingkungan.  Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia, Matthew Charles Downing bersama Gubernur NTB Zulkieflimansyah dan Wakil Gubernur NTB Sitti Rohmi Djalilah membahas kerja sama itu di ruang kerja Gubernur NTB di Mataram, Rabu (8/2/2023).

Wagub NTB Sitti Rohmi optimistis  kerja sama yang akan dibangun Pemerintah Inggris dengan Pemprov NTB. Karena menurutnya, NTB merupakan daerah terdepan di Indonesia yang konsen terhadap isu lingkungan.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA:  Amankan Barang Bukti Illegal Logging di Hutan Parado, Personel KPH malah Dianiaya, Senpi Dirampas

Pemprov NTB memiliki sejumlah program di antaanya berkaitan fokus pada misi energi terbarukan, terutama nol emisi karbon, NTB Zero Waste, dan NTB Hijau.

“Kerja sama dengan Inggris ini baru kita mulai. Kita sangat optimis ke depannya karena NTB alhamdulillah termasuk terdepan di Indonesia untuk masalah lingkungan ini,”  kata Rohmi.

Menurut dia, tidak menutup kemungkinan kerja sama Pemprov NTB dengan Pemerintah Inggris yang akan dijalin juga meluas untuk bidang lain seperti bidang pariwisata, kesehatan, ataupun pendidikan. Seperti kerja sama dengan University of Nottingham.

“Berkembang kerja sama ini step by step,”  kata Rohmi.

Sementara itu, Wakil Duta Besar Inggris untuk Indonesia,  Matthew Charles Downing mengaku terkesan dan bangga atas berbagai perjuangan Provinsi Nusa Tenggara Barat terhadap isu lingkungan. Terutama dalam memperjuangkan zero net emission atau nol emisi karbon.

BACA JUGA:  Utang Menumpuk, Cermin Buruknya Manajemen Keuangan Pemprov NTB

“Kami sangat bangga melihat langkah-langkah yang diambil oleh pemerintah Indonesia terutama juga di NTB dalam rencananya untuk menurunkan emisinya,” kata Matthew.

Diketahui Pemerintah Provinsi NTB dan Pemerintah Inggris sedang menjajal kerja sama berbagai bidang, terutama dalam berkaitan isu lingkungan.

Wakil Gubernur NTB dalam waktu tak lama lagi juga diundang oleh Universitas Nottingham  membahas berbagai kemungkinan kerja sama yang dapat terjalin. [B-19]

Pos terkait