Ini Dia Keunggulan Marketplace B2B yang Jarang Diketahui

Ilustrasi.

Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa perkembangan marketplace di Indonesia terjadi begitu pesatnya. Hal itu bukan tanpa alasan, mengingat pada setiap marketplace mempunyai segmen serta ciri khasnya tersendiri. Mulai dari kebutuhan rumah tangga, hingga pengadaan barang perusahaan.

Terlebih para pelaku e-commerce selalu menghadirkan inovasi-inovasi menarik pada setiap waktunya. Ya, salah satunya adalah Blibli yang melakukan ekspansi ke B2B (Business to Business).

Lantas, seperti apa sajakah keunggulan dari Marketplace B2B? Nah, untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan tersebut, mari kita simak saja langsung ulasannya di bawah ini.

1. Memiliki Jangkauan Pasar yang Lebih Luas

Apabila dibandingkan dengan jenis e-commerce lainnya, Marketplace B2B ini sudah terbukti memiliki jangkauan pasar yang lebih luas. Pasalnya, semua konsumen dapat menjumpai dari berbagai pelaku usaha hingga individu.

Bukan hanya itu saja, Marketplace B2B juga dilengkapi dengan katalog yang menarik, pelayanan respontif, serta konten yang ramah SEO. Pastinya hal tersebut akan menarik para pengunjung baru untuk menjadi pelanggan tetap yang potensial di masa mendatang.

2. Mampu Meningkatkan Omset Penjualan

Mengingat jangkauan pasarnya yang lebih luas, secara otomatis penjualannya juga akan semakin meningkat. Adapun mengenai system yang nantinya bisa memberikan beragam jenis rekomendasi produk, sehingga konsumen akan semakin berminat untuk membeli produk yang dicarinya.

BACA JUGA: Runway BIZAM jadi 3,3 Km agar Dukung Pesawat Wide Body dan Kargo MotoGP

Dengan demikian, maka target penjualan yang sudah ditetapkan bisa lebih mudah lagi untuk dicapai. Menariknya lagi, ternyata Marketplace B2B juga sangat fleksibel dalam membuka atau memperluas model penjualan lainnya lho.

Seperti halnya ke B2C, B2B2C (business to business to consumer) hingga D2C (direct to consumer). Itu artinya, target penjualan yang akan dicapai pada setiap waktunya semakin berkembang.

3. Dapat Meningkatkan Brand Awareness

Bagi para pelaku usaha, system yang ada di Marketplace B2B ini juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk meningkatkan brand awareness. Sehingga nantinya kamu dapat mempromosikan, mengembangkan, dan memperkuat merk produk yang dimiliki secara online, entah itu dalam skala nasinonal maupun internasional.

Itu sebabnya, mengapa sangat dianjurkan bagi para pelaku usaha di Marketplace B2B untuk membuat konten-konten yang ramah dengan system SEO. Hal ini bertujuan agar pengembangan penjualan tidak hanya mengandalkan dari marketplacenya saja, melainkan juga dibantu oleh promosi melalui media social lainnya.

BACA JUGA: Laju Inflasi YoY di Kota Bima 3,17 Persen, ini Penyumbangnya

Selain itu, kamu juga jangan sampai lupa untuk memanfaatkan momen-momen tertentu dalam meningkatkan penjualan produk, seperti hari lebaran, natal, tahun baru, dan lain sebagainya.

4. Dapat Meningkatkan Efisensi & Produktivitas

Berkat system serta teknologi yang disediakan dalam Marketplace B2B, tentu saja akan membuat proses transaksi menjadi lebih efisien. Dikarenakan sistemnya sudah online, maka si penyedia produk tidak perlu lagi memantau secara manual.

Setelah semua produknya terpampang di bagian katalog, pastinya para pelaku usaha harus meningkatkan pelayanan dan mempercepat proses packing. Dengan begitu, proses pengiriman produk pun akan lebih cepat karena mereka tidak perlu lagi mengecek ulang.

Seandainya ada pihak konsumen yang tidak jadi membeli, proses cancelnya juga lebih mudah karena sudah ada notifikasi pemberitahuannya lho.

5. Sistem Pembayaran yang Fleksibel

Keunggulan berikutnya dari Marketplace B2B yang harus kamu ketahui, yakni system pembayaran yang lebih feksibel. Dengan adanya berbagai metode pembayaran, tentu saja hal tersebut dapat memudahkan proses transaksi diantara penyedia produk dan konsumen.

Bahkan yang lebih menariknya lagi, prosesnya pun sangatlah praktis sehingga tidak akan membuang banyak waktu (*)

Pos terkait