Pasca Hujan Lebat, Pemukiman Warga di Dompu Digenangi Banjir

Kondisi Pemukiman Warga di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu yang Digenangi Banjir Setelah Hujan Lebat Mengguyur, Kamis (2/2/2023) sore.
Kondisi Pemukiman Warga di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu yang Digenangi Banjir Setelah Hujan Lebat Mengguyur, Kamis (2/2/2023) sore.

Dompu, Berita11.com— Hujan lebat yang melanda Kabupaten Dompu dan Bima menyebabkan luapan banjir hingga sejumlah pemukiman warga di Kabupaten Dompu, Kamis (2/2/2023) sore. Belum diketahui jumlah warga terdampak banjir dan nilai kerusakan.

Pantauan Berita11.com, luapan dan genangan banjir terjadi di sejumlah lingkungan seperti di Lingkungan Sigi Kelurahan Karijawa, Kelurahan Potu dan Kelurahan Bali 1 Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Arus banjir juga nyaris mencapai jembatan di jalan protocol di Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu. Sebelum waktu magrib, luapan banjir pada sejumlah pemukiman warga berangsur surut. Luapan banjir nyaris satu meter juga juga menggenangi sejumlah perabotan milik warga.

Bacaan Lainnya
BACA JUGA: Huntap Kabupaten Bima Siap Diresmikan Presiden RI

Warga Kelurahan Karijawa Kecamatan Dompu Kabupaten Dompu, Indah Afrianti mengatakan, hujan deras di wilayah Dompu terjadi sejak pukul 12.00 Wita. Namun tidak semua pemukiman warga di Kelurahan Karijawa yang terdampak luapan banjir.

“Kalau pemukiman warga di sekitar Lapangan Karijawa tidak ada yang terdampak. Kalau yang di sekitar masjid memang sudah biasa menjadi langganan banjir hampir setiap tahun,” ujar Indah melalui sambungan telepon kepada Berita11.com, Kamis (2/2/2023) petang.

Dikatakannya, jarak pemukiman warga di Kelurahan Potu dan Lingkungan Sigi Kelurahan Karijawa yang cukup dekat dengan jalur sungai sering menjadi sasaran luapan banjir saat intensitas hujan meningkat.

“Sampai dengan petang ini, beberapa kelurahan di Dompu seperti di kelurahan kami masih terjadi hujan gerimis,” ujarnya.

BACA JUGA: Sebelum Banjir Bandang Melanda Bima, BMKG sudah Keluarkan Peringatan

Secara terpisah Sekda Kabupaten Dompu, Gatot Gunawan terpantau membagikan informasi tentang banjir.

Gatot mengimbau masyarakat terdampak banjir di Dompu agar mengantisipasi dampak terparah dengan menyelamatkan barang-barang berharga seperti dokumen penting.

Hingga saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Dompu masih dalam upaya konfirmasi berkaitan jumlah warga terdampak luapan banjir dan nilai kerusakan akibat banjir.

Informasi yang diperoleh Berita11.com dari warga, setelah hujan lebat mengguyur Kabupaten Dompu beberapa jam, debit Bendungan Rabalaju Kabupaten Dompu meningkat dan bersatus siaga satu. [B-22]

Pos terkait