Begini Progres Digital di Provinsi NTB

Wagub NTB, Hj Sitti Rohmi Djalillah.

Mataram, Berita11.com— Wakil Gubernur NTB, Sitti Rohmi Djalilah memaparkan bagiamana akselerasi digital yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi NTB dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.

Akselerasi digital dilakukan dengan menciptakan berbagai platform inovasi-inovasi teknologi seperti layanan aplikasi NTB Care, E-Samsat, E-Lestari, Sistem Informasi Posyandu, Siaga Bencana, Semeton dan berbagai inovasi layanan lainnya.

Bacaan Lainnya

Menurut Ummi Rohmi sapaan akrabnya, digitalisasi menjadi hal penting dan sebuah keniscayaan. Karena itu, pemerintah Provinsi NTB dalam menjalankan roda pemerintahan telah membangun komunikasi dengan masyarakat dalam dua arah.

“Jadi pemerintah ke masyarakat melalui program Jumpa Bang Zul dan Ummi Rohmi. Masyarakat ke pemerintah melalui layanan aplikasi NTB Care dan kami sangat terbantukan oleh teknologi,” ungkap Ummi Rohmi saat menjadi narasumber diskusi publik tentang akselerasi pembangunan infrastruktur digital dan pemanfaatan spektrum frekuensi radio menuju Indonesia Maju yang diselenggarakan Kementerian Kominfo di Hotel Lombok Astoria, Jumat (17/12).

BACA JUGA: Ragu 731.940 Jiwa Warga NTB Kategori Miskin, Rohmi Berharap Regososek 2022 Valid

Dari inovasi-inovasi itu, Provinsi NTB berhasil meraih posisi ketiga dalam Lomba Inovasi Daerah dan Pemberian Penghargaan IGA 2021 Kementerian Dalam Negeri, dengan kategori termasuk provinsi inovatif bersama Jateng dan Sumsel dengan skor 54,3 dengan selisih tujuh poin dengan daerah di peringkat pertama.

Ummi Rohmi menjelaskan, pada awal masa pandemi Covid-19 segala bentuk kegiatan dan pelayanan kepada masyarakat sangat dibatasi baik kegiatan pendidikan, sosial dan program-program pembangunan lainnya. Sedangkan disisi lain, tuntutan untuk mempercepat pembangunan tidak dapat terelakkan.

“Tapi di balik semua itu, alhamdulillah inovasi-inovasi di NTB terus tumbuh dengan memanfaatkan kemajuan teknologi dan digitalisasi yang berkembang saat ini,” jelasnya.

Ummi Rohmi mengatakan, untuk mendukung akselerasi pembangunan infrastruktur digitalisasi dan pemanfaatan teknologi saat ini, pemerintah terus berupaya agar seluruh bidang pembangunan di NTB memanfaatkan teknologi, sehingga pemanfaatan teknologi benar-benar dirasakan.

BACA JUGA: Aktivis Tolak Distributor CV Bintang Mas Dompu Beroperasi di Madapangga, ini kata Pupuk Indonesia

“Kami merasakan bahwa efisiensi pembangunan dan pelayanan begitu luar biasa dengan adanya teknologi,” jelasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Jenderal SDPPI Kemenkominfo, Ismail menegaskan, Pemerintah Provinsi NTB akan menjadi daerah prioritas khusus dalam mendorong akselerasi digitalisasi, baik pembangunan infrastrukturnya maupun penyedian jaringan internet dengan kualitas prima.

“Ini dilakukan karena NTB akan menjadi tuan rumah dari event-event internasional. Terutama perhelatan MotoGP pada Maret 2022 di Mandalika. Tentu penyediaan infrastruktur telekomunikasi harus benar-benar terbaik,” ungkapnya. Dalam diskusi publik tersebut turut dihadiri narasumber lainya seperti Wakil Ketua Umum ATSI Merza Fachys, Kepala Balmon NTB, I Komang Sudiarta, Kepala Dinas Kominfotik NTB, Dr. Najamuddin Amy serta seluruh awak media dan beberapa perwakilan mahasiswa di NTB. [B-19]

Pos terkait