Australia Memberikan 500 Ribu Dosis Vaksin Penyakit LSD untuk Indonesia

Serah terima 500 Ribu dosis vaksin Penyakit LSD untuk Indonesia di kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta.
Serah terima 500 Ribu dosis vaksin Penyakit LSD untuk Indonesia di kantor Kedutaan Besar Australia di Jakarta.

Jakarta, Berita11.com— Pemerintah Australia telah menyerahkan 500.000 dosis vaksin penyakit lumpy skin disease (LSD) untuk Indonesia sebagai bagian dari kerja sama dalam melawan penyebaran penyakit hewan eksotis.

Penyerahan vaksin ini merupakan bagian dari satu juta dosis yang diberikan oleh Departemen Pertanian, Perikanan, dan Perhutanan Australia untuk membantu Indonesia dalam menangani penyakit LSD.

Bacaan Lainnya

Vaksin tersebut diberikan secara resmi kepada Kementerian Pertanian Indonesia di Jakarta dalam sebuah acara serah terima pada 17 Mei 2023 di Kedutaan Besar Australia. Penyerahan diterima oleh Dr Nuryani Zainuddin, Direktur Kesehatan Hewan di Kementerian Pertanian Indonesia dari Konselor Pertanian Australia, Dane Roberts.

BACA JUGA: Menteri Industri dan Iptek Australia Ed Husic Kunjungi Masjid Istiqlal

Vaksin-vaksin baru tersebut melengkapi 435.000 vaksin penyakit LSD yang telah diserahkan oleh Australia ke Indonesia pada Maret 2022 lalu melalui Kemitraan Ketahanan Kesehatan Australia-Indonesia yang didanai oleh Departemen Luar Negeri dan Perdagangan Australia.

Penjabat Kepala Dokter Hewan Australia Dr Beth Cookson mengatakan bahwa penyakit LSD dan penyakit mulut dan kuku (PMK) memberikan tantangan keamanan hayati yang signifikan di kawasan ini.

“Australia telah memberikan dukungan kepada tetangga dan mitra perdagangan terdekat, seperti Indonesia, sehingga mereka dapat menghambat penyebaran penyakit-penyakit ini,” ujar Dr. Cookson.

Upaya yang dilakukan di Indonesia saat ini sangatlah penting untuk mengurangi dampak penyakit di seluruh wilayah. Penyediaan vaksin-vaksin ini tidak hanya membantu Indonesia dalam menangani wabah, tetapi juga membantu dalam mengurangi risiko penyebaran penyakit LSD.

BACA JUGA: Konjen Griffin Serahkan Bantuan 400 Ribu Dosis Vaksin Rabies dari Australia kepada Indonesia

“Kami memiliki hubungan kerja yang sangat erat dengan Indonesia dalam menyediakan dukungan upaya pengendalian penyakit hewan darurat dan kami akan terus melanjutkan keterlibatan kami dalam memberikan dukungan teknis dan berbagai program lainnya yang dijadwalkan tahun ini,” kata Dr. Cookson.

Dengan penyakit LSD terdeteksi di 15 provinsi Indonesia, Dr Nuryani mengatakan bahwa kemitraan di seluruh tingkat antara pemerintah Indonesia dan Australia sangatlah penting untuk terus berkolaborasi dalam melawan penyakit ini.

“Saya ingin menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada pemerintah Australia atas dukungan vaksin dalam membantu kami saat melawan penyakit LSD ini. Melalui upaya yang dilakukan bersama-sama ini, kita dapat membuka jalan bagi industri peternakan yang tangguh dan sejahtera, sehingga memastikan ketahanan pangan dan kemakmuran bagi bangsa kita,” tutup Dr Nuryani. [B-19]

Pos terkait