Rayakan HUT ke-6, Bigo Live Gelar Kompetisi Live streaming dan Giveaway Spesial

Bigo Live.

Jakarta, Berita11.com— Bigo Live, platform live streaming global terkemuka, menandai ulang tahun ke-6 di tahun ini sekaligus merayakan pertumbuhannya yang berkelanjutan, dengan lebih dari 400 juta pengguna di lebih dari 150 negara di seluruh dunia.

Dengan tema #6inYourLife, Bigo Live akan memulai perayaan ulang tahunnya yang ke-6 dengan menggelar dua acara live streaming spesial, yaitu’Music Livehouse’ yang merupakan kompetisi menyanyi dan menari, dan ‘Livehouse’ berupa konser live streaming selama 31 jam yang akan menampilkan beberapa broadcaster terbaik Bigo dan penampilan lain dari 22 kawasan di seluruh dunia.

Mengangkat tema “The Best of You”, “Music Livehouse” akan menyuguhkan pertunjukan dari lebih 300 broadcaster Bigo Live kepada para penggunanya. Diadakan mulai tanggal 31 Maret hingga 3 April, pengguna aplikasi Bigo Live dapat menonton dan memilih broadcaster favorit mereka dan mengirim 72 broadcaster terbaik ke grand final yang akan diselenggarakan pada 8 April. Bersamaan dengan acara ‘Music Livehouse’, pengguna Bigo Live juga dapat menonton ‘Livehouse’ di mana para broadcaster Bigo Live akan melakukan konser live streaming selama 31 jam mulai dari 3 April hingga 5 April. Pengguna dapat menyaksikan berbagai pertunjukan mulai dari sulap, olahraga hingga cosplay, dan lainnya.

Acara ini bertujuan untuk memperlihatkan penampilan dari para broadcaster Bigo Live yang sangat berbakat. Ini juga merupakan bagian dari upaya berkelanjutan Bigo Live untuk memperkenalkan broadcaster Bigo Live yang telah menciptakan konten positif dan bermakna bagi penonton dan pengguna sepanjang tahun lalu.

“Bigo Live telah merasakan pertumbuhan yang luar biasa selama enam tahun terakhir ini, dan sepanjang pertumbuhan tersebut, kami tetap berkomitmen untuk membangun platform live streaming yang aman dan tepercaya bagi pengguna kami di seluruh dunia,” ujar Mike Ong, VP, BIGO Technology.  

Seiring dengan era baru media sosial, lanjutnya, pihaknya ingin meningkatkan Bigo Live menjadi katalis untuk pertumbuhan ekonomi dan sekaligus tetap menawarkan pengalaman live streaming yang imersif dan interaktif kepada penggunanya. “Kami akan melakukan ini dengan terus berinovasi pada fitur dan merancang aktivitas baru untuk pengguna kami,” ujarnya.

BACA JUGA:  Bigo Live Ekspansi ke E-commerce

Sejak didirikan pada tahun 2016, Bigo Live telah berkembang pesat hingga muncul sebagai pendobrak (game changer) di industri media sosial dengan spesialisasinya dalam live streaming. Memasuki tahun ke-enamnya beroperasi, Bigo Live telah menunjukkan ketangguhan bertahan di era pascapandemi dengan mencapai tonggak sejarah peningkatan pengguna aktif bulanan (Monthly Active Users – MAU) sebesar 32,2 juta, ini mengalami peningkatan sebesar 11,9 persen y-o-y (year-on-year) pada kuartal keempat tahun 2021. Menempati peringkat 8 dalam laporan  Apptopia yang bertajuk ’10 Aplikasi Jaringan Sosial Paling Banyak Diunduh’ dan peringkat 5 dalam laporan ‘Evolusi Media Sosial’ dari App Annie tahun lalu, Bigo Live telah mempertahankan posisinya sebagai salah satu aplikasi sosial media terbaik dan tetap menjadi salah satu pemimpin pasar di ruang live streaming.

Sepanjang tahun lalu, Bigo Live telah memperluas komunitas para pembuat konten dan broadcaster serta memperluas koleksi konten premium lokalnya dengan fokus pada hiburan, social commerce, dan game, melalui berbagai kemitraan lintas industri dan serangkaian lokalisasi di kegiatan pasar di seluruh wilayah. Pada tahun 2021, Bigo Live meluncurkan ‘BIGO Marketplace’, yaitu sebuah inisiatif untuk membantu industri e-commerce di Asia Tenggara. Kegiatan penting lainnya antara lain Bigo Live Stay Academy di Indonesia dan BIGO’s Got Talent di Vietnam, di mana pengguna dan broadcaster lokal ditingkatkan menjadi selebriti untuk masa depan.

Bigo Live juga telah meningkatkan fitur-fiturnya dengan teknologi inovatif baru seperti fitur ‘Virtual Live’. Hal ini memungkinkan bagi pengguna Bigo Live untuk membuat avatar 3D virtual yang dipersonalisasi untuk mewakili diri mereka sendiri di platform dan berkomunikasi dengan orang lain melalui perpaduan teknologi virtual reality (VR) dan augmented reality (AR) yang dapat menangkap ekspresi wajah realistis dan meniru gerakan pengguna saat mereka melakukan live streaming secara real-time.

BACA JUGA:  Gubernur NTB Wacanakan Bangun Sirkuit Pacuan Kuda Internasional di Dompu

Baru-baru ini, Bigo juga meluncurkan ‘Community’, yaitu fitur terbaru yang memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengelola komunitas online, serta memposting dan berbagi konten asli dengan orang lain yang memiliki minat yang sama. Fitur tersebut saat ini tersedia untuk semua pengguna Bigo Live, ‘Community’ sehingga memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan pengalaman sosial virtual dengan mengklasifikasikan dan mengatur komunitas mereka berdasarkan topik dan minat, dan pengguna dapat bereaksi terhadap postingan dengan berbagi, menyukai, berkomentar, atau memberi tip.

“Kami mendapatkan semangat dari respon atas kami selama setahun terakhir, dan kami berterima kasih kepada pengguna kami atas dukungan mereka yang berkelanjutan,” ujar Mike Ong.

Seiring dengan perluasan penawaran dan berkembang ke pan-entertainment, Bigo Live akan membangun terus kemitraan yang sudah ada dan mengeksplorasi kerja sama yang baru untuk membawa nilai dan peluang unik bagi pengguna dan komunitas kami di seluruh dunia. “Kami juga akan terus berinovasi dan meningkatkan platform kami sehingga pengguna kami tidak hanya dapat menikmati pengalaman live streaming yang imersif dan holistik, tetapi juga mengalami interaksi sosial yang sinkron yang merupakan ekstensi dari dunia fisik,” lanjut Mike Ong.

Untuk bergabung dengan komunitas global Bigo Live dan berpartisipasi dalam salah satu sesi live streaming Bigo Live, silakan kunjungi https://www.bigo.yv/ atau unduh aplikasi Bigo Live (Tersedia di iOS dan Android). Untuk menonton konser ‘Music Livehouse’ dan ‘Livehouse’, cari ID BIGO: masing-masing dengan kata kunci ‘musik’ dan ‘livehouse’.

Editor: Redaksi