Empat Rumah Warga Kota Bima Disambar Api, Kerugian Ditaksir Ratusan Juta Rupiah

Kobaran Api yang Menghanguskan Empat Rumah Warga di Kelurahan Pane Kota Bima, Jumat (13/8/2021).

Kota Bima, Berita11.com— Empat rumah warga RT 002/001 Lingkungan Pane, Kelurahan Pane, Kecamatan Rasanae Barat, Kota Bima, Nusa Tenggara Barat, terbakar, sekira pukul 10.46 Wita, Jumat (13/8/2021). Akibatnya, nilai kerusakan yang dialami korban ditaksir ratusan juta rupiah.

Diduga kebakaran dipicu kebocoran gas yang kemudian disambar percikan api dari hubungan arus pendek listrik.

Warga di lokasi kejadian, Turaya Umar menuturkan, sekira pukul 10.30 Wita, dirinya sedang duduk menonton televisi di kediamannya. Namun tak lama, tiba-tiba dirinya melihat asap tebal dari rumah yang berada di bagian barat rumahnya.

Melihat asap yang membubung, Turaya kemudian keluar rumah dan melihat rumah milik Yusuf Sibanu dalam keadaan terbakar. “Saat itu saya langsung teriak memberitahukan kejadian kebakaran kepada warga lain,” ujarnya.

BACA JUGA:  Rayakan NAIDOC 2022, Kedubes Australia Undang Penduduk Asli Terkemuka

Sejumlah warga lain kemudian berupaya menghubungi pemadam kebakaran Kota Bima. sejumlah aparat kepolisian dari Polsek Rasanae Barat tiba di TKP. Tidak lama kemudian, dua mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi dan langsung berupaya memadamkan api. Petugas Damkar dibantu warga di TKP berupaya memadamkan api, namun api belum berhasil dijinakan dan merambat membakar sejumlah rumah di sekitar.

Sekira pukul 11.35 Wita, tambahan tiga unit mobil Damkar tiba di lokasi. Api baru berhasil dipadamkan sekira pukul 12.15 Wita, setelah lima mobil Damkar dibantu warga di lokasi menembakan air untuk memadamkan api.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini, sebanyak empat rumah mengalami kerusakan berat karena terbakar. Sejumlah rumah warga yang terbakar yaitu milik  Turaya Umar (42 tahun),  Yusuf Sribanu (62 tahun),  Umar Sribanu (37 tahun) dan  Usman Sribanu,  (49 tahun).

BACA JUGA:  Pemkot Bima Sosialisasi Perda Pencegahan dan Pemberatasan Narkotika

Nilai kerusakan yang dialami korban karena peristiwa tersebut ditaksir ratusan juta rupiah. [B-12]