Layanan BPJS Keliling Mudahkan Akses Masyarakat Desa Kalampa

Warga Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, antusias mendapatkan layanan BPJS Kesehatan Keliling di kantor Desa Kalampa, Selasa (19/12/2023) lalu.
Warga Desa Kalampa, Kecamatan Woha, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat, antusias mendapatkan layanan BPJS Kesehatan Keliling di kantor Desa Kalampa, Selasa (19/12/2023) lalu.

Bima, Berita11.com— Kebutuhan informasi merupakan hal pokok yang harus diketahui oleh masyarakat, terutama berkaitan dengan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Keterbatasan waktu dan kesempatan membuat masyarakat terhambat untuk melakukan perbaikan identitas kepesertaan JKN.

Menanggapi hal itu, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan BPJS Keliling ke pelosok-pelosok yang belum tersentuh layanan informasi program JKN.

Bacaan Lainnya

Masyarakat Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupatan Bima menyambut menyambut antusias kedatangan layanan BPJS Keliling yang dihadirkan di pelataran kantor desa setempat, Selasa (19/12/2023) lalu.

Terlihat kerumunan warga yang mengantri manghampiri petugas BPJS Kesehatan yang siap memberikan layanan secara tatap muka. Warga berbondong-bondong datang untuk mengurus kepesertaan pribadi maupun keluarganya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati menuturkan, dengan adanya layanan BPJS Keliling ini dapat memberikan akses yang lebih mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan layanan administratif.

Menurutnya, kegiatan ini juga sebagai bukti bahwa BPJS Kesehatan terus hadir untuk masyarakat. Diharapkan masyarakat yang kesulitan mendapat layanan administrasi bisa lekas teratasi melalui layanan BPJS Keliling.

BACA JUGA: Kolaborasi Apik BPJS Kesehatan, Wujudkan Transformasi Mutu Layanan JKN

Dhena mengatakan, kegiatan BPJS Keliling sangat efektif bagi masyarakat karena layanan yang diperoleh juga hampir sama dengan layanan tatap muka di kantor BPJS Kesehatan. Melalui kegiatan ini, masyarakat tidak hanya mendapatkan layanan tatap muka, namun juga bisa memperoleh layanan informasi seputar JKN, bahkan bisa menyampaikan keluhan maupun kendala bagai peserta yang pernah mengakses layanan kesehatan apabila ada.

“Hal ini akan dijadikan sebagai feedback (timbal balik) BPJS Kesehatan untuk meningkatkan layanan lebih baik lagi,” jelas Dhena.

Layanan BPJS Keliling akan terus dilakukan di setiap wilayah, terutama wilayah yang sulit dijangkau oleh masyarakat, sehingga ke depan masyarakat tidak ketinggalan informasi seputar JKN. Kekurangan informasi sering menjadi kendala bagi masyarakat yang mengakses layanan kesehatan maupun layanan administrasi, namun dengan keberadaan BPJS Keliling ini menjadi solusi sangat efektif dalam pemberian layanan untuk menjangkau warga sampai ke pelosok.

Sementara itu, salah satu perangkat Desa Kalampa Kecamatan Woha Kabupaten Bima, Sirajudin menyapaikan apresiasi kepada BPJS Kesehatan yang telah memenuhi keinginan masyarakat menghadirkan layanan BPJS Keliling, sehingga warga setempat tidak perlu jauh-jauh harus datang ke kantor.

Sirajudin senang karena banyak warganya yang terbantu, karena tak lagi menempuh perjalanan jauh saat mengurus JKN.

BACA JUGA: Berkunjung ke Pelosok Desa, Gubernur NTB Semangati Warga di Tengah Pandemi

Dia mengungkapkan, Sebagian besar warga Desa Kalampa berprofesi sebagai petani, sehingga sering tidak memerhatikan waktu untuk mengusurus ataupun memperbaiki kartu JKN, sehingga pada saat memperoleh layanan kesehatan sering mendapatkan kendala.

“Dengan adanya kegiatan ini dapat memberikan kemudahan untuk masyarakat dan bisa lebih efektif baik dari segi waktu dan biaya. Ini sangat membantu sekali dan warga benar-benar merasakan hadirnya BPJS Kesehatan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Sirajuddin.

Dikatakannya, kesibukan warga yang berprofesi sebagai petani sering menjadi penghalang dalam mengurus kartu JKN, namun kini sudah solusinya , karena masyarakat bisa langsung mendapatkan layanan secara langsung dari BPJS Kesehatan.

“Selain mendapatkan layanan langsung, warga juga bisa menghemat waktu dan biaya transportasi dalam pengurusan kartu JKN,” pungkasnya.

Selain layanan tatap muka, petugas BPJS Keliling juga memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menggunakan layanan nontatap muka, di antaranya penggunaan aplikasi Mobile JKN, layanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), layanan Chat Asisstant JKN (CHIKA), layanan Voice Interactive JKN (VIKA). Kanal layanan ini sangat praktis dan banyak memberikan kemudahan layanan administrasi bagi peserta JKN serta sangat mudah diakses. [B-22/*]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait