Sampaikan Kuliah Umum di Unswa Bima, Danrem 162/ WB Dorong Wasbang Civitas Akademika

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han menyampaikan kuliah umum bertajuk Tantangan Indonesia di Era Digital di Auditorium Djafar Amin, Universitas Nggusuwaru (Unswa) Bima, Jumat (22/9/2023).
Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han menyampaikan kuliah umum bertajuk Tantangan Indonesia di Era Digital di Auditorium Djafar Amin, Universitas Nggusuwaru (Unswa) Bima, Jumat (22/9/2023).

Kota Bima, Berita11.com— Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han menyampaikan kuliah umum bertajuk Tantangan Indonesia di Era Digital di Auditorium Djafar Amin, Universitas  Nggusuwaru (Unswa) Bima, di Jalan Tendean Lingkungan Mande 2 Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima, Jumat (22/9/2023) siang.

Dalam kuliah umum itu, orang nomor satu di jajaran Korem 162/ Wira Bhakti itu mendorong wawasan kebangsaan civitas akademika.

Bacaan Lainnya

 “Berbagai fakta perjalanan revolusi industri, perkembangan era digitalisasi yang masif di bidang industri, pertanian, kesehatan, kependudukan, infrastuktur, kepolisian, dan militer, serta ancaman dengan besarnya pengguna siber (internet) oleh masyarakat Indonesia yaitu penyebaran informasi, terutama yang tidak benar (hoaks) yang bisa mengarah ke disintegrasi bangsa,perpecahan,”  ujar Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han saat menyampaikan kuliah umum.

Dikatakannya, implementasi pembinaan territorial (binter) TNI AD pada era digital yaitu menyebarkan berita yang baik dan benar menggunakan teknologi dan memanfaatkan kemajuan digital saat ini, di antaranya melalui konten media sosial.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han foto bersama Rektor Universitas Nggusuwaru, Kapolres Bima Kota dan Dandim Bima serta perwakilan eksekutif mahasiswa di Unswa, Jumat (22/9/2023).

Menurutnya, ancaman yang dihadapi saat ini lebih kompleks karena menyangkut persatuan dan keutuhan bangsa.  Pada era masa kini semakin komplek dengan kemajuan teknologi, seperti  Android, sehingga dapat mudah dan cepat penyebaran kabar-kabar hoaks yang dapat memecah belakan persatuan bangsa Indonesia.

BACA JUGA:  Tuntaskan masalah Data Pemilih, Dinas Dukcapil Kabupaten Bima dan Bawaslu akan buat KSO

“Pencapaian impian dan visi misi Indonesia Emas  dibangun dengan empat pilar berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 sebagai dasar berbangsa, bernegara dan konstitusi,” katanya.

Agus menyebut, empat visi empat pilar Indonesia Emas, yaitu pembangunan manusia dan penguasaan ilmu pengetahun, serta teknologi. Kedua, pembangunan ekonomi berkelanjutan, pemerataan pembangunan serta pemantapan ketahanan nasional dan tata kelola pemerintahan.

“Tujuan empat pilar Indonesia Emas adalah untuk melindungi segenap Bangsa Indonesia, seluruh tumpah darah Indonesia, memajukan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa dan melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi serta keadilan sosial,” ujarnya.

Jenderal TNI bintang satu itu juga berpesan kepada mahasiswa untuk senantiasa belajar dengan serius dan memiliki ahlak dan perilaku yang baik, serta membentengi diri dengan agama dan ilmu.

“Sehingga nanti ketika terjun ke lapangan memiliki kemampuan dan wawasan yang luas, serta akan mudah beradaptasi di manapun lingkungannya, tentunya harapannya ke depan dapat menjadi pemuda-pemudi yang bisa menjadi generasi penerus bangsa,” ujarnya.

Sementara itu, Rektor Universitas Nggusuwaru,  Dr Nasution M. Pd mengungkapkan, pihaknya sangat senang dengan kunjungan Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han di kampus setempat sehingga dapat menjalin kolaborasi dan kemitraan yang menjadi salah satu komitmen dunia kampus saat ini.

“Kami menilai bahwa kegiatan ini sangat penting dan bermanfaat kepada mahasiswa terutama dalam meningkatkan rasa nasionalisme, wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” ujar Nasution saat menyampaikan sambutan.

BACA JUGA:  Warga Bima Jalan Kaki dari Bogor ke Surabaya karena tak Punya Uang, Ditolong Polisi Baik

Diisyaratkannya, pihaknya mendorong kegiatan-kegiatan lain dan terus berinovasi untuk Universitas Nggusuwaru.

Komandan Korem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han disambut Rektor Universitas Nggusuwaru, Dr Nasution M.Pd saat tiba di Universitas Nggusuwaru Bima, Jumat (22/9/2023).

“Kami menyampaikan ucapan terimaksih yang setinggi-tingginya atas agendanya menyempatkan waktu untuk hadir dan memberikan kuliah umum di Universitas Nggusuwaru dalam Kota Bima ini, sehingga mahasiswa mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang identitas nasional mereka dan membangkitkan rasa cinta dan tanggung jawab terhadap Negara,” ujar Dr Nasution.

Kuliah umum Danrem 162/WB Brigjen TNI Agus Bhakti, S.I.P., M.I.P., M.Han di Universitas Nggusuwaru juga dihadiri  Dandim 1608/Bima Letkol Inf Andi Lulianto, S.Kom, Kasiter Kasrem 162/WB Kolonel Czi. I Putu Dwika, Wali Kota Bima yang diwakili Asisten I  Setda Kota Bima Drs H Alwi Yasin M.Ap, Ketua Yayasan Universitas Mbojo, Dr H Muhtar Yasin M. AP, Kapolres Bima Kota AKBP Rohadi, S.I.K, Rektor Universitas Mbojo Dr Rifa’i, S.Sos, M.Si,  Kapolres Bima  yang diwakili Kasat Intelkam AKP Syafrudin SH,  Ketua Yayasan PIP Dr Fitriah Jauhar,  Kadis Ketahanan Pangan Kota Bima Ichwanul Muslimin, SP., MM, Rektor Univeritas Nggusuwaru,  Dr Nasution M. Pd,  Wadanyon Brimob Bima AKP Sudirman, SH., MM,  Ketua STKIP Taman Siswa Bima Dr Ibnu Khaldun Sudirman, M.Si,  Ketua STIE Bima Firdaus, MM, dosen STKIP Muhajirin, M.Pd, pejabat Kemenag Kabupaten Bima Drs H. Fahrir, S.Ag,  dosen Universitas Mbojo Sanusi M.Si, Kepala  SMAN 3 Kota Bima Dr Wahyu M.Si, Ketua PN Raba Bima  Ruslan Hendra Irawan SH., MH.  [B-12]

Pos terkait