UMKM Logistik seluruh Indonesia Rayakan HUT ke-1 NLC, Ciptakan New Logistik Revolution

Foto bersama pengurus NLC dengan Koin Works, Aerotrans, STIAMI, Deliveree, Profesea, setelah menandatangani nota kesepahaman (MoU) saat HUT ke-1 NLC di di Hotel Whizz Prime, Jalan Boulevard Barat Raya Blok B Nomor 18. Kelapa Gading – Jakarta Utara, Jumat (22/9/2023).
Foto bersama pengurus NLC dengan Koin Works, Aerotrans, STIAMI, Deliveree, Profesea, setelah menandatangani nota kesepahaman (MoU) saat HUT ke-1 NLC di di Hotel Whizz Prime, Jalan Boulevard Barat Raya Blok B Nomor 18. Kelapa Gading – Jakarta Utara, Jumat (22/9/2023).

Jakarta, Berita11.com— Sebanyak 286 pelaku usaha kurir, cargo dan logisitik dari seluruh daerah di Indonesia berkumpul merayakan satu tahun Nasional Logisitik Community (NLC) di Hotel Whizz Prime, Jalan Boulevard Barat Raya Blok B Nomor 18. Kelapa Gading – Jakarta Utara, Jumat (22/9/2023).

Ketua NLC Angga Purnama mengatakan, dalam kesempatan HUT pertama NLC meluncurkan sebuah aplikasi untuk anggota. Aplikasi ini dibuat untuk memperlancar bisnis logisitik dari hulu ke hilir. Semua kebutuhan anggota dalam membentuk jariangan dan pengiriman untuk keseluruh Indonesia, termasuk ke pelosok.

Bacaan Lainnya

“Dengan jaminan dari NLC bahwa semua yang terlibat adalah pengusaha yang kridiel, sehingga pengusaha logisitik yang tergabung dalam NLC dapat menciptakan biaya pengiriman yang murah, aman dan informasinya real time,” ujarnya saat menyampaikan sambutan pada HUT ke-1 NLC.

Pada kesempatan yang sama, Kasubdit Angkutan Barang Kementrian Perhubungan RI, Handa Lesmana mengatakan, saat ini adalah era teknologi informasi dan logisitik saatnya untuk disentuh dan digiatkan dengan penggunaan teknologi informasi, untuk mempermudah dan meningkatkan prosuktifitas.

“Pemerintah sendiri sudah memula teknologi informasi diberbagai bidang, tertermasuk di Kementrian Perhubungan, dengan tujuan untuk mempermudah para pengusaha logisitik, dalam segala hal termasuk mengurus izin,” ujarnya.

Pada kegiatan HUT pertama NLC juga ditandatangani sejumlah kesepakatan kerja sama, yaitu NLC dengan Koin Works, NLC dengan Aerotrans, NLC dengan STIAMI, NLC dengan Deliveree, NLC dengan Profesea.

BACA JUGA: Presiden Jokowi Resmikan Bendungan Senilai Rp1,7 Triliun di Sumbawa
Dari kiri ke kanan, Ketua NLC Angga Purnama, pejabat Kemenhub Handa Lesmana, Sekjen NLC Rizki Utomo, Ketua Pelaksana, Lodewijk Sihite foto bersama saat HUT ke-1 NLC di di Hotel Whizz Prime, Jalan Boulevard Barat Raya Blok B Nomor 18. Kelapa Gading – Jakarta Utara, Jumat (22/9/2023).

Public Relation DPP NLC, Shulhan Ghiffari menjelaskan, Nasional Logisitik Community (NLC) merupakan komunitas pelaku UMKM Logistik seantero penjuru tanah air, berbadan hukum lengkap dengan akte notaris, NPWP, perbankan yang accountable. NLC berjuang untuk mempersatukan seluruh Stake Holder, para pengamat, pelaku usaha, masyarakat penguna jasa logisitk serta Pemilik Regulasi Logistik di Indonesia, dalam rangka dan berusaha memaksimalkan Logistik di Indonesia.

“Sejak empat tahun silam, kami merintis berdirinya NLC, kami terus berusaha memberikan pemahaman dan membangun kolaborasi logistik di Indonesia, searah dengan kebijakan Pemerintah Republik Indonesia, yaitu menurunkan biaya atau harga logistik di Indonesia,” ujarnya.

Dikatakannya, Indonesia memiliki lebih kurang 17,500 pulau yang tersebar di seluruh wilayahnya. Logistik memegang peran yang besar dalam hal pengiriman dan pendistributian barang sampai ke daerah – daerah terpencil di seluruh Indonesia. Seriiring dengan perkembangan teknologi yang memudahkan masyarakat dalam berusaha dan bertransaksi.

Tantangan terbesar pada pelaku usaha logistik adalah area last-mile delivery (pengantaran akhir ke alamat pengiriman), terutama untuk daerah-daerah terpencil. Penyebaran geografis yang kompleks ditambah dengan kondisi infrastruktur seperti jalan rusak menjadi tantangan yang terus membayangi sektor logistik Indonesia, menyebabkan waktu pengantaran menjadi lebih lama dan biaya menjadi lebih tinggi.

BACA JUGA: Teka-Teki Capres PDI Perjuangan Terjawab, Megawati Umumkan Sosok Gubernur Jateng

Bersatunya pengusaha logisitik Indonesia dalam wadah organisasi ‘Nasional Logistik Community’ selain untuk membentuk sebuah jariangan pengiriman ke seluruh Indonesia yang murah, cepat, aman dan terkontrol serta terekam, juga untuk memberikan masukan atau usulan kepada pemerintah, untuk bersama memajukan daerah melalui logistik.

“Kami sadar, bahwa kami tidak bisa hanya dengan bersatu untuk membentuk jaringan pengantaran ke seluruh Indonesia sampai ke daerah pelosok. Kami juga membutuhkan Teknologi Informasi (TI) untuk menjamin kelancaran jalannya proses perencanaan, pelaksanaan, serta pengawasan terhadap suatu usaha perpindahan barang dari satu tempat ke tempat lainnya di seluruh Indonesia,” ujarnya.

Menurutnya, saat ini logisitk tidak hanya dituntut untuk dapat mengirim barang sesuai alamat, tepat waktu yang dijanjikan dan aman, namun juga customer menuntut informasi keberadaan barang 24 jam, foto dan video serah terima dan rekaman document yang harus terinformasikan dalam waktu yang tercepat atau realtime.

Jumat 22 September 2023, pelaku usaha UMKM di bidang logisitk dari seluruh penjuru tanah air tergabung dalam Nasional Logisitk Community, bertekad untuk memberikan layanan yang terbaik untuk mengirim ke seluruh penjuru tanah air dengan informasi yang akurat ‘real time’, terekam dan dapat dipertanggungjawabkan. Inilah persembahan dari kami ‘New Logisitk Revolution’. [B-22]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait