Warga Kelurahan Dodu Antusias Manfaatkan Layanan BPJS Kesehatan Keliling

Kota Bima, Berita11.com— Sebagai salah satu upaya untuk menjawab kebutuhan layanan bagi peserta JKN, BPJS Kesehatan terus hadir di tengah-tengah masyarakat dalam memberikan layanan administrasi kepesertaan Program JKN melalui layanan Mobile Costumer Service (MCS) atau BPJS Keliling.

Kini layanan jemput bola BPJS Kesehatan ini hadir di RW 04 Kelurahan Dodu Kecamatan Rasanae Timur, Kota Bima, pada Kamis (9/11/2023).

Bacaan Lainnya

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Bima, Tati Haryati Denawati menjelaskan layanan BPJS Keliling ini memang disediakan untuk menjangkau peserta JKN maupun masyarakat yang terkendala akses dan kesibukan untuk ke kantor BPJS Kesehatan.

Menurutnya, layanan jemput bola ini dihadirkan agar memudahkan peserta dalam mendapatkan layanan administrasi tanpa harus datang ke kantor. Dengan hadirnya BPJS Keliling ini, diharapkan masyarakat setempat dapat lebih mudah mengurus administrasi Program JKN khususnya wilayah kesulitan akses transportasi.

“BPJS Kesehatan terus konsisten dan berupaya untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk mengakses pelayanan administrasi Program JKN, ” ujar Dhena.

Ia berharap dengan adanya kegiatan Kanal Layanan langsung melalui BPJS Keliling ini menjadi solusi bagi masyarakat untuk mengakses layanan dan dapat meningkatkan kepuasan peserta melalui layanan BPJS Keliling.

Dhena menambahkan, selain memberikan pelayanan administrasi dengan metode jemput bola, BPJS Keliling menawarkan berbagai jenis pelayanan bagi masyarakat sekitar, mulai dari pendaftaran, perubahan data, perubahan kelas, perubahan fasilitas kesehatan, konsultasi dan informasi serta melakukan registrasi Aplikasi Mobile JKN serta layanan skrining kesehatan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat.

BACA JUGA: Tumbang Akibat Asam Lambung, Petugas KPPS di Sumbawa Terlindungi Program JKN

Dirinya menambahkan, di tahun 2023 ini, BPJS Kesehatan tengah berupaya menggaungkan tranformasi mutu layanan. Melalui Program BPJS Keliling, diharapkan dapat memberikan layanan yang mudah, cepat dan setara.

“BPJS Keliling ini telah terjadwal rutin dilaksanakan setiap hari, bahkan dua kali sehari diwaktu pagi dan sore hari di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Bima. Layanan yang sebelumnya dikenal dengan Mobile Cutomer Service (MCS) ini sangat bermanfaat bagi masyarakat karena cukup hemat biaya dan waktu bagi masyarakat dalam melakukan pengurusan terkait administrasi Program JKN,” ungkap Dhena.

Pada saat diumumkan di masjid oleh ketua RW setempat bahwa ada layanan BPJS Kesehatan di lingkungan Dodu RW 04, antusiasme masyarakat sangat terlihat saat mengunjungi layanan BPJS Keliling, bahkan sampai jalan pulang pun masih ada warga yang menghadang mobil meminta untuk mengecek kepesertaannya.

Ketua RW 04 Kelurahan Dodu, Jafar mengatakan bahwa sudah dinanti-nantikan pelayanan jemput bola seperti ini karena masyarakatnya sebagian besar petani, di mana pagi hari sudah banyak yang berada di ladang sehingga untuk mengurus atau mengecek kepesertaan JKN warganya kesulitan.

“Alhamdulillah akhirnya yang dinanti-nantikan oleh warga Kelurahan Dodu RW 04 ini yaitu layanan BPJS keliling hadir di sini, di mana pas sekali diwaktu sore ini warga saya sudah pada pulang dari ladang, jadi kesempatan buat mereka untuk mengurus kartu JKN KIS tanpa harus mengeluarkan biaya jauh- jauh ke kantor BPJS Kesehatan. Berharap kegiatan BPJS Keliling ini dapat dijadwalkan kembali di kelurahan kami sehingga warga yang belum sempat mengurus hari ini bisa di kesempatan berikutnya,” harap Jafar.

BACA JUGA: Kadis Kominfostik Kabupaten Bima Tanda Tangan MoU dengan Perkumpulan Desa Digital Terbuka

Salah satu warga yang memanfaatkan BPJS Keliling adalah Nurhayati (48), Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN yang memanfaatkan BPJS Keliling ini, turut mengapresiasi dan menyampaikan terimakasih kepada program JKN yang telah banyak membantu masyarakat, khususnya masyarakat kurang mampu.

“Sudah lama saya ingin mendatangi Kantor BPJS Kesehatan untuk mengecek status kepesertaan JKN saya dan anggota keluarga, dikarenakan belum ada waktu luang dan jarak lumayan jauh kantor cabang dari tempat tinggal saya. Dengan adanya BPJS Keliling ini, alhamdulillah akhirnya saya bisa mengecek kepesertaan saya dan aktif satu keluarga,” ungkap Nurhayati.

Bukan hanya itu, ia juga mengapresiasi kehadiran BPJS Keliling, karena untuk mengurus administrasi tidak perlu jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan. Selain mengecek status keaktifan peserta, layanan lain pun bisa diperoleh, seperti pendaftaran peserta, penambahan anggota keluarga dan informasi lainnya pun dapat dilakukan dengan mudah dan cepat, kami sangat terbantu dan prosesnya cepat. [B-22/*]

Pos terkait