Sukses Gelar Konferkot, ini Struktur Baru EK LMND Kabupaten Bima

Foto Bersama Pengurus Periode 2023-2025 EK LMND Kabupaten Bima
Foto Bersama Pengurus Periode 2023-2025 EK LMND Kabupaten Bima

Bima, Berita11.com— Konferensi Kota (Konferkot) Eksekutif Kota Liga Mahasiswa Nasional untuk Demokrasi (EK LMND) Kabupaten Bima sukses digelar di Auditorium Sudirman kampus STKIP Taman Siswa, Minggu (26/2/2023). Konferkot menghasilkan sejumlah pengurus baru.

Sejumlah hal mengemuka dalam konferensi, di antaranya pentingnya persatuan nasional seluruh elemen bangsa, berkontribusi menentukan arah perkrembangan masa depan bangsa Indonesia.

Bacaan Lainnya

Selain itu, mahasiswa diharapkan terus memperkaya gagasan (ide) maju untuk melawan hegemoni oligarki dan kapitalisme. Konferkot tahun 2023 EK LMND Kabupaten Bima mengusung tema “Membesar, Meluas, Menjadi Organisasi Modern dan Hari-Hari Esok adalah Milik Kita.”

Ketua Eksekutif Wilayah LMND NTB, Rohman Rofiki, dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kolaborasi multisektor menghadapi ketidakpastian global saat ini.

Dia mengingatkan pentingnya persatuan nasional seluruh elemen bangsa untuk berkontribusi dalam menentukan arah perkembangan masa depan bangsa Indonesia.

“Peran gerakan mahasiswa dalam sejarah perkembangan dan kemajuan bangsa Indonesia sangat besar dan strategis. Oleh sebab itu, gerakan perjuangan mahasiswa saat ini tidak boleh dikendalikan demi kepentingan kelompok tertentu,” ujarnya.

Diingatkannya, kaum muda dan mahasiswa harus berjuang demi kepentingan rakyat, tidak boleh semangat perjuangan mewakili kepentingan pribadi atau kelompok tertentu.

BACA JUGA: Pemungutan Suara Semakin dekat, Forkopimda di Bima Gelar Rakor

Selain itu, dia juga mengingatkan bahwa kader LMND dan para mahasiswa adalah kaum terdidik dan terorganisir, sehingga harus mengedepankan gagasan (ide).

Menurutnya, mahasiswa harus mampu mengisi kekosongan ide atau gagasan dari elit politik saat ini, sehingga konsepsi tersebut dapat dijadikan sebagai referensi untuk merumuskan solusi atas masalah yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan jawaban untuk tantangan masa mendatang.

“Mahasiswa harus lahir dan tumbuh dengan ide (gagasan). Ia harus tampil sebagai garda terdepan dalam mengarahkan perdebatan publik yang lebih substantif atas persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia saat ini dan jawaban untuk tantangan masa depan,” ujar Rohman Rofiki.

Mahasiswa Diharapkan jadi Leader Wujudkan Politik Gagasan saat Pemilu 2024

Pada kesempatan ini, Rohman Rofiki juga mengapresiasi gagasan-gagasan besar yang dicetus oleh Eksekutif Nasional LMND, seperti sekolah organisasi yang bertahap dan berjenjang.

“Tercetusnya Akademi LMND, fokus terhadap blue print pendidikan yang memanusiakan manusia, mendorong pembangunan PTN serta subsidi pendidikan dan tempat tinggal mahasiswa sebagai jawaban atas kondisi hari ini,” kata dia.

Menanggapi momentum tahun politik 2024, Rohman Rofiki berharap mahasiswa dapat menjadi pemimpin (leader) dalam mengarahkan percakapan publik dengan gagasan.

Foto bersama peserta Konferensi Kota EK LMND Kabupaten Bima di Auditorium Sudirman kampus STKIP Taman Siswa Bima, Minggu (26/2/2023).

“Pertarungan politik harus dikedepankan, politik gagasan untuk menjawab persoalan bangsa sekaligus untuk mengarahkan visi besar Indonesia masa depan,” tutupnya.

Kawan lama LMND, Arif Kurniawan S.Sos mengatakan, saat ini nilai-nilai luhur Pancasila tidak dipraktikkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, karena nilai Pancasila sudah dikalahkan oleh watak pemangku jabatan yang hanya mementingkan kepentingan kelompok dan golongan (oligarki).

BACA JUGA: HBK Bangun Fasilitas Internet Gratis untuk Warga Pulau Lombok di 50 Titik

“Maka LMND harus terus mengaungkan persatuan nasional dan menggalang perjuangan persatuan untuk memenangkan kembali nilai Pancasila yang telah lama luntur,” katanya saat membuka Konferkot EK LMND Kabupaten Bima.

Pria yang akrab disapa Arif Bonar ini mengingatkan, mahasiswa memiliki andil dalam sejarah memerdekakan bangsa Indonesia dari penjajahan colonial. Untuk itu, mahasiswa harus terus memperkaya gagasan maju dalam melawan hegemoni oligarki dan kapitalisme saat ini.

“Di tengah ketimpangan ekonomi, politik dan sosial-budaya kita juga harus bisa menegakan kembali Trisakti dengan berdaulat secara politik, mandiri secara ekonomi dan kepribadian secara budaya agar rakyat Indonesia bisa merasakan keadilan dan kemakmuran,” ujarnya.

Konferkot menghasilkan pengurus periode 2023-2025 EK LMND Kabupaten Bima, yaitu:

Ketua : Dipantara Fikryl

Sekretaris : Kusmadin

Bendahara : Meri Mariani

Departemen Kajian dan Bacaan:

Farhan PM

Departemen Pemberdayaan Perempuan:

Nursani

Departemen Pengembangan dan Kaderisasi:

Andi Setiawan

Departemen Agitasi dan Propaganda:

Arif Rahman

Departemen Minat dan Bakat:

Adi Sofiadin

Departemen Kesenian dan Kebudayaan:

Taufik Hidayat

Departemen Kewirausahaan:

Dila Listiana

Konferkot tahun 2023 EK LMND Kabupaten Bima dihadiri sejumlah kawan lama LMND, Ketua EW LMND NTB, sejumlah kader LMND, OKP dan organisasi kemahasiswa di Kabupaten Bima. [B-19]

Pos terkait