BPJS Keliling Hadirkan Layanan Prima Bagi Warga di Desa Keli

Warga Desa Keli Kecamatan Woha Kabupaten Bima menunjukan KTP saat mengakses BPJS Kesehatan Keliling di desa setempat, Senin (18/12/2023) lalu. Tanpa perlu repot membawa fotocopy dokumen kependudukan, peserta JKN cukup menunjukan Kartu Tanda Penduduk atau NIK.
Warga Desa Keli Kecamatan Woha Kabupaten Bima menunjukan KTP saat mengakses BPJS Kesehatan Keliling di desa setempat, Senin (18/12/2023) lalu. Tanpa perlu repot membawa fotocopy dokumen kependudukan, peserta JKN cukup menunjukan Kartu Tanda Penduduk atau NIK.

Bima, Berita11.com— Sebagai langkah memberi kemudahan peserta dalam mendapatkan pelayanan dan informasi seputar Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan Cabang Bima kembali menghadirkan layanan layanan BPJS Keliling. Kali ini layanan jemput bola tersebut dihadirkan di Desa Keli Kecamatan Woha, Kabupaten Bima.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati mengatakan, dengan adanya layanan BPJS Keliling di Desa Keli ini, warga tidak lagi perlu lagi harus ke kantor BPJS Kesehatan.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, selama ini kendala akses layanan infromasi dan layanan administrasi yang sering menjadi hambatan utama karena jarak yang tidak dekat dengan kantor BPJS Kesehatan. Kini masyarakat dapat memanfaatkan layanan informasi dan administrasi yang dekat dengan tempat tinggal mereka untuk mengurus keperluan administrasi JKN dengan mudah dan cepat.

“Selain peningkatan mutu layanan kesehatan di akhir tahun 2023 ini, BPJS Kesehatan juga fokus pelayanan administrasi kepesertaan, sehingga untuk kegiatan BPJS Keliling akan rutin diadakan di tiap wilayah tertentu yang memang jangkauannya cukup jauh dari Kantor BPJS Kesehatan.” Ujar Dhena, Senin (18/12/2023) lalu.

BACA JUGA: Meriahkan HUT Ke-55, Dewan Pengawas dan Direksi BPJS Kesehatan Layani Masyakat di Tapal Batas Negeri

Dhena menjelaskan, tujuannya BPJS Keliling agar seluruh masyarakat yang aksesnya jauh dapat merasakan layanan JKN yang mudah, cepat dan setara.

Dhena juga mengucapkan terima kasih kepada masyarakat atas dukungan dan antusiasme terhadap kegiatan BPJS Keliling. Pihaknya berharap layanan informasi dan administrasi JKN yang mudah diakses dan berkualitas akan terus ditingkatkan untuk memenuhi kebutuhan peserta JKN.

“Sejatinya peserta adalah pemilik dari program JKN, sehingga mereka berhak untuk mendapatkan pelayanan yang terbaik. BPJS Kesehatan berkewajiban untuk memastikan kebutuhan setiap peserta terpenuhi. Maka dari itu kami akan rutin dalam mengadakan kegiatan BPJS Keliling ini setidaknya akan dilaksanakan setiap hari di masing-masing wilayah secara bergilir,” jelas Dhena.

Salah seorang warga setempat, Muhtar yang merupakan salah satu peserta JKN dari segmen Penerima Bantuan Iuran dari Pemerinta Daerah (PBI APBD), menyambut positif atas kehadiran BPJS Keliling di desanya.

Muhtar mengatakan, saat ini masyarakat yang mau mengurus administrasi BPJS Kesehatan sudah tidak kesulitan karena sekarang petugas sendiri yang mendatangi masyarakat.

“Selain kemudahan akses dan penghematan waktu, kegiatan BPJS Keliling juga memberikan pelayanan yang mudah dan cepat. Petugas yang terlatih dengan baik siap membantu masyarakat dalam proses administrasi dan menjawab pertanyaan seputar JKN. Hal ini membuat warga merasa lebih nyaman dan terlayani dengan baik,” kata Muhtar.

Warga sekitar yang juga ikut merasakan manfaat layanan serupa, Rosid mengungkapkan jika layanan BPJS Keliling sanggat membantu masyarakat dalam mengurus atau mencari informasi terkait program JKN. Kegiatan BPJS Keliling sangat membantu orang-orang yang memiliki keterbatasan waktu seperti dirinya.

BACA JUGA: Dorong Literasi Anak, Tim PKM STKIP Tamsis Dampingi Siswa Disleksia

“Sebelumnya saya harus meluangkan waktu sehari untuk ke kantor BPJS Kesehatan karena jaraknya yang jauh dan antrean yang panjang. Berhubung aparat desa memberikan informasi kepada masyarakat kalau ada layanan BPJS Keliling di kantor desa yang kebetulan dekat rumah, saya langsung datang untuk segera mengurus JKN keluarga saya,” ujarnya.

Selain layanan administrasi, peserta yang mengunjungi BPJS Keliling juga mendapatkan informasi dan edukasi terkait manfaat dan kemudahan menggunakan aplikasi Mobile JKN dalam mengakses layanan kesehatan.

Menurut Rosid, dengan memanfaatkan akses pelayanan dengan aplikasi Mobile JKN jauh lebih mudah karena banyak fitur-fitur sangat bermanfaat dan membantu peserta JKN yang membutuhkan layanan administrasi, karena cukup diakses melalui handphone saja.

“Salah satu fitur yang terdapat di aplikasi Mobile JKN, bisa mengubah data kepesertaan sendiri, mengubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), mengakses KIS Digital, Konsultasi Dokter dan mengambil antrean online. Jadi, kalau berobat supaya tidak antre lama kita dapat mengambil nomor antrean dari rumah dan juga bisa memantau posisi antrean,” pungkasnya. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait