Persepsi dan Pilihan Warga Bima Usai Debat Panas Capres

Ilustrasi Debat Capres.
Ilustrasi Debat Capres.

Kota Bima, Berita11.com— Penampilan sejumlah calon presiden saat debat kedua yang diselenggarakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menjadi momentum sejumlah warga meneguhkan pilihan dukungan pada Pilpres 2024.

Salah satu Gen Z yang juga mahasiswa Program Studi S-1 Ilmu Komunikasi, Universitas Mbojo Bima, Syarif Hidayatullah mengaku meneguhkan pilihannya setelah melihat penampilan Capres pada debat kedua.

Bacaan Lainnya

Ia mengaku awalnya sempat bersimpati kepada Capres Anies Rasyid Baswedan, namun karena mengamati proses debat, dia memantapkan hati mendukung pasangan Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

“Saya beberapa kali putar ulang lewat youtube jalannya debat. Saya lihat banyak serangan ke Pak Prabowo. Itu membuat kami pedih dan memantapkan pilihan. Teman-teman yang lain juga demikian,” kata Syarif di Kota Bima, Selasa (9/1/2024).

Syarif mengungkapkan, dirinya sepakat dengan pernyataan Capres 02 bahwa sebagian pertahanan negara bersifat rahasia yang tidak cocok diumbar di muka publik. Dirinya memantapkan pilihan pada Pilpres juga melihat latar belakang Cawapres Gibran Rakabuming, yang menurutnya mewakili generasi muda.

BACA JUGA: Berkat HBK, Kementerian PUPR dan Komisi V DPR RI Siapkan Rencana Pembebasan Lahan Bendungan Mujur

“Menurut saya Pak Gibran sosok yang jenius dilihat dari cara menjawab dan bertanya saat debat. Latar belakang pendidikannya juga jelas di luar negeri. Selain itu, banyak pembangunan para era Pak Jokowi yang tidak bisa nafikan, contohnya Puskesmas termasuk di Bima, infrastruktur, berbagai bantuan. Apalagi di Papua itu pembangunanya luar biasa,” ujar mahasiswa salah satu penerima bantuan beasiswa ini yang juga mantan atlet Porprov dari Kabupaten Bima ini.

Menurut dia, banyak data yang tidak sesuai yang diungkapkan peserta debat terkait, di antaranya terkait anggaran Kemenhan. Hal itu kemudian meneguhkan pilihannya pada Pilpres. “Percaya atau tidak percaya itu yang membuat orang lain bersimpati kepada Capres yang kami dukung,” ujarnya.

Pada bagian lain, salah satu pelaku UMKM di Kota Bima, Mandasari mengungkapkan, dirinya dan keluarga besarnya mantap mendukung pasangan Capres Prabowo-Gibran karena melihat prestasi dan kepedulian Presiden Jokowi selama dua periode memimpin Indonesia.

BACA JUGA: Lolos Verifikasi KPU, Ketua DPD Partai Ummat Optimis Dapat Dukungan Konstituen

“Kalau kita lihat secara jernih. Sangat banyak keberhasilan pembangunan pada era Pak Jokowi, termasuk di Bima. Apalagi soal bantuan, saya dapat beberapa kali sebelum pilpres ini. Banyak pembangunan seperti Puskesmas seperti kayak rumah sakit, infrastrkutur jalan, pelabuhan dan bantuan pendidikan,” ujar salah satu alumnus PTS di Kota Bima ini.

Ibu tiga anak ini mengaku, ia tak lupa menyaksikan debat Capres dan Cawapres, sehingga mengukuhkan pilihannya pada Pilpres 2024. Dia juga berharap agar Cawapres Gibran Rakabuming agar bisa mengunjungi Bima.

“Waktu datang Pak AHY saya kira yang datang Mas Gibran, coba begitu saya pasti datang langsung saksikan walaupun kegiatannya di Kabupaten Bima,” ujarnya.

Dia berharap, pemimpin Indonesia yang terpilih bisa melanjutkan visi-misi atau program yang telah dilaksanakan Presiden Jokowi, karena banyak hal baik. “Indonesia saat ini berkembang, termasuk kesempatan kerja lewat PPPK. Kami harapkan agar bisa diteruskan,” harapnya. [B-19]

Follow informasi Berita11.com di Google News

Pos terkait