Wali Kota Bima Berharap Setiap Kelurahan Terbentuk Lembaga Adat

Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi. Foto Ist.
Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi. Foto Ist.

Kota Bima, Berita11.com—   Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi berharap setiap kelurahan memiliki lembaga adat, tim siaga bencana dan Badan Usaha Milik Kelurahan (BUMKEL), sehingga mendorong kinerja setiap kelurahan.

“Ini menjadi instrumen penting, dengan adanya lembaga adat, persoalan di tengah-tengah masyarakat tidak serta merta berlanjut ke proses hukum, tapi hanya diselesaikan oleh lembaga adat dan RT/RW setempat, sehingga menjadi peraturan yang ada di tingkat kelurahan,” kata Lutfi saat pelantikan ketua RT dan RW Kelurahan Lewirato periode 2023-2026 di Aula SMKN 3 Kota Bima, Kamis (19/1/2023).

Berkaitan Ketua RT dan RW yang dilantik, H Lutfi menyampaikan, pemilihan Ketua RW dan RT  sudah diatur dalam  Peraturan wali Kota (Perwali) Bima. Masa tugas perangkat kelurahan tersebut dalam regulasi itu diperpanjang dari tiga tahun menjadi lima tahun.

Wali Kota juga menyampaikan apresiasi kepada sejumlah ketua RW dan RT  yang  telah mengabdi dengan baik untuk masyarakat selama ini. Dirinya jug a berpesan perangkat RT/ RW yang baru dilantik agar bekerja dengan baik melayani masyarakat hingga lima tahun mendatang.

BACA JUGA:  H Lutfi: Tahun 2023 Kota Bima Tuan Rumah Anugerah KDI

“Untuk RT/RW terpilih, bekerjalah dengan baik dan dapat mengabdikan diri melayani masyarakat selama lima tahun ke depan,”  pesan H Lutfi.

Lurah Lewirato, A Munir Hariaddin menjelaskan, ketua RT dan RW yang dilantik merupakan perangkat yang dipilih oleh masyarakat secara demokratis pada Desember 2022 lalu, setelah masa tugas perangkat sebelumnya berakhir pada November 2022.

“Jumlah RW di Kelurahan Lewirato sebanyak empat, kemudian RT sebanyak 10 dan kami telah melalui proses pemilihan secara demokrasi di TPS yang disediakan oleh panitia,” katanya.

Menurut dia, peran RT/ RW, dan Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) signifikan memajukan pembangunan dan mensejahterakan masyarakat, karena sebagai lurah pihaknya tidak dapat bekerja sendiri tanpa bantuan dari sejumlah perangkat tersebut, termasuk Karang Taruna dan masyarakat.

“Harapan besarnya, kita semua bisa bekerja sama dengan baik, saling mengingatkan, berkontribusi dengan baik, sehingga dapat membawa Lewirato ke arah perubahan, maju dan sejahtera,” katanya.

BACA JUGA:  Wali Kota Bima Serahkan Bantuan Benih Padi kepada Petani

A Munir secara khusus menyampaikan apresiasi kepada Wali Kota Bima yang menghadiri pelantikan perangkat RT dan RW di kelurahan setempat.

“Jujur Pak Wali, hari ini adalah hari sejarah bagi saya pribadi, karena ini adalah kali pertama saya berbicara di depan Pak Wali. Ada rasa campur haru, bangga, dan ini menjadi spirit semangat bagi saya membawa Lewirato jauh lebih baik ke depan,”  ujar Munir.

Saat menghadiri pelantikan ketua RT dan RW di Kelurahan Lewirato Kecamatan Mpunda, Wali Kota Bima, H Muhammad Lutfi didampingi  Asisten I Setda Kota Bima, Kabag Pemerintahan Setda Kota Bima, Kabag Prokopim Kota Bima, Camat beserta Sekcam Mpunda, dan Lurah Lewirato. Kegiatan juga dihadiri Kepala BNNK Cabang Bima, Kepala SMKN 3 Kota Bima, Babinsa, Bhabinkamtibmas, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dsn tokoh wanita kelurahan setempat.

Pelantikan dirangkai sosialisasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika (P4GN) dan Prekursor Narkotika oleh BNNK Cabang Bima. [B-19]