Cara Menghapus Sampah Laptop tanpa Software dan tidak Merusak File

Temporary File Komputer. Gambar Berita11.com.
Temporary File Komputer. Gambar Berita11.com.

Berita11.com— Sampah komputer (laptop) yang menumpuk dapat menghambat kinerja komputer dan membuat hardisk membengkak. Sampah komputer sendiri dapat terdiri dari file-file temporary atau file sementara yang digunakan dalam proses instalasi, ekstraksi file, prefetch, log, cache browser maupun file yang sengaja dibuang.

Banyak software utility yang menawarkan fitur menghapus file sampah tersebut. Namun bagi Anda yang tidak mau repot menjelajah internet untuk mencari software utility untuk menghapus file sampah, Anda bisa mencoba cara menghapus sampah secara manual dari folder sampah maupun secara otomatis menggunakan script.

Cara menghapus file secara manual maupun otomatis menggunakan script ini tidak mengganggu performa desktop atau laptop (computer) dan secara signifikan dapat meningkatkan kinerja computer karena hardisk atau SSD bersih dari file yang tidak berguna.

Menghapus Temporary File Manual

Temporary file adalah file sementara yang disimpan windows karena sebelumnya digunakan untuk instalasi program, extract rar zip 7z atau file archiver lainnya. Jika membuka file rar atau zip secara langsung, maka file tersebut akan diekstrak secara otomatis pada folder temp. Windows secara default tidak menghapus file-file ini dan lama kelamaan file ini akan membengkak dan menyita space hardisk.

Untuk menghapus file temp ini sangat mudah, cukup jalankan Run (tekan tombol Win + R) ketik %temp% » folder temp akan otomatis terbuka. Setelah itu Anda tinggal menghapus semua file yang ada di sana. Jika ada sebagian file tidak mau terhapus maka biarkan saja, karena kemungkinan file itu masih terpakai oleh Windows.

BACA JUGA:  Sebab Computer Science Populer di Indonesia dan Peluang Kerjanya

Menghapus Prefetch Manual

Prefetch juga sama halnya seperti temporary file. Prefetch digunakan untuk fetching file yang sering diakses windows. Untuk menghapus prefetch sama saja dengan cara menghapus temporary file manua. Hanya perintahnya saja yang berbeda. Untuk mengeksekusinya, cukup dengan muka Run (dengan menekan tombol Windows + R) ketik Prefetch dan hapus semua file yang ada di folder prefetch dan jangan lupa hapus pula dari Recycle Bin.

Script Pembersih Sampah Otomatis

Cara menghapus sampah komputer yang paling mudah adalah menggunakan script, karena dalam script ini sudah dilengkapi perintah untuk menghapus file sampah komputer secara lengkap.

Dua cara sebelumnya, menghapus file temp dan prefetch juga sudah termasuk dalam script ini. Selain itu file sampah yang dihapus script ini meliputi file old checkdisk, bak, cookies, temporary internet file, recent document dan lain-lain. Anda hanya perlu membuat script penghapus sampah komputer, dengan buat file TXT. Caranya dengan melakukan klik kanan di desktop lalu pilih – New – TextDocument) lalu menulis script di bawah ini. Anda juga bisa menyalin (copy-paste) dan menyimpannya dalam file TXT. Scriptnya yaitu:

BACA JUGA:  Microsoft Resmi Hentikan Game Internet Miliknya pada Windows

del /f /s /q %systemdrive%\*.tmp

del /f /s /q %systemdrive%\*._mp

del /f /s /q %systemdrive%\*.gid

del /f /s /q %systemdrive%\*.chk

del /f /s /q %systemdrive%\*.old

del /f /s /q %systemdrive%\recycled\*.*

del /f /s /q %windir%\*.bak

del /f /s /q %windir%\prefetch\*.*

rd /s /q %windir%\temp & md %windir%\temp

del /f /q %userprofile%\cookies\*.*

del /f /q %userprofile%\recent\*.*

del /f /s /q “%userprofile%\Local Settings\Temporary Internet Files\*.*”

del /f /s /q “%userprofile%\Local Settings\Temp\*.*”

del /f /s /q “%userprofile%\recent\*.*”

setelah menulis atau menyalin script tersebut, Anda kemudian save script tersebut dan tutup. Setelah itu ubah nama dan ekstensinya menjadi “penghapussampah.bat”. Script sudah selesai atau download script hapussampah.bat. Jika IDM mengubah file bat ini jadi exe, maka And ubah lagi file ini menjadi “hapussampah.bat”.  

Untuk menjalankannya, Anda tinggal klik dua kali dan script akan bekerja otomatis menghapus file sampah pada hardisk atau SSD komputer (laptop) secara otomatis. Jangan lupa simpan script penghapus sampah ini di hardisk Anda, sehingga bisa digunakan setiap Anda butuhkan.