Nurul Iqomah Tambah Medali Emas PON Papua, ini Klasmen Sementara NTB

Nurul saat tampil pada Jumat (8/10/2021).

Bima, Berita11.com— Atlet unggulan Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Cabang Olahraga Panjat Tebing, Nurul Iqomah kembali mempersembahkan medali emas untuk kontingen NTB pada perhelatan PON XX Papua, Jumat (8/10/2021).

Emas yang diraih atlet asal Kota Bima itu dari nomor combined perorangan putri. Itu berarti medali ketiga yang diraih Nurul, setelah mempersembahkan emas dari nomor boulder putri beregu dan medali perak pada nomor speed relay beregu putri.  Sehari sebelumnya medali emas ke-5 untuk NTB juga diraih atlet asal Sumbawa, Sapwaturrahman dari lompat jangkit Cabor atletik.

Dari klasmen sementara, Provinsi NTB menempati urutan 11 dengan total 13 medali, yang terdiri dari 6 medali emas.

Hingga pukul 12.00 Wita, Jumat (8/10/2021), Jawa Barat menempati posisi teratas, sementara DKI Jakarta berada di posisi ketiga di bawah Jawa Timur. Jawa Barat untuk sementara menempati posisi puncak dengan total 176 medali. Rinciannya, Jawa Barat mengoleksi 60 emas, 55 perak, dan 61 perunggu, sedangkan di bawahnya kontingen Jawa Timur, DKI Jakarta.

Kontingen Jatim sudah mengumpulkan 138 medali, dengan rincian 55 emas, 43 perak, dan 40 perunggu. Pada peringkat ketiga kontingen DKI Jakarta yang telah mendapatkan total 157 medali. Rinciannya, 54 emas, 47 perak, dan 56 perunggu.  Kontingen tuan rumah, Papua berada di posisi keempat dengan total 124 medali. Rinciannya, 52 emas, 25 perak, dan 47 perunggu. Sementara itu, tempat kelima kontingen Jawa Tengah. Mereka mendapatkan total 75 medali dengan rincian 18 emas, 27 perak, dan 30 perunggu.

BACA JUGA:  Telah Amankan 1 Tiket Cabor Hapkido untuk PON Aceh, ini Lawan Terberat NTB

Klasemen PON XX Papua 2021 masih akan terus berubah, karena ajang olahraga terbesar di Indonesia itu masih akan berlangsung hingga 15 Oktober mendatang.

Hasil perolehan emas terbaru kontingen NTB pada PON XX Papua disampaikan pihak KONI NTB melalui kanal facebook. Penampilan atlet unggulan NTB, Nurul Iqomah pada Cabor Panjat Tebing disaksikan Ketua Umum KONI NTB, H Andy Hadianto, Dewan Pengarah Kontingen NTB Klaster Mimika H MNS Kasdiono dan Ketua FPTI NTB, Lalu Ahmad Nur Aulia dan sejumlah pengurus KONI NTB.

Kontingen NTB sendiri optimis untuk meraih 17 medali emas.

Pada bagian lain, Ketua STKIP Taman Siswa Bima, Ibnu Khaldun Sudirman menyambut positif dan menyampaikan apresiasi atas tambahan medali emas yang diraih Nurul Iqomah dari nomor combined perorangan putri, sehingga itu berarti medali ketiga yang diraih Nurul Iqomah yang tercatat sebagai mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi STKIP Taman Siswa, kampus Kota Bima.

BACA JUGA:  Omong Kosong Penertiban HET LPG di Kabupaten Bima

Sementara itu, Ketua Prodi PJKR STKIP Taman Siswa, Suherman mengungkapkan rasa bangga atas prestasi yang diraih Nuru Iqomah yang tak lain mahasiswa pada program studi yang dia pimpin. Selain mengharumkan nama NTB, prestasi Nurul juga membuat bangga STKIP Taman Siswa Bima.

Nurul Iqomah Foto Bersama Dua Rekannya Usai Menyabet Medali Perak untuk NTB pada Kategori speed relay beregu putri pada PON XX Papua. Foto KONI NTB.

“Hari ini mahasiswi PJKR STKIP Tamsis kampus kota sudah menyabet medali emas. Ini emas kelima (ke-6) buat NTB. Prestasinya telah membantu NTB di kancah nasional,” ujar Suherman, Jumat (8/10/21).

Sebelumnya, pada saat dihubungi pekan lalu usai berlaga di nomor boulder beregu putri, Nurul Iqomah mengungkapkan masih akan mengikuti kategori boulder perongan, combine dan speed relay. Sehari sebelumnya, dia dan sejumlah rekan, Anggun Yolanda dan Ade Irma Suryani mempersembahkan medali perak untuk NTB setelah tampil pada nomor kategori speed relay beregu putri. [B-19]